Top 3 Berita Hari Ini: Alasan Indonesia Disebut Negara Paling Santai di Dunia

Top 3 Berita Hari Ini tentang alasan Indonesia disebut negara paling santai di dunia, aturan makan di masa PPKM Level 3 di Jabodetabek, dan enam fakta Bangli.

oleh Komarudin diperbarui 31 Agu 2021, 23:02 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2021, 23:02 WIB
Indonesia
Dalam sebuah studi disebutkan Indonesia disebut sebagai negara paling santai di dunia (dok.unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang alasan Indonesia disebut negara paling santai di dunia. Alasan santai dimaksudkan bukan malas, tapi mengacu pada kenyamanan wisatawan untuk berkunjung ke tanah air.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Lastminute.com, agen perjalanan dan rekreasi online itu, mengungkapkan bahwa Indonesia berada di posisi puncak. Banyak alasan mengapa Indonesia disebut sebagai negara yang nyaman untuk wisatawan karena Indonesia mempunya lebih dari 186 ruang terbuka hijau, rata-rata 30 hari libur per tahun, 66 spa di setiap daerah.

Di masa pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Untuk masa PPKM, pemerintah menetapkan Jabodetabek berada dalam PPKM Level 3 hingga 6 September 2021.

Untuk itu, pemerintah mengatur berbagai hal, termasuk tempat makan. Warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya diizinkan buka hingga pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 50 persen dari total kapasitas.

Masih dari Indonesia, artikel lain yang juga mendapat perhatian pembaca tentang enam fakta menarik tentang Bangli. Dari banyak fakta, salah satunya adalah Gunung Batur.

Gunung yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli itu ditetapkan UNESCO sebagai bagian dari Taman Bumi Global Geopark Network (GGN) pada 2012. Alasannya karena alamnya indah, jejak arkeologi dan geologi, dan budaya masyarakat yang khas.

Simak bahasan selengkapnya dari ketiga berita Top 3 Berita Hari Ini lewat rangkuman berikut ini.

Alasan Indonesia Disebut Negara Paling Santai di Dunia

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ilustrasi tebing Uluwatu, Bali.
Ilustrasi tebing Uluwatu, Bali. (dok. Rohitink/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Sebuah studi baru-baru ini menempatkan Indonesia menjadi negara paling santai di dunia oleh LastMinute.com, agen perjalanan dan rekreasi online yang berbasis di London, Inggris. Dalam penelitiannya berjudul Most Chilled Out Countries in The World atau Negara-negara Paling Santai di Dunia.

Santai dalam penelitian tersebut, bukan merujuk pada malas. Namun, lebih pada kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Selanjutnya...

Aturan Makan di Tempat Terbaru di Wilayah dengan PPKM Level 3, Termasuk Jabodetabek

Ilustrasi Restoran
Ilustrasi Restoran (Dok.Unsplash)

Pemerintah menetapkan wilayah Jabodetabek tetap berada di PPKM level 3 hingga 6 September 2021. Hal itu sesuai pengumuman yang dibacakan Presiden Joko Widodo pada Senin, 30 Agustus 2021.

Seiring dengan penetapan itu, pemerintah juga mengeluarkan Instruksi Mendagri Nomor 38 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali. Di dalamnya mengatur berbagai hal, termasuk operasional tempat makan, pusat perbelanjaan, dan sarana olahraga.

Selanjutnya...

6 Fakta Menarik Kabupaten Bangli, Satu-satunya Wilayah yang Tak Berpantai di Bali

6 Fakta Menarik Kabupaten Bangli, Satu-satunya Wilayah yang Tak Memiliki Pantai di Bali
Potret keindahan Desa Wisata Penglipuran di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. (dok. disparda.baliprov.go.id)

Kabupaten Bangli berada di tengah-tengah Provinsi Bali, sehingga wilayah ini menjadi satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki laut ataupun pantai. Kabupaten Bangli berbatasan dengan Kabupaten Buleleng di sebelah utara, Kabupaten Karangasem di sebelah timur, Kabupaten Klungkung di sebelah selatan, serta Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Badung di sebelah barat.

Luas wilayah kabupaten ini mencapai 520,81 kilometer persegi atau hanya 9,25 persen saja dari luas wilayah Provinsi Bali. Kabupaten Bangli terbagi ke dalam empat kecamatan, yaitu Susut, Bangli, Tembuku, dan Kintamani, yang didiami oleh 258.721 jiwa pada 2020. Sebagian besar wilayah Bangli berupa dataran tinggi.

Selanjutnya...


Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya