Tamu Sepi Akibat Pandemi Corona, Hotel-Hotel Banting Setir Buka Layanan Pesan Antar

Dampak pandemi corona membuat para pelaku bisnis perhotelan mencoba peluang baru untuk tetap mendapatkan pemasukan.

oleh Henry diperbarui 01 Jul 2021, 11:29 WIB
Diterbitkan 03 Apr 2020, 21:02 WIB
Strategi Hotel untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona Covid-19
Strategi Hotel untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona Covid-19. (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19  yang menyebar luas di banyak negara, termasuk Indonesia, membuat industri perhotelan terpukul. Banyak pebisnis dan jaringan hotel yang menutup usahanya untuk sementara waktu.

Kabarnya, ratusan hotel di Indonesia tutup untuk sementara, terutama karena sepinya tamu dan imbauan untuk melakukan social distancing, isolasi mandiri dan work from home (WFH).

Meski begitu, sejumlah hotel masih tetap beroperasi meski tamu tak sebanyak biasanya. Hampir semua hotel yang masih buka menawarkan potongan harga dari yang besar sampai yang kecil. Tapi itu saja tentu tak cukup, karena pilihan sebagian besar masyarakat saat ini adalah tinggal di rumah masing-masing.

Situasi itu membuat para pelaku bisnis perhotelan putar otak demi tetap mendapatkan pemasukan. Mereka berusaha mendukung anjuran pemerintah untuk menjalani social distancing dan WFH, namun tetap dapat duit.

Salah satunya adalah Waringin Hospitality Hotel Group. Mereka menyediakan layanan antar makanan untuk masyarakat umum tanpa harus keluar rumah dan dengan harga yang terjangkau.

Beberapa hotel di bawah jaringan Waringin Hospitality yang mempunyai layanan ini yaitu Luminor Hotel Jemursari Surabaya, Luminor Hotel Sidoarjo, Luminor Hotel Purwokerto, dan Hotel 88 ITC Fatmawati Jakarta.

Dalam keterangan tertulis, Jumat, 3 April 2020, mereka menyediakan layanan pesan antar makanan setiap hari dari pukul 10.00 – 20.00. Untuk Anda yang berada di Kota Sidoarjo, Luminor Hotel Sidoarjo mempunyai paket “Catering di Rumah Aja” cocok untuk menu makan keluarga di rumah.

Selain menu catering, Anda juga bisa memilih menu satuan #dirumahaja yang cukup beragam. Harga menu #dirumahaja di hotel ini mulai dari Rp15 ribu – Rp40 ribu. Semua menu gratis pengantaran maksimal 5 km dengan minimal pembelian Rp100 ribu.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Beragam Paket Mulai dari Rp20 Ribu

Strategi Hotel untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona Covid-19
Strategi Hotel untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona Covid-19. (dok.Instagram @hotelmulia/https://www.instagram.com/p/B-GUSZHnX_T/Henry)

Untuk di wilayah Jakarta, Hotel 88 ITC Fatmawati juga mempunyai paket makanan yang telah disiapkan untuk Anda yang sedang WFH. Ada Paket Bento serba Rp25 ribu, Paket Rice Bowl Rp20 ribu, Paket Pasta Rp25 ribu. Semua menu ini gratis ongkos kirim dalam radius 2 km, dan minimal pembelian 2 porsi.

"Kami selalu mengutamakan kualitas rasa dan kebersihan makanan untuk semua tamu, termasuk layanan antar melalui aplikasi online sekalipun. Makanan akan dikemas dalam bowl food-grade berkualitas baik dan di tutup rapat supaya menjaga kebersihan makanan sampai bisa dinikmati oleh konsumen dengan aman dan higienis," terang Metty Yan Harahap selaku Corporate DOM Waringin Hospitality.

Usaha serupa juga dilakukan beberapa hotel bintang lima di Jakarta, seperti Grand Hyatt dan Hotel Mulia. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Grand Hyatt menyediakan jasa pesan antar makanan ke rumah atau kantor yang bisa dipesan melalui telepon atau WA.

Layanan dari hotel yang berlokasi di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat ini dimulai dari pukul 11.00 sampai 21.00 WIB. Begitu juga dengan layanan di Hotel Mulia di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Mereka menyediakan berbagai menu makanan dan beberapa restoran di hotel tersebut. Seperti halnya di Grand Hyatt, layanan ini dibuka dari pukul 11.00 sampai 21.00 WIB.

Pemesanan makanan juga jadi andalan Hotel Balairung di Matraman, Jakarta Timur. Bedanya, mereka tak hanya melayani pesan antar makanan tapi juga menyediakan layanan drive thru di hotel mereka.


Jasa Laundry

Strategi Hotel untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona Covid-19
Strategi Hotel untuk Bertahan di Tengah Pandemi Corona Covid-19. foto: dok. Waringin Hospitality Hotel Group

Seperti layanan drive thru lainnya, para pemilik kendaraan bermotor bisa memesan makanan dan minuman di depan hotel, lalu mereka menunggu sebentar dengan berjalan memutar di area hotel.

Pesanan mereka kemudian dapat diambil di pintu keluar hotel. Layanan ini sudah dimulai sejak bulan lalu dan masih berjalan sampai saat ini.

Sementara, Hotel Indonesia Group atau Hotel Indonesia Natour (HIN)yang berada di beberapa daerah di Indonesia seperti Surabaya dan Bali juga menawarkan layanan yang hampir sama. Tapi tak hanya makanan, mereka juga menyediakan layanan laundry untuk umum.

Dalam keterangan tertulis pada Kamis, 2 April 2020, HIN menawarkan berbagai layanan pemesanan makanan dari coffee shop hotel-hotel mereka yang siap diantar ke rumah-rumah. Layanan #AndaDirumahSaja ini juga berlaku untuk jasa laundry hotel yang dapat diantar ke rumah.

Pandemi corona Covid-19 yang masih belum mereda membuat sejumlah usaha termasuk perhotelan merasakan dampak yang sangat besar. Hotel-hotel yang masih beroperasi berusaha sekuat daya dengan memanfaatkan apa yang mereka miliki untuk tetap mendapatkan penghasilan.


Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya