Profil Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana, Aktif di Kegiatan Sosial dan Dekat dengan Didit Hediprasetyo dan Titiek Soeharto

Widiyanti Putri Wardhana masuk dalam kabiinet Praboiwo Subianto yang disebut Kabinet Merah Putih sebagai Menteri Pariwisata yang diumumkan pada Minggu (20/10/2024) malam/

oleh Henry diperbarui 20 Okt 2024, 22:50 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2024, 22:04 WIB
10 Gaya Modis Widiyanti Putri Wardhana, Calon Menteri di Kabinet Prabowo Subianto-Gibran, dalam Balutan Kebaya hingga Dress
Melihat gaya modis Widiyanti Putri Wardhana yang bakal jadi calon menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran (widi.wardhana)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka resmi mengumumkan para menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10)/2024 malam WIB. Salah satu yang ditunjuk adalah Widiyanti Putri Wardhana sebagai Menteri Pariwisata (Menpar). 

Sedangkan junnalis TV Ni Luh Enik Ermawati atrau lebih dikenal dengan Ni Luh Puspa didapuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata. Widiyanti Putri Wardhana dan Ni Luh Puspa masuk dalam kabiinet Praboiwo yang disebut Kabinet Merah Putih yang diumumkan pada Minggu (20/10/2024) malam. dikenal sebagai sosok yang berpengaruh di dunia bisnis dan sosial. Dia merupakan putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pendiri Teladan Group, sebuah perusahaan besar yang aktif di berbagai sektor, termasuk agribisnis dan pertambangan.

Selain itu, Widiyanti adalah istri dari Wishnu Wardhana yang merupakan mantan direktur utama PT Indika Energy Tbk (INDY), salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia. Melansir Antara, 15 Oktober 2024, Widiyanti Putri mulai terjun ke dunia bisnis sejak lama, terutama di sektor agribisnis melalui PT Teladan Prima Agro (TPA). TPA bergerak di bidang pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang memulai operasinya pada tahun 2004 di Kalimantan Timur.

Di bawah pengelolaannya, TPA berkembang pesat dengan perkebunan yang tersebar di Kabupaten Berau, Kutai Timur, Paser, dan Kutai Kartanegara. Sejak 2021, Widiyanti menjabat sebagai Komisaris di PT Teladan Prima Agro. Sebelumnya, ia sempat menjadi Direktur di perusahaan yang sama selama sembilan tahun, dari 2012 hingga 2021.

Selain itu, dia juga menjabat sebagai Komisaris di beberapa anak usaha TPA sejak 2013, dan pernah menjadi Komisaris PT Teladan Agro Resources dari 2007 sampai 2012.

Untuk latar belakang pendidikannya, Widiyanti meraih gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University. Malibu, California pada tahun 1993. Pengalamannya di dunia pendidikan internasional ini memperkuat wawasan dan kemampuan bisnisnya dalam mengelola perusahaan.

 

 

Gaya Busana Widiyanti Putri

Menteri Pariwisata Widiyabti Putri Wardhana
Menteri Pariwisata Widiyabti Putri Wardhana bersama Tiriek Soejarto.  foto: Instagram @widi.wardhana

Selain aktif di dunia bisnis, Widiyanti juga dikenal sebagai sosok yang memiliki kepedulian besar di bidang sosial. Dia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk periode 2018-2024, di mana dia berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, Widiyanti juga memegang peran penting di organisasi sosial lainnya, seperti sebagai Ketua Yayasan Teladan Utama dan Dewan Pengawas Yayasan Kawula Madani yang fokus pada kesejahteraan masyarakat. Dalam halaman media sosialnya tersebut, dia juga memiliki kedekatan dengan keluarga Prabowo.

Dalam beberapa kesempatan Widiyanti mengunggah potret kedekatannya dengan Titiek Soeharto dan Didit Hediprasetyo. Dalam potret ini, Widiyanti menghadiri pembukaan bisnis kuliner Titiek yang ada di Bali. Tak jarang, Widiyanti juga turut menghadiri pagelaran busana karya desainer putra semata wayang Prabowo.

Dalam kesehariannya, Widiyanti dikenal dengan gaya berbusana yang modis dan selalu berhasil mencuri perhatian. Pesonanya sebagai seorang fashionista telah membawanya ke berbagai acara fashion bergengsi di tingkat internasional, termasuk pertemuan dengan Editor in Chief Vogue yang legendaris, Anna Wintour.

Pelantikan Prabowo-Gibran

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengumumkan susunan kabinet menteri pada Minggu malam (20/10/2024)
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengumumkan susunan kabinet menteri pada Minggu malam (20/10/2024) ini. foto: Youtube Sekretariat Presiden

Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sudah dilantik di Gedung DPR MPR RI, Jakarta. Seusai pelantikan Presiden 2024 itu, Prabowo Subianto sebelumnya dikabarkan akan mengumumkan susunan kabinet menteri pada Minggu malam (20/10/2024) ini.

Mengutip kanal Bisnis Liputan6.com. adapun jadwalnya pada malam ini Presiden Prabowo Subianto akan melakukan pertemuan dengan sembilan perwakilan dari negara sahabat di Istana Negara."Pimpinan ini datang jauh ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan, juga upaya mempererat kerja sama dan potensi dengan negara sahabat tersebut," ujarnya.

Berikut sembilan perwakilan negara sahabat diantaranya Wakil Perdana Menteri Australia Richard Marles, Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy, Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters, Perdana Menteri Korea Selatan Han Duck-soo. Kemudian, Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Perdana Menteri Papua Nugini James Marape, Perdana Menteri Vanuatu Charlote Salwai, Wakil Presiden Laos Pany Yathotou, dan Wakil Presiden China Han Zheng.Sebagaimana pernyataan Presiden Prabowo, Hasan menyebut bahwa pertemuan itu memiliki arti penting yakni untuk memperkuat kerja sama dengan negara sahabat.

"Sesuai pidato Pak Prabowo tadi di MPR RI, kita akan bersahabat dengan seluruh negara. Kita tidak akan terlibat dengan kerja sama pakta pertahanan tertentu, tapi kita akan tetap berada di garis kebijakan luar negeri kita yang nonblok dan kerja sama dengan semua negara," pungkasnya.

Sebelum dilantik menjadi presiden, Prabowo Subianto sudah mengumpulkan 59 tokoh untuk mengikuti pembekalan calon menteri di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). Pembekalan calon menteri ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga Rabu petang tadi. 

Pembekalan Calon Menteri

AHY Usai Ikut Pembekalan Calon Menteri Prabowo di Hambalang
Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono mengikuti pembekalan calon menteri kabinet Prabowo-Gibran di Hambalang, Bogor. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak membagikan jadwal serta rangkaian pembekalan calon menteri yang dimaksud. Pembekalan dimulai sekira pukul 08.00 WIB dengan sambutan dari Prabowo. Sedangkan pada pukul 09.15 WIB, diisi dengan pengenalan dan dilanjutkan dengan materi geopolitik pada pukul 10.30 WIB.Setelah itu, pembekalan dilanjutkan pada pukul 13.30 WIB. Pada waktu ini, akan diisi dengan materi seputar kesuksesan sebuah negara.

Pada jadwal yang diterima, pembekalan pada Rabu, 16 Oktober 2024 direncanakan berlangsung hingga pukul 16.00 WIB. "(Pukul) 16.00 WIB, Gross domestic product (GDP)," kata Dahnil dalam keterangan, diterima Rabu , 16 Oktober 2024. Pembekalan bagi calon menteri ini bakal berlanjut hingga Kamis, 17 Oktober 2024 dengan sejumlah materi, antara lain tentang artificial intelligence (AI), komunikasi, lapangan kerja masa depan, hingga anti-korupsi.

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) membeberkan sejumlah pesan yang disampaikan oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto saat pembekalan calon menteri kabinet di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024). Menurut AHY, pada pembekalan tersebut Prabowo menyampaikan beberapa materi terkait kondisi dunia saat ini, mulai dari kondisi geopolitik hingga geoekonomi.

"Beliau menjelaskan sekaligus memberikan gambaran tentang situasi dunia termasuk tantangan geopolitik, geoekonomi dan semua dampak terhadap Indonesia," kata AHY usai pembekalan calon menteri.AHY bilang, berdasarkan penjelasan Prabowo, kondisi dunia juga bakal berpengaruh pada Indonesia, termasuk dari sisi ekonomi, politik, keamanan, dan pertahanan. Menurutnya, Prabowo ingin para calon menterinya memahami betul hal tersebut.

 

 

Infografis 49 Calon Menteri Penghuni Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis 49 Calon Menteri Penghuni Kabinet Prabowo-Gibran. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya