Mengungkap Manfaat Diet Okinawa yang Bisa Jadi Inspirasi

Diet Okinawa bisa jadi inspirasi bagi yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

oleh Komarudin diperbarui 27 Jan 2021, 06:30 WIB
Diterbitkan 27 Jan 2021, 06:30 WIB
Ilustrasi diet Okinawa
Ilustrasi diet Okinawa (dok.unsplash/Dan Gold)

Liputan6.com, Jakarta - Kalau Anda ke Jepang di Pasifik Selatan, Anda akan menemukan komunitas penghuni pulau yang secara konsisten hidup selama lebih dari 100 tahun. Umur panjang yang mencengangkan dari orang Okinawa telah mendorong penelitian ilmiah yang ekstensif tentang kebiasaan tertentu yang dapat menyebabkan  mereka panjang umur dan sehat. 

Alih-alih menemukan sumber awet muda, para peneliti ternyata menemukan diet Okinawa yang unik. Selain itu, jejaring sosial yang kuat telah membantu para centenarian ini memperlambat proses penuaan.

Meskipun Anda tinggal di belahan dunia lain, gaya makan yang serupa bisa menjadi inspirasi untuk membantu meningkatkan kesehatan. Apa itu diet Okinawa?

"Makanan tradisional Okinawa sangat kaya akan hasil bumi, membuatnya melimpah akan fitonutrien dan antioksidan, yang kemungkinan merupakan alasan untuk manfaat kesehatan dan sifat anti-penuaan yang terkait," kata Stefani Sassos, MS, RDN., ahli diet terdaftar, dikutip dari Good Housekeeping, Selasa, 26 Januari 2021.

"Diet Okinawa membatasi daging, biji-bijian olahan, lemak jenuh, gula, garam, dan produk susu berlemak penuh, yang cenderung memiliki lebih banyak sifat peradangan," imbuhnya.

Sebagian besar makanan Okinawa terdiri dari sayuran hijau dan kuning, sayuran akar, makanan berbahan dasar kedelai, dan jamur. Orang Okinawa makan ikan, daging, produk susu, dan biji-bijian seperti nasi dalam jumlah yang jauh lebih kecil.

Beberapa contoh makanan yang umum untuk diet Okinawa meliputi, sayuran seperti ubi jalar oranye, ubi ungu, rumput laut, rebung, lobak, pare, kol, wortel, labu, pepaya, dan jamur. Makanan berbahan dasar kedelai, yaitu tahu, miso, natto (kedelai fermentasi), dan edamame.

Sementara itu, untuk biji-bijian, yaitu millet, gandum, beras, dan mi. Untuk daging dan makanan laut meliputi, ikan, makanan laut. Makanan biasanya tidak mencakup daging sapi, daging olahan, telur, keju, susu, dan karbohidrat olahan, seperti makanan manis dan makanan ringan.

"Meskipun diet Okinawa rendah karbohidrat olahan, itu tidak berarti diet itu rendah karbohidrat," kata Sassos. "Faktanya, orang Okinawa dikenal dengan asupan karbohidrat mentah yang tinggi seperti sayuran akar dan sayuran kuning kehijauan, makanan pokok mereka adalah ubi jalar," tambah Sassos.

Sassos mengatakan, orang Okinawa akan berhenti makan jika mereka sudah 80 persen kenyang. Hal itu dilakukan agar berperan dalam manajemen berat badan dan melawan obesitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Rendah Kadar Lemak Jenuh

Ilustrasi diet Mediterania
Ilustrasi diet Mediterania (Dok.Unsplash)

Salah satu alasan orang Okinawa menjaga kesehatan adalah karena pola makan mereka. Para peneliti berteori bahwa rendahnya kadar lemak jenuh, asupan antioksidan tinggi, dan beban glikemik rendah memengaruhi berbagai mekanisme biologis, seperti mengurangi stres oksidatif.

Orang Okinawa juga membentuk jejaring sosial unik pada usia lima tahun yang disebut moai. Satu moai yang dipelajari telah bertemu setiap hari selama 97 tahun. Jika salah satu anggota tidak muncul, empat lainnya akan berjalan melintasi desa untuk memeriksa teman mereka.

Selain membentuk persahabatan yang kuat ini, orang Okinawa menghargai keluarga dan komunitas kepercayaan mereka. Mereka juga bergerak secara alami sepanjang hari, menjadi aktif hanya dengan memasak, melakukan pekerjaan rumah, dan berjalan kaki.

"Anda pasti bisa menurunkan berat badan dengan pola makan seperti ini, terutama dengan menghilangkan konsumsi makanan berkalori tinggi seperti permen dan makanan olahan serta mengikuti konsep hara hachi bu," kata Sassos.

Namun, diet Okinawa tidak dirancang khusus untuk menurunkan berat badan. Kata Sassos, karena itu, kita dapat belajar banyak dari prinsip-prinsip tertentu dari diet Okinawa.

"Menekankan lebih banyak makanan utuh, hasil bumi, dan piring nabati dapat memiliki banyak manfaat kesehatan. Membatasi makanan olahan olahan dan item yang sangat bergula, serta makan dalam jumlah sedang, semua adalah strategi penting untuk dimasukkan ke dalam gaya hidup Anda."


5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya