8 Cara Makeup Natural untuk Sehari-Hari, Mudah untuk Pemula

Make up natural bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

oleh Anugerah Ayu Sendari diperbarui 28 Mei 2023, 04:30 WIB
Diterbitkan 28 Mei 2023, 04:30 WIB
Tips Menyesuaikan Make Up dengan Bentuk Wajah
Ilustrasi wanita sedang make up. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Liputan6.com, Jakarta Cara make up natural bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Kekuatan make uo tidak dapat disangkal lagi untuk menciptakan penampilan terbaik. Dalam aktivitas sehari-hari, tidak mungkin untuk terus menggunakan make up tebal. Ini sebabnya, banyak yang menggunakan cara make up natural untuk menunjang penampilan.

Cara make up natural sangat berguna bagi kamu yang ingin tetap tampil segar tanpa make up tebal berlebihan. Mendapatkan tampilan make up natural bisa jadi lebih rumit dari yang dikira. Cara make up natural harus memperhatikan pilihan warna bedak, foundation, blush on, hingga lipstik. Biasanya, cara make up natural memakai warna yang mendekati warna kulit alami.

Cara make up natural akan membuat wajah tampak segar, tidak pucat, dan pastinya tetap glowing. Berikut cara make up natural dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(9/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara make up natural sehari-hari

Alat Make Up
Ilustrasi Foto Alat Make Up (iStockphoto)

Persiapkan kulit

Mempersiapkan kulit adalah kunci untuk make up yang tahan lama. Pastikan kamu membersihkan, mengencangkan, dan melembabkan wajah dengan benar dengan pelembab ringan sebelum memulai make up. Pertama cuci wajah dengan sabun lembut. Bersihkan dengan pembersih tambahan dan gunakan toner. Selanjutnya pakai pelembap wajah ringan. Oleskan selapis tipis pelembap untuk mempersiapkan kulit.

Persiapan ini membuat cara make up natural lebih menyatu dan tahan lama. Memastikan kulit tetap terhidrasi adalah kunci untuk membuat riasan terlihat seperti kulit asli dan alami.

Gunakan foundation

Pilih foundation, alas bedak, atau BB cream dengan warna yang sama persis dengan warna kulit. Jika tidak dapat menemukan warna yang tepat, campurkan dua warna untuk hasil akhir yang sempurna. Gunakan kuas buffing untuk membaurkan produk.

Aplikasikan secara tipis-tipis saja supaya tidak terjadi belang antara kulit wajah dan leher. Ingat untuk mengaplikasikan juga pada leher. Cara penggunaan foundation juga tidak boleh asal-asalan. Aplikasikanlah dulu dimulai dari atas lalu ke bawah. Jangan menyebar.


Cara make up natural sehari-hari

Alat Make Up
Ilustrasi Foto Alat Make Up (iStockphoto)

Concealer

Pilih satu atau dua tingkat lebih terang dari warna foundation untuk mencerahkan area bawah mata dan menutupi perubahan warna dan lingkaran hitam. Untuk tampilan yang lebih bercahaya, aplikasikan concealer ke dahi, pangkal hidung dan dagu — lalu ratakan.

Bedak

Gunakan bedak tabur atau bedak padat. Penggunaan bedak cukup opsional jika kulit terasa berminyak. Jika menggunakan bedak padat, sapukan dengan menggunakan kuas pada wajah supaya hasilnya tipis dan merata.


Cara make up natural sehari-hari

Mengarsir Bentuk Alis Terlalu Tebal
Ilustrasi Mengaplikasikan Makeup Credit: pexels.com/Shiny

Alis

Untuk cara make up natural pada alis, kamu cukup merapikan alis dengan spoolie. Jika menggunakan pensil alis, arsirlah secara perlahan mulai dari bagian ujung dalam alis sampai ke ujung luar searah dengan tumbuhnya rambut alis.

Mata

Kamu bisa memilih menggunakan eyeliner atau tidak. Jika menggunakan eyeliner, awalilah dengan memakai eyeshadow terlebih dahulu. Jika iya, awalilah dengan memakai eyeshadow terlebih dahulu. Kemudian bisa melanjutkan dengan menjepit bulu mata (optional). Baru kemudian mengaplikasikan eyeliner.

Gunakan eyeshadow dengan warna kecoklatan yang lembut. Ini bisa meningkatkan kontur alami mata tanpa terlihat seperti bayangan. Pilih warna yang sedikit lebih gelap dari kulit. Aplikasikan ke lipatan dan di sepanjang bulu mata bagian bawah.

Penggunaan eyeliner pensil memang terlihat lebih natural, tapi kamu juga bisa memilih menggunakan eyeliner cair. Sapukan eyeliner sedekat mungkin dengan garis mata dan jangan terlalu tebal. Aplikasikan hanya di bagian atas garis mata saja. Sapukan eyeliner lebih tebal pada sudut mata agar tampilan mata lebih besar dan tegas.

Selanjutnya baru menggunakan maskara, agar bulu mata terlihat lebih bervolume. Oleskan satu lapis maskara ke bulu mata atas dan bawah, pastikan untuk menggoyangkan tongkat secara vertikal untuk menjangkau setiap bulu mata.


Cara make up natural sehari-hari

Pipi
Ilustrasi Wajah Cerah Merona Credit: pexels.com/pixabay

Pipi

Cara make up natural selanjutnya adalah menggunakan blush on pada pipi. Pilih blush on dengan warna natural seperti peach, pink, atau cokelat. Perona pipi krim dalam warna peach atau pink yang hangat bisa memberikan kulit merona alami dan halus.

Sapukan blush on ke bagian atas pipi untuk memberi warna ekstra pada wajah. Untuk blush on, pilih perona pipi krim tanpa kilau atau tanpa shimmer agar terlihat paling alami. Gunakan kuas perona pipi dan oleskan sedikit di pipi, ratakan dengan kuas buffing.

Hangatkan warna kulit bronzer. Gunakan bronzer halus dan sapukan sedikit di sepanjang tulang pipi dan garis rambut untuk sedikit menghangatkannya. Oleskan ini di bawah tulang pipi dan di sepanjang pelipis dan rahang.

Bibir

Cara make up natural yang paling penting selanjutnya adalah lipstik. Warna bibir yang sempurna adalah salah satu bahan rahasia untuk tampilan riasan natural. Pastikan menggunakan lipstik dengan warna nude untuk tampilan natural. Selesaikan tampilan dengan lip gloss merah muda atau nude yang melengkapi warna kulit. Untuk mendapatkan warna yang cantik (yang juga tahan lama), pilih warna yang sama persis dengan bibir.

Demikian cara make up natural untuk sehari-hari. Make up ini bisa membuatmu lebih segar dan cerah dari dalam tanpa riasan berlebihan.

Untuk mendapatkan hasil make up yang baik, kamu juga perlu merawat wajah dengan produk perawatan yang tepat seperti rangkaian Olay Luminous yakni Olay Luminous Light Perfecting Essence memiliki teknologi Pearl-OpticsTM untuk mencerahkan wajah, menyempurnakan refleksi cahaya dari dalam kulit seperti cara kerja mutiara. Teknologi tersebut berasal dari kandungan Sepitonic Complex yang menstimulasi metabolisme dan regenerasi sel-sel kulit, serta melindungi kulit dari radikal bebas. Kulit pun memiliki tekstur merata, lebih sehat, serta lebih cerah. Sempurnakan perawatannya dengan Olay Luminous Light Perfecting Cream.

Presented by OLAY
Presented by OLAY.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya