9 Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Makanan yang baik untuk penderita asam lambung perlu diketahui

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 13 Jun 2023, 20:50 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2023, 20:50 WIB
Ilustrasi buah dan sayur
Jika sayur dan buah tidak ditangani dengan baik, dapat timbul bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang baik untuk penderita asam lambung perlu diketahui, terutama bagi mereka yang punya riwayat menderita asam lambung. Penderita asam lambung perlu hati-hati memilih makanan, karena apabila penderita asam lambung salah mengonsumsi makanan, maka meningkatkan produksi asam lambung dan memperparah keluhan si penderita asam lambung. 

Terdapat beberapa makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. Beberapa diantaranya yakni cokelat, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, buah-buahan yang asam, tomat, bawang bombay, dan bawang putih.

Makanan yang baik untuk penderita asam lambung harus selalu dipahami agar tidak memberikan dampak buruk terhadap kesehatan lambung anda. Terjadinya asam lambung ini disebabkan oleh bakteri bernama helicobacter pylori. Penyakit asam lambung terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Naiknya asam lambung juga bisa menyebabkan nyeri di ulu hati.

Apabila asam lambung seseorang kambuh, tentunya akan menghambat aktivitas sehari-hari. Rasa nyeri yang dirasakanlah yang dapat menghambat aktivitas seseorang. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui cara mencegah ketika asam lambung menjadi naik agar ketika beraktivitas bisa sedikit ditangani. Selain itu, penting untuk mengetahui tentang makanan yang baik untuk penderita asam lambung dan pantangan-pantangannya.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/3/2020) tentang 9 makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ragam Makanan yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Buah Pisang
Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

1. Pisang

Buah pisang merupakan salah satu makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Buah satu ini dipercaya dapat mengatasi dan mencegah nyeri pada lambung. pH yang terkadung dalam buah pisang yakni sekitar 5,6 yang menjadikan buah pisang baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Buah pisang mampu memberi rasa kenyang sehingga sangat baik untuk dikonsumsi di antara waktu makan.

2. Apel

Makanan yang baik untuk penderita asam lambung selanjutnya yakni buah apel. Buah dengan segudang manfaat ini baik dikonsumsi bagi penderita asama lambung. Selain daging buahnya yang memiliki banyak manfaat, kulit apel juga menyimpan banyak manfaat ketika dikonsumsi. Kandungan kalsium, magnesium, dan kalium pada apel dipercaya bisa meredakan gejala asam lambung yang muncul. Untuk merasakan manfaat dari buah apel, sebaiknya memilih buah ap-el merah, dan yang rasanya manis. Bagi penderita asam lambung, sebaiknya mengonsumsi buah apel setelah makan atau sebelum tidur.

3. Semangka

Semangka merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah segar yang memiliki rasa manis, segar serta mengandung banyak air ini dapat membantu menetralkan keasaman di dalam lambung. Buah semangka baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung.


Makanan yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Ilustrasi melon (iStock)
Ilustrasi melon (iStock)

4. Melon

Buah satu ini memiliki segudang manfaat bagi penderita asam lambung. Makanan yang baik untuk penderita asam lambung satu ini menyumbang sejumlah zat gizi penting bagi tubuh. Melon memiliki kandungan basa yang cukup tinggi, karena mengandung sejumlah magnesium di dalamnya. Magnesium yang terkandung dalam buah melon ini adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam obat untuk sakit maag.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran hijau juga merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung. Sayuran hijau yang kaya serat dan tidak mengandung lemak mnaupun gula adalah makanan yang tepat dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

6. Oatmeal

Oatmeal bisa dijadikan pilihan apabila anda memiliki penyakit asam lambung. Makanan sehat untuk penderita asam lambung satu ini mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah dan kolestrol, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Asam lambung bisa meningkat saat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan manis. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi oatmeal dapat mengurangi kadar gula darah pada penderita asam lambung.


Makanan yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung Lainnya

cara menghilangkan ketombe
gel lidah buaya (sumber: pixabay)

7. Daging Tanpa Lemak

Penderita asam lambung tetap bisa mengonsumsi daging, namun daging tanpa lemak. Makanan yang baik utnuk penderita diabetes ini bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang, direbus, dikukus atau dibakar. Dengan begitu kamu bisa menikmati mengonsumsi daging, namun tanpa lemak dan tanpa kulit ya!

8. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan makanan yang baik untuk penderita asam lambung selanjutnya yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Lidah buaya dikenal sebagai penyembuh alami, serta dipercaya dapat mengobati penyakit asam lambung. Kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

Selain itu, lidah buaya mengandung saponin yang mempunyai kemampuan antiseptic. Sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit, dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Anda bisa mengolah lidah buaya sebagai minuman yang berkhasiat.

9. Jahe

Rempahan Indonesia satu ini baik untuk penderita asam lambung. Antiradang yang terkandung di dalam jahe mampu untuk mengatasi pencernaan. Selain itu, makanan yang baik untuk penderita asam lambung satu ini dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung atau maag.

 


Penyebab Asam Lambung Menjadi Naik

Manfaat Makanan Pedas
Manfaat Makanan Pedas (sumber: iStockphoto)

Selain mengetahui tentang makanan yang baik untuk penderita asam lambung, penting juga untuk mengetahui penyebab asam lambung menjadi naik. Beberapa penyebab asam lambung menjadi naik yang perlu kamu ketahui.

1. Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab asam lambung menjadi naik. Selain memperhatikan makanan yang baik untuk penderita asam lambung, penting juga untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan asam lambung menjadi naik. Salah satunya yakni merokok. Merokok dapat mengganggu fungsi LES. Selain itu, merokok dapat meningkatkan sekresi asam dan mengurangi produksi air ludah yang dapat menetralkan efek asam di mulut.

2. Stres

Penyebab asam lambung naik selanjutnya yakni setres. Bagi anda yang sering mengalami setres, anda harus mewasapadai hal ini. Karena hal ini dapat menyebabkan asam lambung anda naik.

Walaupun anda sudah memperhatikan makanan yang baik untuk penderita asam lambung, namun anda juga perlu memperhatikan penyebab asam lambung menjadi naik. Setres akan merangsang area tertentu pada otak sehingga dapat meningkatkan sensitifitas terhadap nyeri termasuk ulu hati.

3. Alkohol, Kafein, dan Minuman Berkarbonasi

Alkohol, kafein, dan minuman berkarbonasi adalah penyebab selanjutnya yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik. Bagi anda yang memiliki riwayat asam lambung dan suka mengonsumsi minuman alkohol, kafein, dan minuman berkarbonasi, anda harus waspada. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat menimbulkan iritasi sehingga mengikis lambung sedikit demi sedikit.

4. Makanan Pedas, Berlemak, dan Berminyak

Selain memperhatikan makanan yang baik untuk penderita lambung, penting juga memperhatikan makanan yang berpotensi menyebabkan asam lambung menjadi naik. Contohnya seperti makanan pedas, berlemak, dan berminyak.

Bagi anda pecinta makanan pedas, dan memiliki riwayat asam lambung, sebaiknya anda mengurangi dan menghindari untuk mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Makanan pedas, berlemak, dan berminyak dapat merangsang peningkatan produksi asam lambung.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk penderita asam lambung yang bisa dikonsumsi bagi kamu penderita asam lambung. Juga makanan yang dapat menyebabkan asam lambung menjadi naik.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya