Detail Tersembunyi dari Kereta Presiden Rusia Vladimir Putin, Ada Gym dan Spa Pribadi

Dokumen yang baru bocor dari birokrat di kantor Presiden Rusia mengungkapkan bahwa Vladimir Putin menggunakan kereta olahraga-kesehatan. Pusat Dossier, yang didukung oleh Mikhail Khodorkovsky, mendapatkan dokumen mengenai kereta privat Putin dari seorang informan di Zircon Service, perusahaan yang melengkapi mobil khusus untuk Presiden Rusia itu.

oleh Farel Gerald diperbarui 11 Jul 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi kereta api Amtrak.
Ilustrasi kereta api Amtrak. (dok. Wikimediaimages/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta - Pada 5 Agustus 2022, seperti hari-hari lainnya di Ukraina, cahaya pertama menyingkapkan kehancuran hasil dari serangan malam pemboman oleh Rusia. Serangan Rusia di lingkungan perumahan Mykolaiv pada pagi hari itu menyebabkan "kehancuran yang signifikan," kata gubernur wilayah pada saat itu, dengan minimal 10 orang terluka.

Sementara di Moskow pada hari yang sama, para birokrat di kantor Presiden Vladimir Putin sibuk dengan masalah yang jauh berbeda dari kekejaman perang di Ukraina. "Administrasi Transportasi menerima panggilan," tulis seorang pejabat bernama Kremlin, "mengenai kebutuhan untuk memasang peralatan gym Hoist HD-3800 dan Hoist HD-3200 di gerbong kesehatan olahraga No. 021-78630 sebagai pengganti Abductor-Standard dan Abductor-Technogym."

Melansir CNN pada Selasa, 10 Juli 2023, dokumen yang baru-baru ini bocor mengungkapkan bahwa "kereta olahraga-kesehatan" sebenarnya digunakan oleh Putin sendiri. Sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadi Putin, dan citra publiknya dijaga dengan hati-hati, terutama setelah pemberontakan singkat Yevgeny Prigozhin.

Namun, sejumlah dokumen dan foto yang diperoleh secara eksklusif oleh Pusat Dossier, kelompok investigasi Rusia yang berbasis di London, dan dibagikan dengan CNN, Süddeutsche Zeitung, serta lembaga penyiaran publik Jerman NDR dan WDR, mengungkapkan rincian yang disembunyikan Kremlin dari publik. Keberadaan kereta yang misterius itu disebut mencerminkan tingkat paranoid Putin.

Pusat Dossier didukung oleh Mikhail Khodorkovsky, mantan taipan minyak Rusia yang diasingkan dan menjadi kritikus Kremlin. Meskipun diketahui bahwa Putin menggunakan kereta tersebut, Kremlin hanya merilis gambar pertemuan yang diadakan di atas kapal dan di ruang rapat yang dihiasi dengan indah. Namun, konten dari 20 gerbong kereta lainnya telah dijaga ketat sebagai rahasia negara.

Dossier Center mengungkapkan bahwa dokumen yang bocor berasal dari seorang informan di Zircon Service. Itu adalah perusahaan Rusia yang bertugas melengkapi mobil khusus pesanan kantor Presiden Rusia, yang dioperasikan oleh Russian Railways, operator kereta api negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ruang Olahraga dan Spa Mewah

Ruang Olahraga dan Spa
Brosur ruang olahraga dan spa di kereta Putin yang didesain oleh Zircon Service. (dok. Tangkapan layar laman CNN - Alicia Johnson, CNN/https://edition.cnn.com/2023/07/10/europe/russia-putin-private-train-intl-cmd/index.html/Farel Gerald)

Salah satu bagian kereta yang dijelaskan dalam detail adalah gerbong dengan nomor 021-78630. Dalam brosur mewah yang dibuat oleh Zircon, terlihat fasilitas ruang olahraga dan spa yang dirancang khusus untuk Putin. Gerbong tersebut selesai dibangun pada 2018.

Pada saat foto diambil, gerbong tersebut dilengkapi dengan alat angkat beban Technogym dan peralatan resistensi buatan Italia. Namun, tampaknya peralatan tersebut akan diganti dengan mesin Hoist yang diproduksi oleh perusahaan berbasis di AS.

Di bagian dalam gerbong lainnya, terdapat pusat tata rias lengkap yang dilengkapi dengan meja pijat dan berbagai peralatan kecantikan mewah, termasuk mesin frekuensi radio yang digunakan untuk meningkatkan kekencangan kulit, menurut dokumen yang bocor. Ruangan tersebut, seperti yang disarankan oleh dokumen dari Dossier Center, dirancang untuk mencegah penggunaan alat penyadap.

Terakhir adalah kamar mandi dengan lantai keramik dan pemandian uap serta shower model Turki. Dalam dokumen yang diperoleh oleh Dossier Center, termasuk surat yang mengaitkan perlengkapan gerbong kereta, termasuk gerbong ruang olahraga, langsung terhubung dengan pejabat di tingkat tertinggi pemerintahan Putin.

"Presiden Putin tidak memiliki mobil seperti itu dalam penggunaan atau kepemilikannya," kata Kremlin yang dengan tegas membantah temuan Pusat Dossier kepada CNN. CNN juga telah menghubungi Layanan Zircon dan Kereta Api Rusia untuk memberikan komentar, namun CNN belum menerima tanggapan.


Kereta dan Putin

Kubah Putih
Kubah putih yang dilengkapi dengan antena komunikasi canggih, yang terlihat jelas di salah satu gerbong kereta Putin. (dok. Tangkapan layar laman CNN - Alicia Johnson, CNN/https://edition.cnn.com/2023/07/10/europe/russia-putin-private-train-intl-cmd/index.html/Farel Gerald)

Pada 2 November 2018, sebuah rapat diadakan untuk mengevaluasi sisa pekerjaan yang perlu dilakukan pada mobil gym dengan nomor 021-78630. Risalah pertemuan tersebut, yang juga diperoleh oleh Pusat Dossier, menunjukkan bahwa selain eksekutif dari Zircon Service dan Russian Railways, terdapat 10 pejabat dari Federal Security Service (FSO) yang hadir, organisasi yang bertugas melindungi presiden Rusia.

Pusat Dossier menerima puluhan kontrak perawatan yang bocor, beberapa di antaranya mencantumkan nomor gerbong gym 021-78630, yang menyebutkan bahwa setiap pekerjaan pada gerbong kereta harus disinkronkan dengan FSO. Pada 2020, seorang pejabat senior dari Russian Railways, Dmitry Pegov, mengirim surat kepada wakil direktur FSO, Oleg Klimentiev, meminta tinjauan proposal yang telah diajukan untuk pembangunan tempat tinggal di atas dua gerbong kereta.

"Dalam hal ini, kami belum menerima persetujuan untuk salah satu opsi dari FSO, yang menghambat kami untuk memulai prosedur penyelesaian kontrak dan memulai pembangunan gerbong," tulis Pegov. "Saya meminta Anda, Oleg Ateistovich yang terhormat, untuk meninjau konsep yang diusulkan dan memberi tahu kami tentang keputusan yang telah diambil."

Upaya CNN untuk menghubungi Pegov dan Klimentiev untuk mendapatkan komentar tidak berhasil.

 


Hindari Pelacakan

Vladimir Putin
Pidato Putin yang disiarkan televisi pada hari Senin adalah komentar publik pertamanya sejak pemberontakan bersenjata hari Sabtu (24/6/2023) yang dipimpin oleh pemimpin tentara bayaran Yevgeny Prigozhin. (Gavriil Grigorov, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)

Menurut Gleb Karakulov, seorang mantan insinyur dan kapten di FSO yang membelot dari negara tersebut tahun lalu dan diwawancarai secara rahasia oleh Dossier Center, Putin memutuskan untuk memilih menggunakan perjalanan kereta api sebagai cara untuk menghindari pelacakan.

"Dengan pesawat, begitu lepas landas, mereka langsung terdeteksi oleh radar penerbangan," ujar Karakulov dalam wawancara yang direkam pada Desember lalu. "Sedangkan dengan kereta, mereka dapat menyembunyikan pergerakan mereka."

Karakulov mengaku mulai bekerja di kereta dan memasang peralatan komunikasi sekitar 2014. Menurut pengakuannya, penggunaan kereta ini semakin sering terjadi pada paruh kedua 2021, ketika Rusia bersiap untuk invasi besar-besaran ke Ukraina.

Menurut Karakulov, sejak awal perang, kereta Putin sering kali diparkir di dekat Valdai, sebuah wilayah terpencil di antara Moskow dan St. Petersburg, tempat Putin memiliki kediaman besar yang terkenal dengan danau dan hutan pedesaannya. "Karyawan kami menjalani karantina khusus untuk kereta spesial ini," kata Karakulov kepada Dossier Center.

"Sejak awal perang, orang-orang mengatakan bahwa mereka pergi ke suatu tempat di Valdai selama 40 atau bahkan 45 hari."

Namun, privasi belum sepenuhnya terjamin. Kerentanan muncul dalam bentuk kereta api yang tidak resmi. "Ada kereta 'hantu' di jalur kereta api negara kita," tulis seorang pengamat kereta sambil mengunggah gambar kereta Putin di rutrain.com. "Kereta ini tidak ada dalam jadwal atau sistem Kereta Api Rusia," tambahnya.


Keberadaan Kereta Hantu

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Maret 2022, sekitar dua minggu setelah negaranya menginvasi Rusia.
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Maret 2022, sekitar dua minggu setelah negaranya menginvasi Rusia. Dok: Twitter @KremlinRussia_E

Kereta tersebut dapat diidentifikasi sebagian melalui penggunaan dua lokomotifnya, dan sebagian melalui fitur yang terlihat dalam brosur yang dibuat oleh Zircon Service. Salah satu fitur yang mencolok adalah kubah putih yang dilengkapi dengan antena komunikasi canggih, yang terlihat jelas di salah satu gerbong.

Kubah semacam itu tidak ditemukan pada kereta biasa di Rusia. Namun, kubah tersebut terlihat dalam video resmi yang dirilis oleh Kremlin pada tahun 2019, di salah satu gerbong kereta yang disewa khusus dari Kereta Api Rusia, saat Putin melakukan perjalanan di atas Jembatan Kerch yang baru dibangun antara daratan Rusia dan Krimea yang diduduki.

Dari gambar kubah tersebut, kita mengetahui bahwa kereta Putin memiliki tanda khas yang berbeda dari kereta Rusia biasa. Kubah tersebut telah terlihat dan terekam dalam foto-foto amatir selama bertahun-tahun.

Mencoba memahami pola pikir Putin pada dasarnya melibatkan spekulasi. Yang terbaik yang dapat dilakukan adalah merujuk kepada mereka yang telah menghabiskan waktu bersamanya. Salah satu dari mereka adalah Abbas Gallyamov, yang selama bertahun-tahun menjadi salah satu penulis pidato Putin.

"Menurut saya, perasaan ketidakamanan politiknya menyebabkan dia semakin merasa tidak aman secara fisik," kata Gallyamov dari tempat tinggalnya sekarang di Israel. "Ada banyak orang yang sangat dekat dengannya dan yang memanfaatkan ketidakamanan ini untuk keuntungan mereka sendiri, dengan menunjukkan bahwa ada ancaman di sini, ancaman di sana, ancaman di tempat lain."

"Paranoia," seperti yang dijelaskan oleh Gallyamov, telah mendorong pemimpin Rusia untuk membangun lebih banyak tembok di sekitar dirinya. "Dia telah kalah dalam perang, kalah di politik, kehilangan popularitas," kata Gallyamov. "Dia mendapatkan lebih banyak musuh, melakukan lebih banyak kejahatan. Dia merasa dikelilingi oleh musuh. Dan secara psikologis, dia ingin merasa terlindungi dari semua ini."

Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya