5 Hal yang Terjadi Ketika Anda Memiliki Tangan Kidal

Anda memiliki tangan kidal? Simak artikel ini.

oleh Annissa Wulan diperbarui 14 Sep 2016, 13:30 WIB
Diterbitkan 14 Sep 2016, 13:30 WIB
5 Hal yang Terjadi Ketika Anda Memiliki Tangan Kidal
Anda memiliki tangan kidal? Simak artikel ini.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang tahu bahwa memiliki tangan yang kidal bukanlah suatu hal yang mudah. Kidal adalah kondisi di mana Anda lebih banyak menggunakan tangan kiri untuk melakukan sesuatu daripada tangan kanan, seperti menulis.

Namun, ternyata bukan itu saja yang terjadi ketika Anda memiliki tangan kidal. Dilansir dari purewow.com, Rabu (14/9/2016), berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin terjadi ketika Anda memiliki tangan yang kidal.

1. Anda mungkin melihat suatu hal dengan berbeda secara visual
Ketika kebanyakan orang percaya bahwa kanan sebagai arah yang baik, Anda secara implisit berpikir sebaliknya. Anda berpikir bahwa kiri selalu lebih baik daripada kanan.
Hal ini juga dapat berdampak pada segala sesuatu lainnya, seperti bagaimana Anda melihat seorang politisi atau karya di sebuah galeri seni.

2. Anda mungkin lebih banyak mengalami emosi negatif
Sebuah studi yang dilakukan di Skotlandia pada tahun 2007 mengatakan bahwa orang kidal lebih mungkin menunjukkan gangguan stres atau trauma paska menonton video atau film horor.
Selain itu, orang kidal lebih mungkin untuk menampilkan gerakan otak yang tidak biasa dan mempengaruhi cara memproses rasa takut dan marah.

3. Anda mungkin mengalami lebih banyak gangguan tidur
Hal ini disebut sebagai Periodic Limb Movement Disorder (PLMD). Gangguan ini menyebabkan seseorang menggerakan tangan dan kakinya selagi tidur.
Pengobatan yang dilakukan hanya untuk mengurangi gejala kambuh, karena gangguan ini tidak dapat disembuhkan.

4. Anda cenderung mengalami arthritis dan penyakit lambung
Tenang saja, ini bukan berita buruk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Laterality, ada bukti kuat bahwa orang kidal memiliki tingkat pertahanan yang rendah terhadap arthritis dan penyakit lambung.

5. Namun, tampaknya Anda lebih atletis
Jika Anda perhatikan, lebih banyak atlet kidal daripada mereka yang menggunakan tangan kanan.
Ternyata gerakan dalam olahraga dapat lebih mudah diadaptasi oleh tangan kiri daripada tangan kanan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya