Contoh Business Plan Untuk Usaha, Pahami Juga Fungsi dan Template-nya

Pengertian Business Plan dan fungsinya, beserta dengan cara membuat dan juga contohnya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 08 Mei 2023, 16:50 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2023, 16:50 WIB
Bukan Cuma Formalitas, Ini 4 Alasan 'Business Plans' Penting
Bukan hanya formalitas, ini alasannya kenapa 'business plan' penting buatmu. | via:

Liputan6.com, Jakarta Business Plan adalah dokumen tertulis yang menguraikan tujuan, strategi, dan operasi perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Business Plan berfungsi sebagai peta jalan bagi pengusaha dan pemilik bisnis, membimbing mereka melalui proses memulai dan mengembangkan bisnis. Business Plan yang dibuat dengan baik dapat membantu mengamankan pendanaan, menarik investor, dan memberikan arah bagi masa depan perusahaan.

Proses pembuatan Business Plan melibatkan penelitian, analisis, dan peramalan yang ekstensif. Pengusaha harus hati-hati mempertimbangkan faktor-faktor seperti tren pasar, kebutuhan pelanggan, persaingan, dan proyeksi keuangan. Mereka juga harus menguraikan struktur organisasi perusahaan, tim manajemen, dan strategi pemasaran.

Business Plan biasanya mencakup beberapa bagian utama, termasuk ringkasan eksekutif, analisis pasar, deskripsi perusahaan, lini produk atau layanan, strategi pemasaran dan penjualan, manajemen dan struktur organisasi, serta proyeksi keuangan. Setiap bagian memberikan wawasan penting ke dalam operasi dan tujuan perusahaan.

Untuk lebih memahami apa itu Business Plan, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (8/5/2023). Pengertian Business Plan dan fungsinya, beserta dengan cara membuat dan juga contohnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Apa Itu Business Plan?

Ingin Jadi Wirausaha? Ayo Pelajar SMA Ikut Kompetisi Bisnis Ini
President University menggelar Kompetisi Business Plan antar SMA/SMK Se-Indonesia, pendaftaran dibuka pada September 2017.

Rencana bisnis adalah dokumen yang berisi rencana operasional dan keuangan bisnis, dan merinci bagaimana tujuannya akan tercapai. Ini berfungsi sebagai peta jalan untuk bisnis dan dapat digunakan saat mengundang investor atau lembaga keuangan untuk pembiayaan hutang atau ekuitas .

Rencana bisnis harus mengikuti format standar dan berisi semua elemen rencana bisnis yang penting. Biasanya, itu harus menyajikan informasi apa pun yang diharapkan oleh investor atau lembaga keuangan sebelum memberikan pembiayaan kepada bisnis.

Selanjutnya, rencana bisnis dapat berfungsi untuk menjaga tim eksekutif perusahaan pada halaman yang sama tentang item tindakan strategis dan pada target untuk memenuhi tujuan yang telah ditetapkan.

Meskipun sangat berguna untuk bisnis baru, setiap perusahaan harus memiliki rencana bisnis. Idealnya, rencana tersebut ditinjau dan diperbarui secara berkala untuk mencerminkan tujuan yang telah dicapai atau telah diubah. Terkadang, rencana bisnis baru dibuat untuk bisnis mapan yang telah memutuskan untuk bergerak ke arah yang baru.


Fungsi Business Plan

Rencana bisnis dapat membantu Anda untuk menentukan dan mengklasifikasikan tujuan yang Anda miliki untuk bisnis Anda. Tanpa basa-basi, rencana bisnis adalah dokumen bisnis yang ditulis untuk berbagai audiens. Anda mungkin mengirimkan rencana bisnis Anda kepada investor atau mungkin ditulis untuk kepentingan karyawan Anda. Secara umum, audiens seharusnya tidak memiliki kaitan dengan konten. Pada akhirnya, rencana bisnis adalah tentang bisnis, tujuannya, dan bagaimana mencapai tujuan tersebut.

1. Tujuan jangka pendek

Rencana bisnis membantu Anda menentukan, untuk jangka pendek, ke mana Anda ingin bisnis Anda berjalan. Karena kebanyakan orang menulis rencana bisnis saat bisnis masih baru--atau bahkan masih dalam tahap formatif--menyediakan tujuan langsung dapat menjadi salah satu metode yang solid untuk menentukan dengan tepat bagaimana Anda ingin bisnis berjalan langsung.

2. Tujuan jangka panjang

Rencana bisnis yang baik akan menentukan dengan tegas ke mana Anda ingin bisnis Anda berjalan. Beberapa rencana bisnis akan menguraikan rencana dua, lima, dan 10 tahun, sementara yang lain hanya akan mengidentifikasi tujuan jangka panjang. Sasaran harus realistis; bagian dari rencana bisnis ini harus menjadi bagian yang paling Anda perhatikan. Memiliki rencana jangka panjang yang solid membantu Anda menentukan cara beroperasi sekarang.

3. Pembiayaan

Rencana bisnis yang baik akan mengidentifikasi biaya, sumber pendanaan, dan pendapatan yang diharapkan. Pertimbangkan untuk melakukan penelitian yang benar sebelum menambahkan elemen rencana bisnis ini; penting agar angka Anda akurat, terutama jika Anda akan mempresentasikan rencana bisnis Anda ke bank atau calon investor.

4. Strategi bisnis

Gunakan rencana bisnis untuk mengidentifikasi strategi bisnis Anda secara keseluruhan. Anda dapat mengidentifikasi bagaimana Anda berencana untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan, mendapatkan pendanaan, meningkatkan teknologi Anda, mengatasi kesulitan, mengirim pengiriman, mengembangkan bisnis Anda, mempekerjakan karyawan, dan aspek lain dalam menjalankan bisnis Anda.

5. Komunikasi

Rencana bisnis Anda menyampaikan kepada pembaca apa sebenarnya bisnis Anda. Sepertinya Anda tidak punya waktu untuk mengkomunikasikan hal-hal ini secara lisan, jadi rencana bisnis memberi Anda forum dan mekanisme untuk mengomunikasikan apa yang penting bagi Anda tentang bisnis Anda.


Cara Menulis Business Plan

Rencana bisnis yang dipertimbangkan dengan baik dan ditulis dengan baik dapat menjadi nilai yang sangat besar bagi perusahaan. Meskipun ada template yang dapat Anda gunakan untuk menulis rencana bisnis, cobalah untuk menghindari menghasilkan hasil yang umum. Rencana tersebut harus mencakup ikhtisar dan, jika mungkin, rincian industri di mana bisnis tersebut akan menjadi bagiannya. Itu harus menjelaskan bagaimana bisnis akan membedakan dirinya dari para pesaingnya.

Mulailah dengan struktur penting: ringkasan eksekutif, deskripsi perusahaan, analisis pasar, deskripsi produk atau layanan, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, dan lampiran (yang mencakup dokumen dan data yang mendukung bagian utama). Bagian atau elemen rencana bisnis ini diuraikan di bawah ini.

Ketika Anda menulis rencana bisnis Anda, Anda tidak harus secara ketat mengikuti garis besar atau template rencana bisnis tertentu. Gunakan hanya bagian yang paling masuk akal untuk bisnis khusus Anda dan kebutuhannya.

Rencana bisnis tradisional menggunakan beberapa kombinasi dari bagian-bagian di bawah ini. Rencana Anda mungkin juga mencakup permintaan pendanaan apa pun yang Anda buat. Terlepas dari itu, usahakan agar isi utama rencana Anda sekitar 15-25 halaman.

 


Contoh Isi Business Plan

Rencana bisnis harus disusun sedemikian rupa sehingga berisi semua informasi penting yang dicari investor. Berikut adalah bagian utama dari rencana bisnis:

1. Halaman Judul

Halaman judul menangkap informasi hukum bisnis, yang mencakup nama bisnis terdaftar, alamat fisik, nomor telepon, alamat email, tanggal, dan logo perusahaan.

2. Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif adalah bagian terpenting karena merupakan bagian pertama yang dilihat investor dan bankir saat mereka membuka rencana bisnis. Ini memberikan ringkasan dari seluruh rencana bisnis. Itu harus ditulis terakhir untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan detail apa pun. Itu harus pendek dan to the point, dan itu harus menarik perhatian pembaca. Ringkasan eksekutif tidak boleh melebihi dua halaman.

3. Tinjauan Industri

Bagian ikhtisar industri memberikan informasi tentang industri spesifik tempat bisnis beroperasi. Beberapa informasi yang disediakan di bagian ini mencakup pesaing utama, tren industri, dan estimasi pendapatan. Ini juga menunjukkan posisi perusahaan dalam industri dan bagaimana perusahaan akan bersaing di pasar melawan pemain utama lainnya.

4. Analisis dan Persaingan Pasar

Bagian analisis pasar merinci target pasar untuk penawaran produk perusahaan. Bagian ini menegaskan bahwa perusahaan memahami pasar dan telah menganalisis pasar yang ada untuk menentukan apakah ada permintaan yang memadai untuk mendukung model bisnis yang diusulkan.

Analisis pasar mencakup informasi tentang demografi pasar sasaran , lokasi geografis, perilaku konsumen, dan kebutuhan pasar. Perusahaan dapat menyajikan angka dan sumber untuk memberikan gambaran tentang ukuran pasar sasaran. Bisnis dapat memilih untuk menggabungkan analisis pasar dan analisis persaingan ke dalam satu bagian atau menampilkannya sebagai dua bagian terpisah.

5. Rencana Penjualan dan Pemasaran

Rencana penjualan dan pemasaran merinci bagaimana perusahaan berencana untuk menjual produknya ke pasar sasaran. Ini mencoba menyajikan proposisi penjualan unik bisnis dan saluran yang akan digunakannya untuk menjual barang dan jasanya. Ini merinci kegiatan periklanan dan promosi perusahaan, strategi penetapan harga, metode penjualan dan distribusi, dan dukungan purna jual.

6. Rencana Pengelolaan

Rencana manajemen memberikan garis besar struktur hukum perusahaan, tim manajemennya, dan persyaratan sumber daya manusia internal dan eksternal. Itu harus mencantumkan jumlah karyawan yang akan dibutuhkan dan remunerasi yang harus dibayarkan kepada masing-masing karyawan.

Setiap profesional eksternal, seperti pengacara, penilai, arsitek, dan konsultan, yang dibutuhkan perusahaan juga harus disertakan. Jika perusahaan bermaksud menggunakan rencana bisnis untuk mendapatkan pendanaan dari investor, perusahaan harus mencantumkan anggota tim eksekutif, serta anggota dewan penasehat.

7. Rencana Operasi

Rencana operasi memberikan gambaran tentang kebutuhan fisik perusahaan, seperti ruang kantor, mesin, tenaga kerja, perlengkapan, dan persediaan . Untuk bisnis yang membutuhkan gudang khusus dan peralatan khusus, rencana operasinya akan lebih rinci, dibandingkan dengan, katakanlah, bisnis konsultasi rumahan. Jika rencana bisnis adalah untuk perusahaan manufaktur, itu akan mencakup informasi tentang kebutuhan bahan baku dan rantai pasokan.

8. Rencana Keuangan

Rencana keuangan adalah bagian penting yang sering menentukan apakah bisnis akan memperoleh pembiayaan yang diperlukan dari lembaga keuangan, investor, atau pemodal ventura. Ini harus menunjukkan bahwa bisnis yang diusulkan layak dan akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk dapat memenuhi kewajiban keuangannya. Beberapa informasi yang terkandung dalam rencana keuangan meliputi proyeksi laporan laba rugi , neraca, dan arus kas.

9. Lampiran dan Pameran

Bagian lampiran dan pameran adalah bagian terakhir dari rencana bisnis. Ini mencakup informasi tambahan apa pun yang mungkin diminati oleh bank dan investor atau yang menambah kredibilitas bisnis. Beberapa informasi yang dapat dimasukkan dalam bagian lampiran meliputi denah kantor/gedung, riset pasar terperinci , informasi penawaran produk/jasa, brosur pemasaran, dan riwayat kredit promotor.


Template Business Plan

Berikut adalah template dasar yang dapat digunakan bisnis apa pun saat mengembangkan rencana bisnisnya:

Bagian 1: Ringkasan Eksekutif

  1. Mempresentasikan misi perusahaan.
  2. Jelaskan penawaran produk dan/atau layanan perusahaan.
  3. Berikan ringkasan target pasar dan demografinya.
  4. Ringkas persaingan industri dan bagaimana perusahaan akan merebut pangsa pasar yang tersedia.
  5. Berikan ringkasan rencana operasional, seperti inventaris, kantor dan tenaga kerja, dan persyaratan peralatan.

Bagian 2: Tinjauan Industri

  1. Menggambarkan posisi perusahaan dalam industri.
  2. Jelaskan persaingan yang ada dan pemain utama dalam industri.
  3. Berikan informasi tentang industri tempat bisnis akan beroperasi, perkiraan pendapatan, tren industri, pengaruh pemerintah, serta demografi pasar sasaran.

Bagian 3: Analisis dan Persaingan Pasar

  1. Tentukan target pasar Anda, kebutuhan mereka, dan lokasi geografis mereka.
  2. Jelaskan ukuran pasar, unit produk perusahaan yang mungkin dibeli oleh pelanggan potensial, dan perubahan pasar yang mungkin terjadi karena perubahan ekonomi secara keseluruhan.
  3. Berikan ikhtisar perkiraan volume penjualan dibandingkan dengan apa yang dijual pesaing.
  4. Berikan rencana bagaimana rencana perusahaan untuk memerangi persaingan yang ada untuk mendapatkan dan mempertahankan pangsa pasar.

Bagian 4: Rencana Penjualan dan Pemasaran

  1. Jelaskan produk yang akan ditawarkan perusahaan untuk dijual dan proposisi penjualan uniknya.
  2. Cantumkan berbagai platform periklanan yang akan digunakan bisnis untuk menyampaikan pesannya kepada pelanggan.
  3. Jelaskan bagaimana rencana bisnis untuk menentukan harga produknya dengan cara yang memungkinkannya menghasilkan keuntungan.
  4. Berikan detail tentang bagaimana produk perusahaan akan didistribusikan ke target pasar dan metode pengirimannya.

Bagian 5: Rencana Pengelolaan

  1. Menjelaskan struktur organisasi perusahaan.
  2. Daftar pemilik perusahaan dan persentase kepemilikan mereka.
  3. Daftar eksekutif kunci, peran mereka, dan remunerasi.
  4. Cantumkan profesional internal dan eksternal yang direncanakan perusahaan untuk dipekerjakan, dan bagaimana mereka akan diberi kompensasi.
  5. Sertakan daftar anggota dewan penasehat, jika ada.

Bagian 6: Rencana Operasi

  1. Jelaskan lokasi bisnis, termasuk persyaratan kantor dan gudang.
  2. Menjelaskan kebutuhan tenaga kerja perusahaan. Garis besar jumlah staf yang dibutuhkan perusahaan, peran mereka, pelatihan keterampilan yang dibutuhkan, dan masa kerja karyawan (penuh waktu atau paruh waktu).
  3. Jelaskan proses manufaktur, dan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu unit produk.
  4. Jelaskan persyaratan peralatan dan mesin, dan apakah perusahaan akan menyewa atau membeli peralatan dan mesin, dan biaya terkait yang diperkirakan akan dikeluarkan oleh perusahaan.
  5. Berikan daftar persyaratan bahan baku, bagaimana sumbernya, dan pemasok utama yang akan memasok input yang dibutuhkan.

Bagian 7: Rencana Keuangan

  1. Jelaskan proyeksi keuangan perusahaan, dengan memasukkan proyeksi laporan laba rugi, proyeksi laporan arus kas, dan proyeksi neraca.

Bagian 8: Lampiran dan Pameran

  1. Kutipan sewa bangunan dan mesin
  2. Usulan rencana kantor dan gudang
  3. Riset pasar dan ringkasan target pasar
  4. Informasi kredit pemilik
  5. Daftar produk dan/atau layanan

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya