Resep Bolu Pandan Panggang, Cara Membuat Kue yang Enak dan Lembut

Bolu pandan panggang adalah salah satu kue tradisional yang banyak digemari karena rasa dan aromanya yang khas.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 07 Agu 2024, 11:07 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 11:07 WIB
Bolu Pandan Wangi
Ilustrasi Bolu Pandan Wangi Credit: pexels.com/Elnor

Liputan6.com, Jakarta Bolu pandan panggang adalah salah satu kue tradisional yang banyak digemari karena rasa dan aromanya yang khas. Kue ini dikenal dengan warna hijau alaminya yang berasal dari ekstrak daun pandan, serta tekstur yang lembut dan moist. Bolu pandan panggang menjadi pilihan favorit untuk berbagai acara atau sebagai camilan sehari-hari yang memanjakan lidah.

Pembuatan bolu pandan panggang melibatkan beberapa bahan sederhana yang mudah didapat, seperti telur, gula, tepung terigu, dan ekstrak pandan. Teknik dan proporsi bahan yang tepat sangat penting untuk menghasilkan kue yang empuk dan tidak bantat. Proses pengocokan telur dan gula serta penambahan ekstrak pandan memegang peranan penting dalam mencapai hasil yang optimal.

Menggunakan oven yang telah dipanaskan sebelumnya juga berkontribusi pada keberhasilan resep ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar, bolu pandan panggang akan memiliki warna yang cantik, tekstur yang lembut, dan rasa yang lezat. Menyiapkan bolu pandan panggang di rumah dapat menjadi pengalaman yang memuaskan, baik bagi pembuatnya maupun bagi yang menikmati hasilnya.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini resep membuat bolu pandan panggang yang lezat dan mudah, Rabu (7/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan-bahan yang Disiapkan

Ilustrasi adonan kue
Agar bisa digunakan, adonan kue yang tersisa dapat disimpan di dalam kulkas.

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue ini:

- 200 gram tepung terigu protein sedang

- 200 gram gula pasir

- 6 butir telur

- 200 ml santan kental

- 100 ml minyak sayur

- 1 sendok teh pasta pandan

- 1/2 sendok teh baking powder

- 1/2 sendok teh garam Selain itu

Tambahkan juga bahan-bahan berikut:

- 1 sendok teh emulsifier (SP/TBM)

- 1 sendok teh vanili


Cara Membuat :

bolu gulung
Diberikan resep bolu gulung yang ekonomis dengan menggunakan 3 telur (Credit: Freepik/jcomp).
  1. Pemanasan oven dilakukan pada suhu 170°C. Loyang diolesi dengan margarin dan ditaburi dengan tepung terigu atau dialasi dengan kertas roti agar bolu tidak lengket.
  2. Telur, gula pasir, dan emulsifier dikocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang, putih, dan kental berjejak.
  3. Adonan telur kemudian ditambahkan dengan santan kental, pasta pandan, dan vanili.
  4. Aduk rata dengan kecepatan rendah. Tepung terigu, baking powder, dan garam diayak dan ditambahkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diaduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  5. Minyak sayur dituangkan ke dalam adonan dan diaduk balik dengan spatula hingga tercampur rata dan tidak ada endapan di dasar adonan.
  6. Adonan dituangkan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Adonan dipanggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 45-50 menit atau hingga matang.
  7. Kematangan dapat dicek dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam bolu, jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.
  8. Setelah matang, bolu dikeluarkan dari oven dan didinginkan di dalam loyang selama beberapa menit sebelum dilepas dari loyang.
  9. Setelah benar-benar dingin, bolu dipotong-potong sesuai selera dan disajikan.
  10. Bolu pandan panggang siap dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Resep bolu pandan panggang ini sangat praktis dan bisa dibuat oleh siapa saja. Resep ini sangat mudah untuk dicoba. Selamat mencobanya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya