Perlu Muhasabah Diri, Ini 8 Sikap yang Menandakanmu Kurang Peka dan Super Cuek

Berbagai tanda yang mengisyaratkan bahwa dirimu kurang peka telah terungkap.

oleh Miranti diperbarui 29 Jul 2024, 17:48 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 17:48 WIB
Ilustrasi Perempuan Menolak
Ilustrasi perempuan menolak, melarang, menghindar, dan cuek. (Foto: Freepik/drobotdean)

Liputan6.com, Jakarta Peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain adalah aspek penting dalam membangun hubungan yang sehat dan empati. Namun, tidak semua orang selalu peka terhadap hal-hal tersebut, baik disengaja maupun tidak.

Beberapa tanda yang menunjukkan kurangnya kepekaan terhadap orang lain bisa bervariasi dari perilaku sehari-hari hingga respons terhadap situasi tertentu. Memahami indikator-indikator ini bisa membantu kita menjadi lebih sadar akan interaksi kita dengan orang lain.

Setidaknya ada beberapa sikap atau tanda yang bisa digunakan untuk mengenali bahwa Anda adalah orang yang kurang peka dan cuek terhadap lingkungan sekitarmu. Berikut selengkapnya dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Senin (29/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tidak Mendengarkan dengan Seksama

karakter zodiak
Gambar ilustrasi seorang wanita yang memesona/foto yang dibuat oleh lookstudio - www.freepik.com

Apakah kamu sering kali terperangkap dalam dunia ponselmu atau terjebak dalam pikiranmu sendiri saat ada orang lain yang berbicara? Jika iya, mungkin ini adalah pertanda bahwa kamu kurang memiliki kepekaan. Mendengarkan dengan penuh perhatian adalah kunci utama dalam membangun kepekaan terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Mengapa tidak mencoba untuk benar-benar hadir dalam setiap percakapan dan menunjukkan bahwa kamu sungguh-sungguh peduli dengan apa yang mereka sampaikan?


2. Sering Membuat Komentar yang Tidak Pantas

Komentar yang tidak senonoh atau tidak berempati juga dapat menjadi bukti ketidakpekaan. Sebagai contoh, membuat lelucon tentang isu yang sensitif atau mengajukan pertanyaan yang terlalu pribadi tanpa memperhatikan perasaan orang lain. Sahabat Fimela, sebelum mengeluarkan kata-kata, mari kita berpikir dua kali apakah komentar tersebut dapat melukai perasaan orang lain.


3. Tidak Menyadari Kebutuhan Orang Lain

Hai Sahabat Fimela, menjadi sosok yang peka juga berarti memiliki kemampuan untuk merasakan dan memahami kebutuhan orang lain tanpa perlu disuruh. Misalnya, saat melihat temanmu tampak lelah, kamu tidak hanya meminta bantuannya tanpa memperhatikan kondisinya. Cobalah untuk lebih peka terhadap bahasa tubuh dan ekspresi mereka, dan tawarkan bantuanmu ketika melihat ada yang membutuhkannya.


4. Terlalu Fokus pada Diri Sendiri

Apabila kamu terlalu terpaku pada diri sendiri, kemungkinan besar kamu akan kehilangan kesadaran terhadap apa yang sedang terjadi di sekitarmu. Wah, Sahabat Fimela, jika kamu seringkali hanya berbicara tentang dirimu tanpa memberi kesempatan pada orang lain untuk berbagi, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu kurang peka terhadap sekitarmu. Yuk, cobalah untuk lebih banyak mendengarkan dan menunjukkan minat pada kehidupan serta perasaan orang lain.


5. Menganggap Remeh Perasaan Orang Lain

kalem bersih rapi bahagia
Gambarkanlah seorang wanita yang tersenyum anggun dan memikat, terlihat begitu cantik dan menawan.

Ketidakpekaan juga terlihat jelas saat kamu menganggap enteng perasaan orang lain. Contohnya, ketika seseorang berbagi masalah mereka, tapi kamu malah merespons dengan, "Ah, itu kan gak penting" atau "Kamu terlalu drama." Sahabat Fimela, sangatlah penting untuk menghargai dan menghormati perasaan orang lain, bahkan ketika kamu tidak sepenuhnya memahami atau setuju dengan apa yang mereka rasakan.


6. Tidak Menghargai Waktu dan Ruang Orang Lain

Ketidakpekaan juga bisa terlihat dalam cara kamu menghargai waktu dan ruang orang lain. Misalnya, datang terlambat tanpa memberi tahu atau sering mengganggu seseorang saat mereka sedang sibuk. Menunjukkan rasa hormat terhadap waktu dan ruang pribadi orang lain adalah tanda bahwa kamu peka terhadap kebutuhan mereka.

 


7. Kurang Responsif terhadap Perubahan Ekspresi Orang Lain

Salah satu tanda bahwa kamu mungkin kurang peka adalah tidak responsif terhadap perubahan ekspresi wajah orang lain. Misalnya, ketika temanmu terlihat sedih atau marah, tetapi kamu tidak menyadarinya dan terus berbicara atau bercanda. Ketidakmampuan untuk membaca bahasa tubuh dan ekspresi wajah bisa membuat orang merasa tidak dipedulikan


8. Tidak Mengakui Kesalahan atau Kritik

Ketidakpekaan juga bisa tercermin dari kesulitan untuk mengakui kesalahan mereka atau menerima kritik dengan terbuka. Hal itu karena mereka mungkin tidak mempertimbangkan perspektif atau perasaan orang lain.

Memang menjadi peka adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dengan orang-orang di sekitar kita. Jika kamu merasa memiliki beberapa tanda ketidakpekaan yang telah disebutkan, jangan khawatir! Langkah pertama adalah menyadari dan mengakui hal tersebut. Setelah itu, cobalah untuk lebih mendengarkan, memperhatikan, dan menghargai perasaan serta kebutuhan orang lain.

Perubahan kecil dalam sikap Anda bisa membuat perbedaan besar dalam hubungan kita dengan orang lain. Yuk, belajar bersama untuk menjadi lebih peka dan peduli. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya