Pemilik Butik Mewah Ditipu Rp24,2 Miliar oleh Sosialita Palsu hingga Nyaris Kehilangan Rumah

Sebelum ditipu, pemilik butik mewah itu selama beberapa tahun berteman dengan sosialita palsu tersebut hingga memercayai klaimnya soal memiliki dana amanah yang besar.

oleh Dyra Daniera diperbarui 19 Jun 2023, 03:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2023, 03:00 WIB
Pandora Dress Agency
Pandora Dress Agency, butik baju desainer bekas di Inggris. (Dok. Twitter/@bimbleapp)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik butik baju desainer bekas, Pandora Dress Agency di London, Inggris, Bridget Hutchcroft, mengalami penipuan uang oleh seorang 'pewaris' yang tampak kaya dan elit dengan jumlah fantastis sebesar £1,3 juta (Rp24,2 miliar). Butik mewahnya selama beberapa dekade memiliki pelanggan papan atas, seperti Putri Diana, Catherine Zeta-Jones, dan Ava Gardner. 

Dikutip dari Daily Mail pada Senin, 12 Juni 2023, Bridget, (63) menceritakan ihwal penipuan yang dialaminya. Ekaterina Eliazarovna Svetikova Barrett (67) yang berteman dengannya telah meyakinkannya bahwa dia sangat membutuhkan pinjaman uang untuk melewati proses perceraian yang mahal.

"Ekaterina tidak pernah sepenuhnya menjelaskan dari mana uangnya berasal, tetapi setelah mengunjungi apartemennya di Monako, saya percaya bahwa dia memiliki dana amanah yang besar seperti yang dia ceritakan kepada saya," kata Hutchcroft. 

Kabar terbaru, Ekaterina Barrett terlihat menyusuri jalanan Monako yang dikelilingi pohon palem minggu lalu, menurut laporan Daily Mail. Dia terlihat seperti seorang jutawan dengan mengenakan pakaian denim Chanel ungu senilai 5.000 pound sterling dan sepatu Dior bersama beberapa anjing Greyhound Italia di sekelilingnya.

Wanita yang lahir di Uni Soviet namun kini berpaspor Inggris, mengklaim sebagai seorang jutawan dengan dana amanah atau trust fund di Liechtenstein. Namun, pengadilan memvonisnya bersalah dalam kasus penipuan. Pada Oktober 2022 lalu, seorang hakim Pengadilan Tinggi di London memerintahkannya untuk membayar £1,65 juta setelah dia gagal membayar penyelesaian dalam sengketa atas gagal bayar yang dilakukannya terkait beberapa pinjaman yang diambil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awal Pertemanan Berujung Penipuan

Ekaterina Eliazarovna Svetikova Barrett
Ekaterina Barrett Pernah Terlibat Aksi Kriminal di Vienna. (Dok. Daily Mail)

Daily Mail akhirnya berhasil melacak wanita yang sulit ditemukan ini ke apartemen Monte Carlo senilai £19,2 juta dengan teras yang menawarkan pemandangan Laut Tengah. Beberapa orang yang mengenal Barrett menggambarkannya secara berbeda dengan sosok kriminal yang kita ketahui saat ini.

Bridget Hutchcroft, yang mengaku sebagai teman Barrett sebelum akhirnya meminjamkan uang dalam jumlah besar yang saat ini belum dikembalikan, mengatakan, "Ekaterina bukanlah seperti yang dia tunjukkan. Dia meyakinkan saya bahwa dia sangat kaya. Dia adalah orang yang ramah dan meyakinkan, dan saya benar-benar terkecoh."

Kisah penipuan ini dimulai di Pandora Dress Agency di Knightsbridge, tempat Bridget, pemiliknya, menjual dan membeli baju busana bekas dari pelanggan kaya. Di sinilah, pada suatu hari di Juli 2017, Barrett yang kaya raya dan berdandan tebal pertama kali datang dengan anjing Italian Greyhound-nya. Bridget yang pecinta hewan pun menjadi temannya. 

Selama beberapa bulan berikutnya, Barrett kerap memamerkan kekayaannya kepada Bridget, mengajaknya berkeliling kota dengan mobil Bentley yang dikemudikan sopir dan mengundangnya ke apartemennya yang mewah di Curzon Square di Mayfair. Bridget mengakui bahwa Barrett tidak pernah menjelaskan asal-usul uangnya, namun dia percaya bahwa Barrett memiliki dana amanah besar seperti yang dikatakannya. 


Terus Pinjam Uang, Tak Pernah Mengembalikan

Bridget Hutchcroft
Pemilik Pandora Dress Agency, Bridget Hutchcroft. (Dok. Daily Mail)

Bridget tidak mengetahui masa lalu kriminal Barrett di Wina, Austria. Ternyata, dia pernah ditangkap setelah menyamar sebagai agen perusahaan minyak untuk menipu korban yang memberinya €200.000.

Menurut klaim Bridget di Pengadilan Tinggi, saat berada di apartemen mewah Barrett di Mayfair, sang terduga pewaris ini menerima telepon dan memberi tahu bahwa pengelola dana amanahnya di Liechtenstein telah meninggal. Dia mengatakan bahwa untuk sementara waktu, dia tidak akan bisa mengakses dana tersebut.

Barret kemudian memohon pinjaman jangka pendek dari Bridget sebesar £7.500. Bridget mengatakan bahwa pinjaman tersebut hanyalah sebagian kecil dari jumlah uang yang kemudian terus diberikan Bridget ke Barrett.

Dia mengklaim bahwa Barrett kemudian meminta setengah juta poundsterling untuk membayar pengacara terkenal yang terlibat dalam proses perceraian dari suaminya yang berasal dari Inggris. "Dia terus meminta dan meminta," kata Bridget. "Dia mengatakan bahwa dia tidak memiliki orang lain selain saya. Dia selalu memohon dengan penuh putus asa atau histeris."

Bridget mengatakan telah memberikan Barrett tambahan pinjaman sebesar £540.020. Meskipun terus diminta mengembalikan, Barrett terus meminta pinjaman lebih setelah beranji bahwa Bridget akan mendapatkan uangnya kembali lebih cepat jika dia membantunya lagi. 

Setahun setelah kejadian tersebut, yakni pada November 2018, Bridget mengatakan bahwa dia telah memberikan £1.368.524,19 dan berisiko kehilangan rumahnya. "Saya tidak percaya ketika saya duduk dan menghitungnya," kata Bridget. "Saya meneleponnya dan berkata, 'Kamu harus membayar saya kembali, Ekaterina.'"


Klaim Sepihak Sosialita Palsu

Ekaterina Barrett
Ekaterina Barrett tidak merasa bersalah dan tak mau membayar hutangnya. (Dok. Daily Mail)

Akan tetapi, jawaban yang Bridget terima membuatnya merinding. "Ia berkata, jika kamu meminta lagi, aku tidak akan membayar kamu selama seratus tahun.'" Bridget mengungkapkan, "Saya sangat sedih. Bukan karena uangnya, anehnya, tapi karena saya dengan bodohnya telah mempercayainya. Saya hanya ingin pergi menghilang."

Bridget pertama kali mencari bantuan dari pengadilan dengan mengajukan tuntutan perdata pada Maret 2020. Barrett merespons dengan membantah bahwa uang yang dia terima adalah pinjaman.

Ia mengklaim bahwa uang dari Bridget diberikan kepadanya sebagai pembayaran atas penjualan barang-barang mewah dari koleksi desainer miliknya serta penggantian biaya perjalanan ke Monaco. Dia mengklaim bahwa sebenarnya Bridget yang masih berutang padanya.

Namun, pada 2021, Barrett menandatangani kesepakatan penyelesaian, setuju untuk membayar £1,4 juta dalam waktu 14 hari untuk menyelesaikan kasus ini. Setelah gagal melakukannya, perintah pengadilan lebih lanjut dikeluarkan pada Oktober tahun lalu, yang mewajibkannya membayar £1.665.560,59 (Rp31 miliar) termasuk biaya hukum.

Saat ditemui Daily Mail, Barrett bersikeras mengatakan, "Semua itu bohong. Lihatlah dia dan lihatlah saya. Kami adalah orang yang berbeda, seperti bisa dilihat. Saat saya bertemu dengannya, saya sudah memiliki tiga mobil Rolls-Royce dan tiga apartemen di Mayfair. Keluarga saya memiliki banyak properti di Monako. Saya tidak membutuhkan uangnya. Ini adalah ketidakadilan yang terjadi padaku." 

Hingga saat ini, belum terlihat tanda-tanda Ekaterina Barrett akan membayar utangnya ke Bridget Hutchcroft. 

Infografis Ragam Material Fesyen Berkelanjutan
Macam-macam material fesyen berkelanjutan. (dok. Liputan6.com/Trie Yasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya