6 Fakta Menarik Facial Steamer, Setrika Wajah yang Bisa Kecilkan Pori-Pori

Benarkah setrika wajah efektif dalam mengecilkan pori-pori?

oleh Miranti diperbarui 06 Sep 2024, 10:12 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 10:12 WIB
cantik awet muda
Ilustrasi perempuan cantik dan awet muda | copyright freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak menginginkan kulit wajah yang lembut dan bebas dari pori-pori besar? Pori-pori yang terlihat jelas sering menjadi masalah bagi banyak orang, khususnya mereka yang memiliki kulit berminyak. Namun, tahukah Anda bahwa ada metode yang cukup unik dan efektif untuk mengecilkan pori-pori?

Setrika wajah, atau yang dikenal dengan facial steamer, telah menjadi tren kecantikan yang menarik perhatian banyak orang. Alat ini tidak hanya membantu membersihkan kulit secara mendalam, tetapi juga memiliki manfaat mengecilkan pori-pori yang mungkin belum banyak diketahui.

Perawatan wajah dengan setrika ini bisa dipertimbangkan sebagai bagian dari rutinitas skincare Anda. Tidak hanya membantu mengecilkan pori-pori, tetapi juga memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan kulit. Pastikan Anda menggunakan alat yang telah direkomendasikan oleh dokter.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang setrika wajah atau facial steamer sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat(06/09/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Facial Steam Membantu Membersihkan Pori-Pori Secara Mendalam

Wajah Bengkak
Ilustrasi 5 Fakta Menarik Setrika Wajah yang Dapat Mengurangi Ukuran Pori-Pori/Credit: pexels.com/Andrew

Salah satu penyebab utama pori-pori tampak besar adalah karena tersumbat oleh kotoran dan minyak. Setrika wajah bekerja dengan mengeluarkan uap panas yang membuka pori-pori, sehingga kotoran dan minyak yang terperangkap bisa dikeluarkan dengan lebih mudah. Proses ini tidak hanya membersihkan kulit secara mendalam, tetapi juga membuat pori-pori tampak lebih kecil karena tidak ada lagi sumbatan yang memperbesar ukurannya.


2. Meningkatkan Sirkulasi Darah di Wajah

Melembapkan wajah
Ilustrasi 5 Fakta Mengejutkan tentang Setrika Wajah yang Mampu Mengecilkan Pori-Pori/ Credit: unsplash.com/Marine

Uap panas dari setrika wajah tidak hanya membersihkan pori-pori, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah di wajah. Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan kulit karena membantu mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit. Dengan sirkulasi darah yang lebih baik, kulit akan tampak lebih sehat dan pori-pori pun akan terlihat lebih kecil.


3. Membantu Penyerapan Produk Skincare

Menjaga Kesehatan Sel Kulit
Ilustrasi Wajah Sehat Terawat Credit: pexels.com/Tristan

Setelah menggunakan setrika wajah atau facial steam, kulit akan lebih siap untuk menyerap produk skincare yang diaplikasikan. Pori-pori yang bersih dan terbuka memungkinkan serum, pelembap, dan produk perawatan lainnya meresap lebih dalam ke dalam kulit. Ini berarti produk-produk tersebut bisa bekerja lebih efektif, memberikan hasil yang lebih baik dalam mengecilkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit. 


4. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

7 Ritual Malam Hari agar Wajah Glowing saat Bangun Tidur
Ingin wajah glowing saat bangun tidur? lakukan 7 ritual perawatan kulit ini di malah hari. (pexels/ekaterina bolovtsova).

Salah satu penyebab utama pori-pori besar adalah produksi minyak berlebih. Dengan menggunakan setrika wajah secara teratur, bisa membantu mengontrol produksi minyak di kulit. Uap panas membantu menyeimbangkan kadar minyak, sehingga kulit tidak terlalu berminyak dan pori-pori pun tidak terlihat besar.


5. Efek Relaksasi yang Mengurangi Stres

Yang Perlu Diketahui dari Tindakan Laser Picoway
Ilustrasi perawatan kulit wajah. (dok. Andrea Piacquadio/Pexels)

Stres bisa mempengaruhi kesehatan kulit, termasuk membuat pori-pori terlihat lebih besar. Menggunakan setrika wajah tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga memberikan efek relaksasi yang bisa mengurangi stres. Dengan perasaan yang lebih rileks, kulit akan tampak lebih segar dan pori-pori pun akan terlihat lebih kecil.


6. Meningkatkan Produksi Kolagen dna Elastin

Mengangkat Sel Kulit Mati
Ilustrasi Wajah Cerah Terawat Credit: pexels.com/Karolina

Dikutip dari Healthline, perawatan wajah dengan metode facial steam dapat menginisiasi pembentukan kolagen dan elastin. Peningkatan aliran darah yang dialami selama facial steam meningkatkan produksi kolagen dan elastin. Hal ini dapat menghasilkan kulit yang lebih kendang dan muda. 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya