Value Adalah Nilai Moneter dan Material dari Suatu Aset, Ketahui Penjelasannya

Value adalah nilai moneter, material, atau penilaian dari suatu aset, barang, atau layanan

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 16 Jan 2023, 12:30 WIB
Diterbitkan 16 Jan 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi Bisnis (Image by mohamed Hassan from Pixabay)
Ilustrasi Bisnis (Image by mohamed Hassan from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Value adalah nilai moneter, material, atau bahkan penilaian dari suatu aset, barang, atau layanan. Umumnya "Value" akan melekat pada segudang konsep, termasuk nilai pemegang saham, nilai perusahaan, nilai wajar, dan nilai jual pasar.

Value adalah nilai yang menggambarkan kuantitas atau angka, tetapi dalam keuangan sering digunakan untuk menentukan nilai suatu aset, perusahaan, dan kinerja keuangannya. Investor, analis saham, dan juga eksekutif perusahaan akan memperkirakan nilai perusahaan, berdasarkan berbagai metrik keuangan. Perusahaan dapat dinilai berdasarkan berapa banyak laba yang mereka hasilkan per saham, artinya laba dibagi dengan berapa banyak saham ekuitas yang beredar.

Proses menghitung dan menetapkan nilai ke perusahaan atau aset adalah proses yang disebut penilaian. Namun, istilah penilaian juga digunakan untuk menetapkan nilai wajar harga saham perusahaan. Dengan memahami value adalah nilai moneter dan material, maka Anda bisa membandingkan nilai dan valuasi perusahaan yang berbeda dengan perusahaan lain, yang tentunya membantu menentukan peluang investasi. 

Berikut ini penjelasan value dalam dunia bisnis yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Arti Value dalam Bisnis

Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online
Ilustrasi Belanja Online, e-Commerce, eCommerce, Online Marketplace, Bisnis Online

Untuk mengukur value dalam berbisnis, sangat penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman bersama tentang apa sebenarnya nilai di pasar bisnis. Value dalam pasar bisnis adalah nilai moneter dari manfaat teknis, ekonomi, layanan, dan sosial yang diterima perusahaan pelanggan sebagai imbalan atas harga yang dibayarkan untuk penawaran pasar. Value dalam istilah moneter, seperti dolar per unit, gulden per liter, atau kroner per jam. 

Value adalah manfaat bersih, di mana setiap biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan, kecuali harga pembelian yang disertakan. Value adalah apa yang diperoleh pelanggan sebagai imbalan atas harga yang dibayarkannya, dengan demikian menaikkan atau menurunkan harga penawaran pasar tidak mengubah nilai yang diberikan oleh penawaran tersebut kepada pelanggan.

Di pasar bisnis, salah satu alternatif kompetitif mungkin adalah pelanggan memutuskan untuk membuat produk sendiri daripada membelinya. Definisi nilai bisa dilihat dalam persamaan berikut:

(Nilai – Harga) > (Nilai – Harga)

Nilai dan harga penawaran pasar pemasok, dan Valuea dan Price adalah nilai dan harga dari alternatif terbaik berikutnya. Selisih antara nilai dan harga sama dengan insentif pelanggan untuk membeli. Sederhananya, persamaan tersebut menyampaikan bahwa insentif pelanggan untuk membeli penawaran pemasok harus melebihi insentifnya untuk mengejar alternatif terbaik berikutnya.


Kegunaan Umum untuk Istilah Value

Ilustrasi Grafik Perkembangan, Penjualan, dan atau Pencapaian Perusahaan dan Bisnis
Ilustrasi Grafik Mompreneur. Kredit: Freepik

Berikut ini ada beberapa kegunaan umum untuk istilah value dalam keuangan dan pasar saham yang perlu Anda pahami. 

- Nilai pasar

Nilai pasar perusahaan mewakili nilai menurut pelaku pasar di pasar saham. Dalam penilaian saham, nilai pasar biasanya identik dengan istilah kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasar hanyalah harga saham suatu perusahaan dikalikan dengan jumlah total saham yang beredar.

- Nilai buku

Nilai buku adalah nilai perusahaan menurut laporan keuangan atau "buku" akuntansinya. Nilai buku mewakili jumlah total uang yang tersisa jika perusahaan melikuidasi atau menjual semua asetnya dan melunasi semua kewajiban keuangannya, seperti hutang atau kewajiban.

- Stok Nilai

Saham nilai adalah saham perusahaan yang diperdagangkan dengan harga lebih rendah, ketika mempertimbangkan kinerja keuangan dan fundamentalnya, yang dapat mencakup pendapatan atau kinerja laba, dividen, yang merupakan pembayaran tunai kepada pemegang saham, dan pendapatan yang dihasilkan dari penjualan.

- Nilai Perusahaan

Nilai perusahaan adalah total nilai perusahaan, yang meliputi kas perusahaan di neraca, hutang jangka pendek dan jangka panjang sebagai kapitalisasi pasar perusahaan. Nilai perusahaan suatu perusahaan menunjukkan seberapa baik tim manajemen menggunakan modalnya, yang dibiayai oleh hutang dan menerbitkan saham ekuitas.


Cara Mengukur Value Bisnis

Adira Finance Mencari Creativepreneur Sejati untuk Diberikan Modal Usaha
Ilustrasi bisnis.

Value adalah nilai moneter, material, atau bahkan penilaian dari suatu aset, barang, atau layanan. Cara mengukur value dalam sebuah bisnis, bersifat subyektif dan dinamis. Berikut ini faktor-faktor yang dapat membantu Anda menentukannya untuk organisasi tertentu:

- Pendapatan

- Profitabilitas

- Saham

- Pengenalan merek

- Kesetiaan pelanggan

- Retensi pelanggan

- Berbagi dompet

- Rasio penjualan silang

- Tingkat respons kampanye

- Kepuasan pelanggan

 


Value dan Valuasi di Perusahaan

Rekomendasi Buku Belajar Bisnis dan Kemampuan Kepemimpinan
Ilustrasi Membaca Buku Credit: pexels.com/Tima

Istilah value atau nilai juga dapat diterapkan pada nilai perusahaan versus penilaian perusahaan. Meskipun nilai dan penilaian sering digunakan secara bergantian, nilai perusahaan adalah angka, sedangkan penilaian dinyatakan sebagai kelipatan laba, laba sebelum bunga dan pajak (EBIT), atau arus kas. Laba merupakan laba bersih yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, di mana arus kas mewakili arus masuk (kredit) atau arus keluar (debit) ke posisi kas perusahaan selama periode akuntansi.

- Arus Kas yang Didiskontokan

Ada berbagai metode yang digunakan investor untuk menilai perusahaan, tergantung pada apa yang menurut mereka lebih penting. Beberapa investor menggunakan uang tunai yang dihasilkan perusahaan dengan menerapkan analisis arus kas terdiskonto (DCF). Melansir dari laman investopedia, metode DCF mencoba untuk meramalkan atau memperkirakan arus kas masa depan suatu perusahaan. Jika sebuah perusahaan dapat menghasilkan uang tunai, ia dapat memenuhi kewajiban utangnya, berinvestasi di perusahaan, atau membayar dividen. Dengan kata lain, analisis DCF berupaya menentukan nilai investasi saat ini, berdasarkan proyeksi kas yang dihasilkan di masa mendatang.

- Laba per Saham Valuasi

Saat investor menghitung valuasi perusahaan dan harga sahamnya, mereka pada dasarnya membandingkan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan sebagai hasil metrik keuangan lain di dalam perusahaan. Untuk rsio harga terhadap pendapatan (P/E), adalah cara paling umum untuk menghitung nilai saham. Itu sama dengan harga saham perusahaan dibagi dengan laba per saham (EPS).

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya