7 Manfaat Spa Badan untuk Kecantikan dan Kesehatan, Ketahui Tips Melakukannya di Rumah

Menilik manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 10 Mei 2023, 14:03 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2023, 14:03 WIB
Ilustrasi Spa
Ilustrasi Spa. (Foto: pexels.com)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan cukup banyak. Setelah melakukan banyak aktivitas, badan tentunya membutuhkan perawatan agar kembali fit dan segar. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengembalikan kesegaran badan kamu yakni dengan melakukan spa.

Selain wajah, badan juga membutuhkan perawatan agar kembali rileks. Spa merupakan salah satu perawatan yang cukup sering dilakukan. Perawatan spa badan ini bisa kamu dapatkan di pusat kecantikan atau melakukannya di rumah dengan menengok cara-cara dan tips di internet. Jika kamu melakukan secara rutin, manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan tentunya dapat kamu rasakan. 

Spa badan atau body spa merupakan perawatan yang ditujukan untuk kesehatan kulit dan alternatif relaksasi tubuh. Perawatan dengan body spa dilakukan dengan teknik pijatan dan eksfoliasi kulit menggunakan produk kecantikan kulit atau bahan-bahan alami untuk menjadikan kulit bersih, halus, dan segar. Ada banyak manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yang penting untuk diketahui.

Perawatan spa badan ini cukup mudah dilakukan. Saat di pusat spa atau kecantikan kamu akan ditawarkan berbagai pilihan perawatan, seperti sauna, berendam di air hangat, pijat, ratus, dan juga waxing (menghilangkan rambut di tubuh dengan lilin panas). Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan bisa kamu rasakan jika dilakukan dengan benar.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yang penting untuk diketahui, Rabu (28/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Manfaat Spa badan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Spa
Ilustrasi spa/copyright shutterstock

Tak hanya untuk kecantikan, spa badan juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Setelah seharian beraktivitas, tubuh tentunya membutuhkan relaksasi agar kembali segar dan semangat menjalankan aktivitas lagi. Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan bisa kamu rasakan jika kamu melakukannya secara rutin dan dengan cara yang benar.

1. Merawat Kecantikan Kulit

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yang pertama yakni dapat merawat kecantikan kulit. Selain wajah, badan juga membutuhkan perawatan agar tetap cantik dan terlihat terawat. Spa badan dilakukan dengan pijatan menggunakan lulur kulit atau scrub khusus yang umumnya mengandung vitamin D, C, E, dan K untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat spa badan juga bermanfaat untuk membersihkan, mencerahkan, melembapkan, serta membuat kulit jadi halus dan lembut. Pijatan lembut pada suhu hangat tertentu dapat membuka pori-pori kulit untuk mengeluarkan racun, bakteri, kulit mati, atau sebum yang terperangkap. Teknik eksfoliasi juga dapat membersihkan semua kotoran dan racun di kulit dengan perawatan lanjutan yang akan meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit kamu.

2. Relaksasi

Setelah seharian dipadatkan dengan banyak aktivitas, tubuh membutuhkan relaksasi agar kembali segar dan tentunya dapat membangkitkan mood. Relaksasi merupakan manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yang perlu untuk kamu ketahui. Teknik pijatan yang halus, lembut, namun dengan tekanan kuat di bahu, leher, kaki, punggung secara alami mampu melepaskan ketegangan dan kelelahan tubuh kamu.

Pijatan dengan lulur khusus beraroma terapi untuk membuat kamu merasa rileks, tenang, dan nyaman sembari melemaskan otot-otot, sendi, dan tubuh yang kaku. Ini juga bermanfaat untuk melepaskan diri kamu dari tekanan dan membuat pikiran jadi lebih jernih. Spa badan atau body spa telah lama menjadi alternatif untuk refleksi yang efektif terutama bila Anda memiliki rutinitas yang melelahkan.

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni dapat mengatasi gangguan tidur. Spa badan dapat membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak. Pijatan dan perawatan dengan uap air hangat dapat membantu untuk melancarkan aliran darah, menjaga detak jantung, dan melegakan perasaan kamu sehingga secara langsung berkontribusi untuk mengatasi gangguan tidur.

Setelah melakukan spa badan tubuh dan pikiran akan terasa lebih ringan sehingga kamu dapat tidur lebih nyenyak dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. 


Manfaat Spa badan untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ilustrasi spa
Ilustrasi perawatan diri di spa (foto: shutterstock.com)

4. Mengatasi Pegal

Setelah seharian beraktivitas dan selama seminggu dipadatkan dengan macam kegiatan, tentunya badan terasa pegal dan nyeri. Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni spa dapat mengatasi pegal dan nyeri badan kamu. Kamu bisa melakukan body spa atau spa badan secara rutin selama seminggu sekali.

Teknik pijatan lembut dengan tekanan agak kuat dan kombinasi dengan sauna uap herbal dapat melepaskan ketegangan dan kekakuan di seluruh tubuh. Manfaat spa juga untuk merelaksasi jaringan otot dan melegakan persendian. Jika hal tersebut kamu rasakan, kamu bisa mencoba untuk melakukan spa secara rutin.

5. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni dapat membantu mengatasi sakit kepala. Kamu dapat mengatasi sakit kepala dengan melakukan body spa yang termasuk dalam paket pijat kepala, pijat tangan, sauna air hangat, atau perawatan lain dengan aromaterapi herbal.

Manfaat spa badan memang dapat membantu meredakan otot-otot yang tegang di kepala dan tekanan tubuh lainnya yang memicu sakit kepala. Walaupun belum ada penelitian secara ilmiah, beberapa orang yang rutin melakukan spa meyakini bahwa ini dapat meredakan sakit kepala dan membantu kamu lebih rileks.

6. Merelaksasi Pikiran dan Tubuh

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yakni dapat merelaksasi pikiran dan tubuh. Manfaat body spa atau spa badan adalah untuk perawatan kulit sekaligus perawatan tubuh dan pikiran. Secara langsung, body spa memberikan sensasi perasaan tenang, nyaman, ringan, dan pikiran jernih. Apabila kamu memiliki gejala stres dan depresi, kamu bisa melakukan spa badan untuk mengatasi kesehatan mental Anda. 

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Dapat menjaga kesehatan jantung merupakan manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan selanjutnya yang bisa kamu rasakan. Biasanya perawatan spa juga dilengkapi dengan ruangan khusus yang menggunakan alat pemanas atau sauna. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin berelaksasi dengan sauna dua kali per minggu dapat menurunkan risiko terkena serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

Namun hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.


Tips Melakukan Spa Badan di Rumah

Ilustrasi Spa Cokelat
Spa cokelat mampu membuat tubuh segar kembali (Ilustrasi: Spacuracao)

Manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan cukup banyak. Selain dapat dilakukan di pusat kecantikan, spa badan juga bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan, kamu sudah bisa memanjakan diri kamu dengan body spa atau spa badan di rumah.

1. Ciptakan Suasana Ruangan yang Menyenangkan

Tips melakukan spa badan yang pertama yakni kamu bisa menciptakan suasana rumah atau suasana ruangan yang nyaman dan menyenangkan. Kamu bisa menyalakan beberapa buah lilin agar suasana di dalam ruangan lebih menenangkan. Boleh juga kamu tambahkan aromaterapi agar suasana rileks makin terasa.

2. Mulailah dengan Perawatan Wajah

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba terapkan di rumah adalah dengan memulai melakukan perawatan pada wajah kamu.

Cara Mengaplikasikannya :

- Bersihkan wajah dengan pembersih yang cocok untuk kulitmu

- Lakukan penguapan dengan cara merendam handuk ke dalam air panas dan letakkan pada wajah

- Biarkan wajah menyerap uap selama 5-6 menit untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran secara efektif

- Kemudian, oleskan masker wajah sambil pijat kulit selama beberapa saat dan diamkan

- Gunakan masker alami yang terbuat dari campuran pisang dan madu, yoghurt dan madu, atau stroberi dan oatmeal

- Tutup mata dengan potongan timun untuk menyegarkan area mata

3. Perawatan Rambut

Tips melakukan spa badan di rumah selanjutnya agar bisa merasakan manfaat spa badan untuk kecantikan dan kesehatan yakni dengan melakukan perawatan rambut. Rawat rambutmu dengan masker alami yang bisa didapatkan dari bahan alami. Kamu bisa gunakan campuran alpukat dan minyak zaitun. Selain murah, masker alpukat dan minyak zaitun berfungsi untuk membuat rambut berkilau tanpa alergi.

4. Memijat Tubuh

Tips sederhana selanjutnya yang bisa lakukan adalah dengan menggosok tubuh kamu dengan lulur. Selain itu, kamu juga bisa sembari memijat tubuh kamu secara perlahan untuk mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Sel kulit mati pada tubuh nggak hanya bikin kusam, tapi juga tampak kering. Maka dari itu, gunakan bahan-bahan yang membantu pengangkatan sel kulit mati. Misalnya menggunakan bubuk kopi dan susu. Gosok dan pijat perlahan untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih bersih dan lembut.

 


Tips Melakukan Spa Badan di Rumah

Ilustrasi Spa
Ilustrasi Spa. (Foto: unsplash.com)

5. Bersantai dengan Berendam dalam Air Susu

Mandi susu bermanfaat untuk membuat kulit menjadi halus dan lembap. Jika ada, manfaatkan bathtub di rumah untuk berendam sejenak dalam lautan susu ala spa.

Cara Mengaplikasikannya :

- Siapkan 2-3 gelas susu putih cair, satu cangkir minyak zaitun, dan satu sendok makan vanili

- Tuangkan bahan-bahan tersebut dalam bathtub yang telah diisi dengan air hangat

- Atur temperaturnya agar pas bikin tubuhmu nyaman saat berendam di dalamnya

- Duduk dan bersantailah sambil sesekali menggosok tubuhmu dengan lembut.

6. Mandi Air Hangat

Selanjutnya kamu bisa memanjakan diri kamu dengan membilas badan menggunakan air hangat. Spa sudah pasti identik dengan body wash yang wangi dan beraroma mewah. Oleh karenanya, gunakan fragranced body wash yang mengandung pelembap dan nggak hanya lembut untuk kulit, tapi juga menebarkan aroma wangi yang menyenangkan. 

7. Perawatan Kaki dan Tangan

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan yakni dengan perawatan kaki dan tangan atau manikur dan padikur. Ini adalah langkah terakhir untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari perawatan spa yang kamu lakukan.

Cara Mengaplikasikannya :

- Hapus kuteks yang tersisa

- rendam tangan dan kaki ke dalam air hangat dengan beberapa tetes minyak zaitun untuk menjaga kelembaban kulitmu

- Biarkan tangan dan kakimu rileks beberapa saat

- Gunting kuku tangan dan kaki, lalu rapikan ujungnya

- Jangan lupa aplikasikan body oil, body lotion,atau body butter untuk memberikan kelembapan kulit dan membuatnya semakin bersinar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya