Google Drive Adalah Layanan Google Untuk Menyimpan Data, Kenali Fungsinya

Google drive adalah layanan google untuk menyimpan data.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 28 Des 2022, 17:10 WIB
Diterbitkan 28 Des 2022, 17:10 WIB
Google Drive
Google Drive (Sumber : theinquirer.net)

Liputan6.com, Jakarta Google drive adalah layanan google untuk menyimpan dan berbagi data. Google Drive memudahkan penggunanya untuk menyimpan file, dengan berbagai jenis dan ukuran melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki. Layanan google ini memberikan penyimpanan gratis bagi pengguna sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan dengan pembayaran tertentu. 

Google drive adalah layanan google untuk menyimpan data ini, tentu memiliki fungsi lain yang cukup beragam, mulai dari menyimpan file, berbagi file, hingga membackup file dalam jumlah besar. Hingga kini, Google Drive sudah mulai menggeser peran penyimpanan fisik seperti hardisk atau flashdisk. 

Google drive adalah layanan google untuk menyimpan data, yang memungkinkan pengguna untuk dapat menyimpan file, mem-backup file, dan bahkan mengedit file pengguna lainnya. Melansir dari laman Cloudwards, Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan file di luar batas hard drive.

Perlu diketahui bahwa Google Drive juga menyediakan layanan berbayar, sehingga Anda bisa mengupgrade penyimpanannya menjadi 100 GB, 200 GB, hingga 2 TB. Berikut ini fungsi Google Drive yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/12/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Layanan Google Drive

Google Drive Apps
Kumpulan Google Apps. (Doc: Android Community)

Google Drive adalah layanan penyimpanan yang berbasis cloud gratis, sehingga memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses file secara online. Layanan ini menyinkronkan dokumen, foto, dan lainnya yang tersimpan di semua perangkat pengguna, termasuk perangkat seluler, tablet, dan PC. Drive juga menyediakan enkripsi dan akses yang aman, sehingga bisa dibagikan, dipindai dan dihapus secara proaktif saat malware, spam, ransomware, atau phishing terdeteksi. 

Google Drive terintegrasi dengan Dokumen, Spreadsheet, dan Slide, di mana aplikasi kolaborasi berbasis cloud yang memungkinkan Anda membuat konten dan berkolaborasi secara lebih efektif secara real time. Layanan ini juga berkolaborasi dalam mengerjakan file Microsoft Office, tanpa perlu mengonversi format file, serta mengedit dan menyimpan lebih dari 100 jenis file lain, termasuk PDF, file CAD, gambar, dan lainnya.

 


Fungsi Google Drive

Google
Layanan Google, seperti Gmail dan Drive down atau sedang mengamali gangguan. (Doc: Downdetector)

1. Berbagi File

Selain menyimpan file secara pribadi, fungsi Google Drive juga bisa digunakan untuk berbagi file dalam ukuran besar sekaligus dengan orang-orang tertentu. Anda dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk melihat, memberi komentar, dan mengedit file atau folder yang dipilih.

2. Backup File

Google Drive memungkinkan Anda untuk bisa membackup file, jika perangkat komputer atau ponsel Anda rusak sehingga harus direset ulang. Dengan Google Drive Anda dapat membackup semua dokumen yang ada di perangkat komputer dan ponsel, tanpa menggunakan penyimpanan fisik yang biasanya juga sering terkena virus.

3. Menyimpan File 

Fungsi Google Drive yang pertama adalah tempat untuk menyimpan berbagai file penggunanya. Google Drive dapat menyimpan file bahkan yang bersifat pribadi sekalipun seperti ijazah atau sertifikat, keamanan yang ditawarkan Google terjamin kerahasiaannya. Adapun sejumlah file yang bisa disimpan diantaranya foto, video, presentasi, PDF – bahkan file Microsoft Office.

 


Fungsi Google Drive

Search Option pada Google Drive
Search Option pada Google Drive

4. Mengedit File

Fungsi Google Drive memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk bisa mengedit file seperti Word, Excel, atau Power Point. Hasil pengeditan akan langsung tersimpan pada Google Drive, sehingga Anda juga bisa membuat file atau lembar kerja baru melalui Google Drive ini. Tak hanya melalui komputer, Anda dapat menggunakan fitur ini melalui ponsel Android, sehingga bisa mengaksesnya secara gratis kapanpun dan dimanapun. 

5. Menyimpan Link

Dalam melakukan kegiatan browsing di internet dan ingin menyimpan link sebuah situs, maka fungsi Google Drive bisa menyimpan link situs tersebut. Hanya dengan memasang ekstensi Google Drive yang ada di Google Chrome, Anda bisa menyimpannya dengan klik ikon segitiga yang berada pada browser. 

6. Membuat Catatan dari Google Keep

Untuk mencatat sesuatu yang penting, maka  fungsi Google Drive bisa Anda manfaatkan dengan mengandalkan aplikasi yang terinstal di komputer atau ponsel, Anda juga bisa menyimpan catatan dengan Google Keep. Google Keep dapat terintegrasi dengan Google Drive, yang memungkinkan menyimpan seluruh catatan yang dibuat.

 


Keunggulan Google Drive

Google drive adalah layanan google untuk menyimpan data. Adapun keunggulan dari Google Drive yang bisa dimanfaatkan adalah:

1. Mampu berbagi dan mengedit file

Google Drive juga bisa digunakan untuk berbagi file kepada orang lain dengan efektif, serta memungkinkan orang lain untuk mengedit file-mu setelah membagikannya kepada mereka. Layanan dari Google Drive yang bernama Google Docs, Google Spreadsheet, Google Slide, dan sebagainya, memberikan kemudahan bagi orang lain untuk mengakses file secara bersama dalam satu waktu. 

2. Mudah dalam mencari file

Google Drive memiliki fitur pencarian berdasarkan kata kunci dan filter berdasarkan jenis file. Dengan demikian, Anda sebagai pengguna akan mudah dalam mencari file di Google Drive dengan hanya mengetikkan nama file-nya saja.

3. Bisa mengakses file di mana saja

Google Drive memungkinkan Anda tersambung ke dalam jaringan koneksi internet, sehingga dengan Anda bisa mengakses file dari Google Drive di mana pun berada. Google akan menyimpan file-mu ke dalam server mereka, sehingga saat Anda butuhkan tinggal mengaksesnya lagi lewat Google Drive

4. Dapat diakses dengan berbagai perangkat

Keunggulan lainnya yang bisa Anda peroleh dari Google Drive, bisa membantu  Anda untuk mengakses file di Google Drive dengan berbagai perangkat. Tidak hanya lewat desktop saja, namun bisa melalui iPhone, iPad, dan Android. Dengan begitu, kamu semakin mudah untuk dapat mengakses Google Drive di mana saja dan kapan saja.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya