Last Seen Artinya Apa di WhatsApp? Simak Cara Menyembunyikannya

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang last seen artinya apa di WhatsApp, ada baiknya kita mengenal lebih dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 26 Jul 2024, 21:30 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 21:30 WIB
WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Liputan6.com, Jakarta Sebelum kita membahas lebih jauh tentang last seen artinya apa di WhatsApp, ada baiknya kita mengenal lebih dalam aplikasi WhatsApp itu sendiri. WhatsApp, atau yang sering disingkat WA, merupakan sebuah aplikasi perpesanan instan yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan teks, suara, dan gambar secara gratis. Maksud dari gratis di sini adalah tidak berbayar seperti panggilan pada telepon seluler, melainkan menggunakan data atau kuota internet.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur tambahan yang memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi, seperti komunitas, grup, lokasi, kirim dokumen, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui bersama bahwa WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan paling populer di dunia. Data menyebutkan bahwa penggunanya mencapai angka 2,45 miliar pada kuartal pertama tahun 2023.

Pengguna WhatsApp tentunya sudah tidak asing lagi dengan status "online" dan "last seen" yang biasanya terdapat pada bagian bawah nama kontak. Kedua status ini memiliki makna yang berbeda. Jadi last seen artinya apa? Berikut ulasan lebih lanjut tentang last seen artinya apa di WhatsApp yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Status Last Seen Artinya Apa di WhatsApp

Logo WhatsApp
Ilustrasi tampilan WhatsApp. (Sumber foto: Pexels.com)

Setelah mengenal lebih jauh tentang aplikasi WhatsApp, saatnya kita membahas mengenai status last seen artinya apa yang sering menjadi pertanyaan di berbagai media. Istilah ini berasal dari kata-kata dalam bahasa Inggris, yakni "last" yang berarti "terakhir" dan "seen" yang berarti "dilihat". Jadi, "last seen" di WhatsApp artinya adalah waktu terakhir aplikasi WhatsApp dibuka oleh pengguna. Misalnya, jika status "last seen" menunjukkan pukul 21:30, itu berarti waktu terakhir aplikasi WhatsApp dibuka adalah pada pukul setengah sepuluh malam.

Last seen merupakan salah satu status yang ada di aplikasi WhatsApp. Status lainnya adalah "online." "Online" menunjukkan bahwa pengguna sedang membuka aplikasi WhatsApp saat itu juga. Last seen artinya memberikan informasi kepada pengguna lain tentang aktivitas terbaru seseorang di WhatsApp, namun ini bisa disesuaikan atau disembunyikan melalui pengaturan privasi di aplikasi tersebut.


Mengapa Status Last Seen Tidak Terlihat di WhatsApp?

Ilustrasi WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp. Kredit: Webster2703 via Pixabay

Status last seen di WhatsApp bisa tidak terlihat karena beberapa alasan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebabnya.

1. Kontak Menyembunyikan Status Last Seen

Kontak Anda mungkin telah menyembunyikan status "last seen" mereka agar tidak bisa dilihat oleh orang lain. Ini adalah salah satu pengaturan privasi yang dapat diubah untuk menjaga kerahasiaan aktivitas mereka di aplikasi.

2. Pengaturan Privasi Anda Sendiri

Jika Anda menyembunyikan status "last seen" Anda sendiri melalui pengaturan privasi, maka Anda juga tidak akan dapat melihat status "last seen" orang lain. Ini adalah aturan timbal balik di WhatsApp yang mengharuskan pengguna untuk mengizinkan visibilitas status mereka untuk dapat melihat status orang lain.

3. Kontak Memblokir Anda

Jika seorang kontak memblokir Anda, Anda tidak akan bisa mengetahui kapan terakhir kali mereka membuka WhatsApp. Selain itu, Anda juga tidak akan dapat melihat status "online" mereka. Status "online" di WhatsApp tidak bisa dimatikan, kecuali dengan memutus sambungan internet atau melakukan rooting pada perangkat.


Cara Mengatur Status Last Seen di WhatsApp versi Android

WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp di ponsel. Credits: pexels.com by Tracy Le Blanc
  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih "Settings" (Pengaturan).
  4. Pilih "Account" (Akun), kemudian pilih "Privacy" (Privasi).
  5. Pilih opsi untuk siapa saja yang dapat melihat status "last seen" Anda: "Everyone" (Semua orang), "My Contacts" (Kontak saya), atau "Nobody" (Tidak ada).

Cara Mengatur Status Last Seen di WhatsApp versi iOS

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Akses "Settings" (Pengaturan).
  3. Pilih "Account" (Akun), kemudian pilih "Privacy" (Privasi).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya