6 Aplikasi Islami untuk Membantu Anda Mempersiapkan Ramadan

Berikut aplikasi Islami yang dapat membantu Anda mempersiapkan Ramadan

oleh Sulung Lahitani diperbarui 09 Mar 2024, 05:03 WIB
Diterbitkan 09 Mar 2024, 05:03 WIB
6 Aplikasi Islami untuk Membantu Anda Mempersiapkan Ramadan
6 Aplikasi Islami untuk Membantu Anda Mempersiapkan Ramadan/Photo by Oleg Magni on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Hanya dalam hitungan hari, kita kembali berjumpa dengan bulan Ramadan. Meskipun Ramadan merupakan waktu yang menyenangkan untuk berpuasa, berkumpul dengan keluarga saat berbuka puasa dan shalat tarawih, namun juga harus menjadi waktu untuk refleksi diri dan akuntabilitas diri yang lebih dalam. 

Cara terbaik untuk memanfaatkan kesempatan yang diberkati ini adalah dengan mempersiapkannya terlebih dahulu. Diketahui bahwa para sahabat Nabi Muhammad SAW mulai mempersiapkan Ramadan enam bulan sebelumnya. 

Titik awalnya adalah menganalisis bagaimana kita saat ini menggunakan waktu kita, terutama yang berkaitan dengan waktu menatap layar, dan berupaya memperbaikinya sebelum tibanya Ramadan, karena kebiasaan baru tidak dapat dibangun dalam satu hari.

Berikut enam aplikasi yang dapat bermanfaat dalam membina hubungan Anda dengan Allah.

1. Dhikr & Dua

Aplikasi ini memiliki berbagai kategori doa dan zikir, termasuk doa dari Alquran dan Sunnah untuk tindakan sehari-hari, serta untuk setiap emosi yang kita alami.

Setiap doa dan dzikir disajikan dalam bahasa Arab, dan disertai dengan transliterasi untuk membantu menyempurnakan pengucapan kita dan terjemahan untuk membantu pemahaman kita terhadap apa yang kita baca. 

Selain itu, sebagian besar dzikir dan doa juga menyertakan bagian yang menyoroti keutamaan dan pahala yang kita peroleh dengan membacanya, serta hadis yang menguraikan asal-usulnya.

2. Qariah – Aplikasi untuk pembaca Alquran wanita

Aplikasi baru yang menyegarkan ini memiliki katalog besar pembaca Alquran wanita dari seluruh dunia. Apakah Anda memiliki pembaca atau surah tertentu yang ingin Anda dengarkan, Qariah memiliki semuanya. Anda dapat menyimpan qari favorit Anda dengan mengetuk hati pada namanya, dan merujuk ke halaman “favorit” untuk akses mudah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Tarteel: Al-Qur'an A.I

Ilustrasi Ponsel
Ponsel menjad salah satu barang yang menyimpan banyak bakteri. (Foto: Unsplash)

Jika Anda sedang dalam perjalanan menghafal Alquran (hifdh), maka Tarteel adalah aplikasi untuk Anda. Sebagai siswa hifdh mungkin sulit untuk mempraktikkan Alquran Anda sebelum membacakannya kepada guru, tetapi dengan teknologi AI Tarteel Anda dapat mempraktikkan pelajaran Anda dan melihat kemajuan Anda saat Anda membaca!

Versi premium menggunakan fitur mikrofon untuk menyoroti kesalahan Anda, namun versi gratis hanya mengikuti bacaan Anda yang sangat bagus untuk merevisi bagian yang hampir siap.

4. iQur'an

Aplikasi Alquran sederhana dan bebas iklan ini sangat cocok untuk bacaan saat bepergian. Dengan format yang jelas dan pembaca serta bahasa terjemahan yang beragam, iQur'an adalah pilihan baru Anda untuk belajar dan mengaji Alquran dengan makna yang jelas menyertai setiap ayatnya.

Aplikasi ini memiliki sistem pencarian lanjutan di mana Anda dapat mencari ayat-ayat yang Anda perlukan dengan mengetikkan frasa kunci atau nomor atau bahkan transliterasi untuk ayat-ayat yang Anda dengar sambil lalu tetapi tidak dapat menemukan tempatnya.

iQur'an adalah teman yang sempurna untuk membantu Anda terus membaca dan merenungkan Al-Qur'an di bulan Ramadan.


5. Pillars Prayer App

Main ponsel
Ilustrasi main ponsel (Sumber: Pixabay)

Aplikasi ini membantu Anda untuk tepat waktu dalam melaksanakan salat melalui notifikasi rutin pada waktu shalat. Ini juga mencakup pelacak doa yang dapat Anda tandai setiap kali Anda selesai shalat.

Aplikasi shalat yang dibuat oleh muslim untuk muslim ini memiliki serangkaian fitur yang lengkap, termasuk kemampuan untuk menjeda pelacak salat saat Anda sedang menstruasi.

Pengaturannya memungkinkan penyesuaian yang mudah agar sesuai dengan preferensi waktu ashar Anda tergantung pada aliran pemikiran yang Anda ikuti. Pencari kiblat juga memungkinkan Anda memastikan Anda menghadap Ka'bah terutama ketika Anda harus salat saat bepergian, tanpa ada masjid di dekatnya.

6. Al-Qur'an

Jika Anda ingin memperdalam pemahaman Alquran, alternatif selain iQur'an adalah aplikasi Alquran yang memiliki variasi terjemahan lebih luas dalam banyak bahasa dan memiliki dua pilihan tafsir: Ibnu Katsir dan Jalalain.

Penjelasan komprehensif tentang ayat-ayat Alquran ini tentunya akan meningkatkan kecintaan Anda terhadap Alquran dan memberikan gambaran sekilas tentang hikmah tak terhingga di balik wahyu-wahyu tersebut.

Ramadan juga dikenal sebagai Bulan Alquran, dan cara apa yang lebih baik untuk mempersiapkannya selain memperluas pengetahuan kita tentang wahyu yang ajaib ini?

Infografis tradisi bersih-bersih diri sambut Ramadan
Infografis Sejumlah daerah memiliki tradisi 'bersih-bersih diri' dengan cara mandi menyambut Ramadan (dok. Liputan6.com/Tri Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya