5 Amalan 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan yang Dianjurkan, Lengkap Doanya

Amalan sepuluh hari kedua bulan Ramadhan yang dianjurkan adalah perbanyak sedekah, doa, dzikir, sholat malam, membaca Al-Qur'an, dan menahan lisan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 19 Apr 2022, 04:45 WIB
Diterbitkan 19 Apr 2022, 04:45 WIB
5 Amalan Sepuluh Hari Kedua Bulan Ramadhan yang Dianjurkan, Lengkap Doanya
Ilustrasi puasa, Ramadan, Islami. (Photo by Ahmed Aqtai: https://www.pexels.com/photo/photo-of-ramadan-light-on-top-of-table-2233416/)

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan menjadi bulan yang istimewa bagi umat Muslim. Di antaranya, keistimewaan 10 hari kedua bulan Ramadhan tidak kalah besar dengan 10 hari pertama dan terakhir.  Seperti yang diketahui, bulan Ramadhan memiliki tiga fase Ramadhan.

Keistimewaan 10 hari kedua bulan Ramadhan tak hanya itu saja, masih banyak yang lainnya. Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Abu Hurairah RA,

“Awal bulan Ramadan adalah rahmat, pertengahannya magfirah, dan akhirnya ‘itqun minan nar (pembebasan dari api neraka).”

Makna dari magfirah adalah ampunan yang sebesar-besarnya dari Allah SWT. Maka, 10 hari kedua di bulan Ramadhan merupakan momen di mana pintu ampunan dari Allah SWT dibuka selebar-lebarnya. Untuk mendapatkannya, anda perlu mengerjakan amalan dan doa 10 hari kedua bulan Ramadhan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai amalan 10 hari kedua bulan Ramadhan dan doanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/4/2022).


Amalan 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan

5 Amalan Sepuluh Hari Kedua Bulan Ramadhan yang Dianjurkan, Lengkap Doanya
Ilustrasi Bersedekah.

1. Sedekah lebih banyak

Amalan 10 hari kedua bulan Ramadhan yang pertama adalah memperbanyak sedekah. Bulan Ramadhan dikenal dengan bulan penuh rahmat, termasuk jika kita berbuat baik maka akan dilipatgandakan. Dengan memberi sedekah kepada keluarga, kerabat, ataupun tetangga yang sedang berpuasa maka akan dicatat sebagai pahala seperti orang yang berpuasa. Akan bertambah pahala kalian, jika intensitas dan nominal sedekah yang diberikan juga lebih dari biasanya.

2. Ibadah sunnah diperbanyak

Amalan 10 hari kedua bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah memperbanyak ibadah sunnah. Ibadah sunnah bisa dilakukan untuk mendapat rahmat dari Allah SWT. Ibadah sunnah yang dapat ditingkatkan selama 10 hari kedua bulan Ramadhan adalah sholat dhuha dan sholat tahajud.

3. Baca Al Quran ditingkatkan

Umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan. Kalian bisa membaca Al-Qur’an pada pagi, siang, atau sore hari. Tujuannya adalah agar mendapat ketenangan hati bagi setiap muslim yang membacanya.

4. Menahan lisan

Amalan 10 hari kedua bulan Ramadhan yang berikutnya adalah dapat menahan lisan. Hal ini sering kali luput dan tidak diperhatikan oleh orang-orang. Padahal, menahan lisan dari segala perkara yang tak berfaedah, apalagi haram akan memberikan nilai tambah untuk ibadah puasa Ramadhan kita. Menahan lisan itu termasuk berbohong dan mengumpat. Perlu diketahui bahwa seseorang yang tidak bisa menahan lisannya dapat berpotensi menggugurkan pahala puasa.

5. Dzikir dan doa diperbanyak

Amalan 10 hari kedua bulan Ramadhan yang lainnya adalah perbanyak dzikir dan doa. Dzikir merupakan suatu amalan di mana kita selalu mengingat dan selalu ingin dekat dengan Allah SWT. Dzikir selama puasa bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Bulan Ramadhan bisa dijadikan momentum untuk memperbanyak doa. Berdoa dapat dipanjatkan ketika adzan berkumandang, saat malam lailatul qadar, dan saat sahur.


Doa 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan

5 Amalan Sepuluh Hari Kedua Bulan Ramadhan yang Dianjurkan, Lengkap Doanya
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/pixabay

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan merupakan bukti bahwa manusia bersyukur, sebab tidak semua orang diberi nikmat mendapat umur dan kesempatan untuk menjalankan ibadah Ramadhan di 10 hari kedua. Sebagai rasa syukur, maka banyak-banyaklah berdoa memohon ampun. Inilah doa yang bisa Anda panjatkan tatkala memasuki 10 hari kedua bulan Ramadhan:

Allahummagfirli dzunuubi ya robbal ‘alamiin

Artinya, ya Allah ya Tuhanku, Ampunilah dosa-dosaku wahai Tuhan Pencipta Alam Semesta


Keutamaan 10 Hari Kedua Bulan Ramadhan

5 Amalan Sepuluh Hari Kedua Bulan Ramadhan yang Dianjurkan, Lengkap Doanya
Ilustrasi Berdoa Credit: pexels.com/Abdullah

Berikut ini terdapat beberapa keutamaan 10 hari kedua bulan Ramadhan, antara lain:

1. Mendapatkan Pahala yang Besar

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa" (Q.S Al-Baqoroh:183).

Rasul dan para sahabat serta seluruh umat mukmin di zaman terdahulu, telah menjalankan ibadah Ramadhan. Sebab itu, orang yang menjalankannya juga mendapat pahala besar karena telah mengikuti teladan Rasul yang dicintai oleh Allah.

2. Wujud Istikamah

Mampu menjalankan ibadah di 10 hari kedua, tentu sebuah kenikmatan iman dan hidayah dari Allah sebab tidak semua orang mampu melakukannya. Keutamaan istikamah dalam beribadah di bulan Ramadhan ini memiliki pahala luar biasa.

Apalagi jika orang tersebut mampu menjalankan rangkaian ibadah puasa Ramadhan secara lengkap, ialah wujud bahwa orang tersebut memiliki rasa istikamah. Sebab, ibadah harus dijalankannya semata-mata karena Allah dengan niat untuk akhirat. Pahala istikamah beribadah adalah pahala yang tidak terputus dari Allah.

3. Mencegah Maksiat

"Setiap perintah dalam Al-Qur’an pasti mengandung kebaikan, kemaslahatan, keberuntungan, manfaat, keindahan serta keberkahan. Sedangkan setiap larangan dalam Alquran pasti mengandung kerugian, kebinasaan, kehancuran, keburukan," (disarikan dari Tafsir Ibnu Katsir (1/200).

Jelas bahwa ibadah di 10 hari kedua Ramadhan akan menjadi jalan untuk mencegah maksiat karena banyak berbuat kebaikan.

4. Diberi Kemudahan di Dunia dan Akhirat

Seperti yang tercantum pada ayat ke-184 Surat Al-Baqoroh:

"Pada hari-hari yang tertentu. Barang siapa yang sakit atau safar, maka mengganti di hari lain. Bagi orang yang mampu, maka ia membayar fidyah memberi makan orang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (membayar kelebihan), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Ibadah puasa Ramadhan di 10 hari kedua mudah dijalankan bagi orang yang ikhlas, bagi yang berhalangan boleh mengganti di hari lain dan akan tetap mendapat pahala yang sama seperti ketika Ramadhan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya