Polda Sumsel Dirikan 58 Posko Guna Kelancaran Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) mendirikan sebanyak 58 posko untuk menunjang kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Apr 2023, 11:30 WIB
Diterbitkan 09 Apr 2023, 11:30 WIB
Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) mendirikan sebanyak 58 posko untuk menunjang kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023.
Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) mendirikan sebanyak 58 posko untuk menunjang kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) mendirikan sebanyak 58 posko untuk menunjang kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Menurut Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel Kombes Pol Pratama A, puluhan posko tersebut tersebar di kawasan pusat keramaian dan ruas jalan yang dilewati pemudik di 17 kabupaten dan kota.

Ada pun masing-masing posko berada di jalan dalam kota, jalan perbatasan antarkota/kabupaten, jalan perbatasan antarprovinsi, dan setiap pintu gerbang tol.

"Posko ini berfungsi untuk memberikan perlindungan dan pelayanan pemudik atau bahkan bisa dimanfaatkan mereka beristirahat melepas lelah dan mendapatkan informasi terkait arus mudik," ujar Pratama, melansir Antara, Minggu (9/4/2023).

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil rapat lintas sektoral beberapa waktu lalu, ada sebanyak 3.249 personel gabungan yang akan disebar menempati masing-masing posko mudik Lebaran 2023.

Dari jumlah tersebut, kata Pratama, diketahui Polda Sumsel mengerahkan sebanyak 204 personel, polres 1.709 personel, TNI 292 personel, 289 personel Dinas Perhubungan, Satpol Pamong Praja 290 personel, Dinas Kesehatan 261 personel, dan Petugas Pemadam Kebakaran 204 orang.

"Mereka akan diefektifkan dalam Operasi Ketupat Musi 2023 menyambut puncak arus mudik-balik Lebaran 2023," terang Pratama.

Puncak arus mudik Lebaran 2023 di Sumsel diprediksi terjadi pada 19-20 April 2023. Sedangkan puncak arus balik diprediksi terjadi mulai 26 April hingga 1 Mei 2023.

Dinas Perhubungan Sumsel memprediksi terjadi peningkatan volume kendaraan mencapai 20 persen atau 3.180 unit per hari atau menjadi 19.080 unit selama periode perjalanan mudik tersebut. Sebelumnya, arus mudik tahun 2022 tercatat jumlah kendaraan yang melintas mencapai 15.900 per hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bakal Ada Tambahan Personel

Intip Posko Mudik Di Terminal Tirtonadi Solo
Intip Posko Mudik Di Terminal Tirtonadi Solo (Dewi Divianta/Liputan6.com)

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi mengatakan, bakal ada penambahan beberapa personel untuk melakukan patroli sebagai antisipasi terjadinya aksi kriminal di daerah tersebut.

Bahkan, menurut dia, anggota di lapangan tidak segan-segan bertindak tegas dan terukur jika ada orang yang hendak mengganggu keamanan, termasuk di titik-titik yang dianggap rawan dilakukan patroli rutin.

"Kita berupaya menciptakan keamanan dan kelancaran selama arus mudik bekerja sama dengan seluruh instansi dan masyarakat," tandasn Supriadi.

 


Jelang Lebaran, Polda Sumsel Bagikan Ribuan Sembako ke Masyarakat

Safari Ramadan BUMN 2023, SIG Salurkan 1.000 Paket Sembako Murah
Warga antre untuk mendapatkan sembako murah pada kegiatan Safari Ramadan BUMN 2023 di Kantor Kecamatan Pamulang, Tangerang Selatan, Banten (06/04/2023). (Liputan6.com/HO)

Sebelumnya, Polda Sumsel dan Polres jajaran membagikan tiga ribu lima ratus paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

Paket sembako tersebut didistribusikan langsung oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo di halaman Apel Mapolda Sumsel.

Disebutkan, paket sembako yang disebut bantuan kemanusiaan ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Tidak hanya dilaksanakan oleh Polda Sumsel, namun juga jajaran Polres hingga Polsek jajaran.

"Seperti kita tahu ada beberapa bahan pokok yang naik harganya, menjelang lebaran minyak goreng dan sebagainya. Maka di bulan yang baik ini sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat Bapak Kapolri menginstruksikan agar semua Polda sampai ke Polsek jajaran mendekat ke masyarakat serta, merasakan apa yang dapat dibantu buat masyarakat," kata Kabid Humas Kombes Pol Supriadi, dalam keterangan yang diterima, Kamis 6 April 2023.

 


Paket Bantuan Sembako yang Diberikan

Ramadan Penuh Berkah, BRI Group Berbagi Sembako hingga Mudik Gratis 
BRI Group menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial serta pemberdayaan masyarakat di bulan Ramadan yang penuh berkah ini.

Paket bantuan tersebut disalurkan oleh tim Bhabinkamtibmas jajaran, Direktorat Samapta, Direktorat Lalu Lintas, Biro Logistik, Sat Brimob dan beberapa satuan kerja lainnya.

"Semoga yang kita niatkan, yang kita kerjakan berpulang kepada kita semua. Berwujud pemberat timbangan amal bagi kita semua, di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini," jelas Supriadi.

Dia juga meminta, penyaluran paket bantuan ini hendaknya dilakukan dengan baik dan tepat sasaran.

"Saya berpesan ini harus disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya. Betul-betul tepat sasaran dan disalurkan dengan baik," kata Supriadi.

Menurut Supriadi, sasaran pendistribusikan paket sembako kali ini adalah di wilayah hukum Polrestabes Palembang, Polres Ogan Ilir, Polres Ogan Komering Ilir, Polres Banyuasin dan Polres Prabumulih.

Selain masyarakat umum area yang menerima Bansos Polda Sumsel juga diberikan kepada perwakilan ojol, buruh Dlhk Palembang, OKP Cipayung yang terdiri dari Badko, GMKI, IMM, Kammi, PMII, Senin, IPNU, HM Palembang, GMNI, IMD serta perwakilan BEM UIN, IBA, SJAHKIRTI serta yang lainnya.

Infografis Ragam Tanggapan Prediksi 123 Juta Orang Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Prediksi 123 Juta Orang Mudik Lebaran 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya