Ibu Pekerja Jangan Salah Pilih Pompa ASI

Ibu yang bekerja dan tidak bisa berada dekat dengan si kecil kerap kali menggunakan pompa ASI sebagai alat bantu untuk tetap memberikan ASI untuk sang buah hati.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Sep 2023, 12:40 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2023, 12:39 WIB
Pompa Asi
Pompa Asi

Liputan6.com, Jakarta - Pompa ASI menjadi salah satu perlengkapan menyusui yang penting untuk dimiliki ibu agar proses menyusui tetap lancar, terlebih bagi ibu yang bekerja atau sering bepergian.

Mengingat di Indonesia pada  2022 lalu, jumlah perempuan pekerja pada 2022 mencapai 52,74 juta pekerja di Indonesia. Jumlah pekerja perempuan itu setara dengan 38,98% dari total pekerja yang ada di Indonesia, menurut data dari Data Badan Pusat Statistik (BPS).

Ibu yang bekerja dan tidak bisa berada dekat dengan si kecil kerap kali menggunakan pompa ASI sebagai alat bantu untuk tetap memberikan ASI untuk sang buah hati.

Tidak hanya itu, pompa ASI juga dapat membantu ibu dalam kondisi khusus, seperti memiliki kendala medis dan hal lain yang membuatnya tidak dapat menyusui si kecil secara langsung.

Jarak waktu pompa ASI yang baik untuk memompa ASI yaitu 2 sampai 3 jam sekali. Ibu setidaknya perlu memompa 8-12 kali dalam 24 jam termasuk di tengah malam, menurut American Pregnancy Association.

Di samping itu, pompa ASI juga perlu disterilkan dengan membongkar alat-alat pompa satu persatu dan mencucinya setiap kali akan digunakan dengan sabun dan air panas.

Dalam memompa ASI seorang ibu harus konsisten supaya payudara tidak bengkak. Selain itu, apabila terlalu sering melewati waktu memompa ASI dapat mengurangi produksi ASI.

Di pasaran, terdapat dua jenis pompa ASI yakni manual dan elektrik yang dijual dengan berbagai merek. Kedua jenis pompa ini sebenarnya sama-sama menjadi alat untuk mempermudah proses memerah ASI. Namun, setiap alat memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Salah satu rekomendasi produk pompa ASI terbaik pilihan ibu Indonesia adalah pompa ASI dari Spectra.

Spectra merupakan brand dari Korea Selatan dibawah naungan PT Aneka Sukses Semesta yang mengusung produk utama pompa ASI Elektrik. Tidak hanya di Indonesia, Spectra turut hadir di beberapa negara lainnya seperti Amerika, Australia, Korea Selatan dan lain-lain.

“Brand Spectra senantiasa mendukung pemberian ASI eksklusif selama 2 tahun untuk ibu menyusui dengan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam proses menyusui,” kata Nisrina Nuraini Putri selaku Creative Digital Marketing Manager.

Mengutamakan kualitasnya, Spectra telah memperoleh manajemen kualitas perangkat medis sistem (ISO 13485), manufaktur perangkat medis dan sertifikat kepatuhan standar pengendalian mutu (GMP), dan Sertifikasi CE dan FDA, dengan teknologi terbaik agar hisapan pompa ASI dapat membantu Ibu untuk menghasilkan ASI lebih banyak dengan pengosongan payudara (PD) yang maksimal, sesuai dengan konsep supply by demand.” Sambung Nisrina. Selain itu, Spectra juga kerap kali menerima penghargaan dari Mother and Baby Choice Award di tahun 2018, 2019, 2020, dan 2021 dan Baby Awards 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya