Menakjubkan, 2 Buah yang Disebut dalam Al-Qur’an Ini Ternyata Mampu Turunkan Kolesterol

Buah ini manfaatnya mampu menurunkan kolesterol. Tak hanya itu, rupanya buah ini cukup istimewa sebab termaktib dalam Al-Qur'an.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Agu 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 14:30 WIB
Kadar HDL Normal yang Disarankan dalam Tubuh
Ilustrasi hasil tes kolesterol (foto: Freepik/rawpixel.com)

Liputan6.com, Cilacap - Kolesterol adalah lemak yang diproduksi secara alami oleh organ tubuh yang bernama hati. Kolesterol memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh untuk membentuk sel-sel yang sehat, memproduksi sejumlah hormon dan vitamin D.

Akan tetapi jika kadarnya berlebihan atau melebihi batas normal, tentu saja kolesterol akan menumpuk dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Akibat dari hal ini, jika kelebihan kolesterol tidak segera ditangani dengan tepat, maka akan menimbulkan penyakit yang berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Selain tindakan medis, banyak cara untuk menurunkan kolesterol secara alami, salah satunya mengkonsumsi buah-buahan. Di antara buah yang dapat menurunkan kolesterol juga ternyata disebutkan dalam Al-Qur’an.

Lantas buah apa yang dimaksud yang dapat menurunkan kolesterol yang namanya termaktub dalam Al-Qur’an? Simak ulasannya di bawah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Buah Zaitun

Buah zaitun
Buah zaitun mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. (Foto: Freepik/Racool_studio)

Menukil CNBC Indonesia zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur'an. Hal ini menunjukkan betapa penting buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam. Buah zaitun tidak hanya memiliki nilai gizi, obat dan kosmetik; tapi juga memenuhi fungsi agama sebagai tanda kebesaran Allah SWT.

Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

Zaitun juga memiliki asam lemak esensial yang bagus untuk fungsi jantung dan otak, serta polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Bahkan banyak orang memilih minyak dari buah zaitun sebagai pilihan minyak yang lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit.

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sekitar 75%. Saat menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat. Manfaat kesehatan dari minyak zaitun juga dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.


Buah Tin atau Buah Ara

Buah tin
Buah tin (sumber: Pixabay)

Al-Qur'an punya satu bab bernama Surah At-Tin yang berarti buah tin. Bahkan, Allah bersumpah atas nama buah tin dan juga buah zaitun.

Referensi buah tin dalam ayat Al-Qur'an berbicara tentang manfaat obat dari buah tersebut. Dalam tradisi Islam, apapun yang namanya digunakan untuk bersumpah oleh Allah memiliki keagungan atau kepentingan yang melekat padanya.

Buah tin atau buah ara memiliki kandungan pektin, serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut menghilangkan kadar trigliserida berlebih dan membantu menghilangkan trigliserida. Selain itu, buah ara kering mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6, fitosterol yang bersifat kardioprotektif dan membantu meningkatkan kesehatan otak.

Buah ara yang dalam bahasa Inggris disebut fig juga mengandung magnesium, mineral dalam tubuh yang berperan penting dalam kesehatan tulang dan keseimbangan energi.

 Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya