Rebus Telur Berapa Menit? Ketahui Durasi Agar Matang Sempurna dan Mudah Dikupas

Ada berbagai durasi tingkat kematangan telur ayam yang sesuai dengan keinginan anda, mulai dari setengah matang hingga matang sempurna.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 04 Okt 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2023, 11:00 WIB
Rebus Telur Berapa Menit? Ketahui Durasi Agar Matang dengan Sempurna
Ilustrasi telur rebus/credit: unsplash.com/Ramanna

Liputan6.com, Jakarta Rebus telur berapa menit merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh masyarakat secara luas. Hal ini karena mereka ingin mendapatkan tingkat kematangan telur yang sempurna dan sesuai dengan keinginan.

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, telur juga menjadi lauk pauk yang tergolong murah dan mudah dikreasikan menjadi berbagai olahan makanan. Tak sedikit orang yang menyukai telur untuk dikonsumsi sehari-hari.

Namun untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna, banyak orang yang bingung menentukan cara merebus telur berapa menit. Misalnya anda ingin merebus telur setengah matang, matang sempurna maupun menghindari yang terlalu matang. Lantas rebus telur berapa menit?

Berikut Liputan6.com ulas mengenai rebus telur berapa menit agar mendapatkan tingkat kematangan yang diinginkan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rebus Telur Berapa Menit

Rebus Telur Berapa Menit? Ketahui Durasi Agar Matang dengan Sempurna
Ilustrasi Telur Rebus Credit: freepik.com

Dikutip dari laman Feel Good Foodie, berikut ini terdapat durasi rebus telur berapa menit yang bisa anda sesuaikan dengan tingkat kematangan yang anda inginkan, yakni:

1. Dalam waktu 4 menit

Bagi anda yang menginginkan kuning telur yang masih memiliki tekstur lembut dan encer, pastikan untuk mengeluarkan telurnya setelah 4 menit.

2. Dalam waktu 7 menit

Untuk Anda yang menginginkan telur setengah matang dengan tekstur kuning yang setengah matang, waktu perebusan yang dibutuhkan adalah 7 menit.

3. Dalam waktu 8 menit

Apabila ingin kuningnya tidak terlalu cair atau lebih bertekstur namun masih lunak, maka 8 menit adalah pilihannya.

4. Dalam waktu 10 menit

Untuk Anda yang ingin menikmati telur dengan tekstur dengan sebagian telah matang namun sedikit lunak di bagian tengahnya, maka waktu idealnya adalah 10 menit. Di sini, warna kuning telur akan lebih pucat.

5. Dalam waktu 12–13 menit

Untuk telur matang sempurna dengan putih telur matang dengan bagian kuning yang hampir matang sepenuhnya, maka proses merebusnya adalah 12-13 menit.

6. Dalam waktu 14 menit

Bagi anda yang suka menyantap telur rebus dengan bagian putih telur matang sempurna dan bagian kucing yang juga benar-benar matang hingga ada warna abu-abu disekeliling kuning telur, maka proses merebusnya adalah 14 menit.


Cara Merebus Telur yang Benar

Rebus Telur Berapa Menit? Ketahui Durasi Agar Matang dengan Sempurna
ilustrasi telur rebus/copyright Rawpixel

Mengutip dari laman Feel Good Foodie, berikut ini terdapat beberapa cara untuk merebus telur yang benar sesuai dengan tingkat kematangan yang anda inginkan, yakni:

  1. Masukkan telur ke dalam panci dan tuangkan air dingin secukupnya ke atas telur hingga terendam seluruhnya.
  2. Dalam panci terbuka, didihkan air. Angkat panci dari api dan tutup. Biarkan telur matang dalam wajan tertutup hingga tingkat kematangan yang diinginkan. Anda bisa melihat waktu merebus telur sesuai tingkat kematangan di atas.
  3. Saat telur dimasak, siapkan mangkuk berisi es dan air. Saat telur mencapai waktu memasak yang diinginkan, pindahkan telur matang dengan sendok berlubang ke dalam air es hingga benar-benar dingin sebelum dikupas.

Setelah telur sudah dingin, anda bisa mengupaskan dengan cara sebagai berikut:

  1. Ketukkan telur yang sudah benar-benar dingin pada permukaan datar.
  2. Kemudian gulung telur hingga pecah seluruhnya, saat menggulung telur pastikan dilakukan dengan hati-hati dan tanpa adanya tekanan yang berlebih.
  3. Setelah itu, kupas cangkangnya secara keseluruhan.
  4. Terakhir, bilas telur dengan air dingin jika masih ada sisa cangkang kecil yang menempel di permukaan putih telur.

Cara Merebus Telur Puyuh

Rebus Telur Berapa Menit? Ketahui Durasi Agar Matang dengan Sempurna
photo by Kononov Oleh (shutterstock)

Setelah mengetahui rebus telur berapa menit dan cara merebus telur dengan baik, anda juga bisa mengetahui cara merebus telur puyuh agar matang sempurna dan tidak pecah. Durasi merebus telur puyuh berbeda dengan telur ayam pada umumnya, hal ini karena ukuran keduanya yang berbeda. Sebelum merebus telur puyuh, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan dasar dan peralatan masak sebagai berikut ini.

Bahan:

  • 20 butir telur puyuh
  • Air secukupnya
  • Siapkan panci dan penutup

Cara membuatnya:

  1. Masukan air dan telur puyuh ke dalam panci. Letakkan panci di atas kompor dan rebus dengan api besar sekitar 3-4 menit. Kecilkan api, lalu lanjutkan merebus selama 2 menit.
  2. Setelah 5 menit, matikan api kompor dan biarkan panci berada di atasnya. Tutup panci jangan dibuka, biarkan telur di dalam panci selama 10-15 menit hingga airnya hangat.
  3. Kemudian ambil telur puyuh dan masukkan ke dalam air dingin.
  4. Telur puyuh siap dikupas dan diolah.

Cara Merebus Telur Asin

Rebus Telur Berapa Menit? Ketahui Durasi Agar Matang dengan Sempurna
Ilustrasi Telur Asin Credit: pexels.com/Geyonk

Selain telur ayam dan telur puyuh, telur bebek juga dapat direbus dengan durasi tingkat kematangan yang berbeda. Berikut ini cara merebus telur asin dan waktu merebusnya yang tepat, yakni:

Bahan:

  • 12 butir telur bebek
  • 500 gram garam
  • 1 1/2 liter air

Cara membuatnya:

  1. Langkah pertama ialah rendam telur dalam air sekitar 2 menit. Lalu bersihkan telur pelan-pelan agar kulit telur tidak pecah atau retak.
  2. Setelah itu larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Kemudian masukkan ke dalam toples yang dapat ditutup rapat.
  3. Masukkan telur perlahan-lahan. Setelah telur terendam semua, lalu beri jarak 2 cm dari permukaan. Kemudian rendam selama 9-11 hari atau lebih, semakin lama merendam maka semakin asin telur yang didapat.
  4. Selama proses perendaman, pastikan jauh dari cahaya matahari. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil.
  5. Usahakan air tidak mendidih, hal ini dikarenakan agar tidak merusak telur. Setelah itu rebus sekitar 1 jam.
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya