Meghan Markle Sakit, Pangeran Harry Tampil Solo di Acara Amal Kevin Costner

Tahun lalu, Pangeran Harry menghadiri acara amal tersebut bersama Meghan Markle.

oleh Asnida Riani diperbarui 22 Sep 2024, 04:00 WIB
Diterbitkan 22 Sep 2024, 04:00 WIB
Pangeran Harry
Pangeran Harry Inggris saat menghadiri KTT Investasi Afrika Inggris di London, Senin 20 Januari 2020. (Liputan6/AP)

Liputan6.com, Jakarta - Duke of Sussex tampil solo di lapangan polo Kevin Costner pada Jumat malam, 20 September 2024, tanpa Meghan Markle yang absen karena sakit. Pangeran Harry memberi penghargaan pada sesama pilot helikopter di acara amal tersebut untuk merayakan tindakan heroik para first responders.

Melansir Mirror, Sabtu, 21 September 2024, adik Pangeran William menghadiri acara tersebut tahun lalu, dan banyak yang berharap istrinya akan bergabung dengannya untuk acara tahun 2024. Harry berbicara di depan tamu acara tahunan Santa Barbara One805Live!, yang menggalang dana untuk para first responders.

Ia tampil dengan jas saat memberi penghargaan di atas panggung pada pilot helikopter lokal Loren Courtney di awal acara segera setelah ia tiba pukul 7 malam. Ia bercanda tentang bagaimana mereka berdua merasa lebih betah di balik kendali helikopter daripada di atas panggung.

Yang juga tampil di acara tersebut adalah Pink, bintang tahun 1980-an Richard Marx, dan tentunya Costner. Seorang sumber di acara tersebut mengatakan, "Kami semua berharap Meghan akan hadir seperti tahun lalu, tapi kabar yang beredar adalah ia sakit dan tidak dapat hadir."

Pangeran Harry diperkirakan akan melakukan perjalanan ke New York selama akhir pekan untuk menghadiri serangkaian acara. Jadwalnya termasuk Diana Awards dan acara yang diselenggarakan Halo Trust, yang pernah bekerja sama dengan Putri Diana sebelum ia meninggal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Rencana PR yang Buruk

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry dan Meghan Markle menghadiri pertandingan polo amal di Ikoyi Polo Club di Lagos pada 12 Mei 2024 saat mengunjungi Nigeria sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-10 Invictus Games. (Kola Sulaimon/AFP)

Pangeran Harry juga akan berada di Inggris untuk menghadiri sebuah acara pada 30 September 2024. Hal ini terjadi setelah Edward Coram-James, seorang pakar PR, yakin bahwa pasangan tersebut telah melakukan kesalahan komunikasi dan pencitraan merek, yang menyebabkan "kehilangan dukungan publik."

Dalam pernyataan singkatnya, Coram-James menyebut, "Mereka hanya memiliki rencana PR yang buruk." Popularitas Harry dan Meghan menurun drastis sejak mereka pindah ke AS, menurut jajak pendapat awal bulan September 2024.

Diduga klaim Harry yang mengejutkan terhadap keluarga kerajaan merupakan faktor utama yang menyebabkan menurunnya popularitasnya. Coram-James pun menyampaikan pendapatnya tentang survei tersebut, menyebut, "Mereka (Meghan dan Harry) tampaknya telah belajar dari pengalaman buruk PR mereka, dan tampaknya telah mengubah pendekatan."

"Saya menganggap sebagian besar dari kejatuhan mereka dari dukungan publik semata-mata sebagai cerminan dari apa yang dapat terjadi dengan PR yang buruk. Itu tidak berarti bahwa mereka orang jahat. Sejauh yang kita ketahui, keluarga Sussex bisa jadi orang yang baik, peduli, dan luar biasa."


Bagaimana Saat Pangeran William Naik Takhta?

Pangeran William, Catherine, Princess of Wales, Pangeran Harry, dan Meghan, Duchess of Sussex pergi setelah mereka memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II di Westminster Hall
Pangeran William, Catherine, Princess of Wales, Pangeran Harry, dan Meghan, Duchess of Sussex pergi setelah mereka memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II di Westminster Hall (Emilio Morenatti/AP).

Sementara itu, Pangeran William dikabarkan sudah merencanakan masa pemerintahannya nanti sebagai Raja Inggris dan apa artinya bagi saudaranya, Pangeran Harry, dan adik iparnya, Meghan Markle. Keretakan hubungan kakak adik ini dilaporkan belum juga menemukan penyembuh yang utuh.

Melansir Mirror, Jumat, 6 September 2024, seorang sumber mengatakan pada Express bahwa ketika William naik takhta, tidak banyak yang akan berubah sehubungan dengan Harry dan Meghan. Ia berkata, "William sudah merencanakan ketika ia jadi Raja, ia tidak melihat masa depan bagi Sussex di keluarga kerajaan."

"Menurut William," sumber itu menyambung. "Membiarkan Sussex kembali ke dalam keluarga adalah langkah yang buruk dan mereka harus mengundurkan diri ke 'pengasingan' tanpa batas waktu."

Duke of Sussex dilaporkan meminta nasihat mantan ajudannya tentang cara mengatur kepulangannya ke Inggris. Seorang sumber mengatakan, Harry berkonsultasi dengan orang-orang dari "kehidupan lamanya" sebagai anggota kerajaan yang bekerja setelah diduga tidak puas dengan saran para ahli citra yang berbasis di AS.

 


Pangeran Harry Balik ke Inggris?

Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry dan Meghan Markle bereaksi ketika Gubernur Negara Bagian Lagos, Babajide Sanwo-Olu, memberi pidato di Rumah Gubernur Negara Bagian di Lagos pada 12 Mei. 2024 saat mengunjungi Nigeria sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Invictus Games. (Kola SULAIMON/AFP)

Menurut Mail on Sunday, dikutip Selasa, 3 September 2024, tawaran tersebut menandakan tahap pertama dalam strategi "memulihkan kehormatan" Harry. Ia disebut berencana menghabiskan lebih banyak waktu di Inggris untuk memperbaiki hubungan dengan ayahnya, Raja Charles III.

Langkah ini juga disebut berpotensi memulai kembalinya Harry ke dalam keluarga kerajaan, kendati tidak dalam peran penuh. Sumber-sumber menekankan bahwa Harry dan Meghan, yang telah menghabiskan empat tahun terakhir di California bersama kedua anak mereka, tidak mencari kepulangan permanen.

Dikatakan pula bahwa pasangan tersebut telah berpisah dengan penasihat humas mereka. Christine Weil Schirmer bergabung dengan Sussex pada 2020 sebagai kepala komunikasi, tapi diam-diam keluar akhir tahun lalu. Ia adalah staf ke-10 yang meninggalkan pasangan itu dalam tiga tahun.

Sebelumnya, Raja Charles III dilaporkan "terbuka untuk menyembuhkan keretakan" dengan putra bungsunya. Ia disebut telah berkonsultasi dengan para pemimpin agama saat mengeksplorasi hakikat pengampunan.

Setidaknya, salah satu penasihat yang didekati Harry adalah tokoh tepercaya dari "sekolah lama" yang dikenal karena kesetiaan dan kebijaksanaannya. Seorang teman juga dikatakan telah menyusun strategi bagaimana Harry dapat mulai bergerak di lingkungan Inggris lagi, bahkan menjalankan "tugas kerajaan yang sangat sederhana."

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya