Abraham Samad: Tak Ada Jaminan Polisi dan Jaksa KPK Pasti Bersih

Di sisi lain, Abraham Samad memastikan bahwa polisi atau jaksa tersebut akan lebih baik setelah menjadi bagian dari KPK.

oleh Andreas Gerry Tuwo diperbarui 16 Des 2014, 18:14 WIB
Diterbitkan 16 Des 2014, 18:14 WIB
Abraham Samad
Ketua KPK Abraham Samad memberikan keterangan pers di Gedung KPK mengenai Mentri dalam Kabinet Jokowi-JK, Jakarta, Rabu (22/10/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kunjungan ke Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan tak semua pejabat dari instansi pemerintah yang bergabung dengan KPK bersih.

"Tidak ada jaminan polisi dan jaksa yang gabung ke KPK itu bersih," sebut Abraham, Selasa (16/12/2014).

Di sisi lain, dia memastikan bahwa yang bersangkutan akan lebih baik setelah menjadi bagian dari KPK. "Tapi, ada jaminan setelah mereka gabung dengan KPK mereka akan jadi orang baik," sambung dia.

Dijelaskan Abraham, pernyataan tersebut sangat berdasar lantaran sistem yang dimiliki KPK. "Sistem pengawasan internal (KPK) itu baik dan sempurna, sekecil apa pun pelanggarannya orang bisa dikeluarkan," tegas dia.

Abraham menambahkan, untuk orang yang tak terlalu baik pun bisa berubah menjadi baik bila didukung sitem yang rapi. Sebab itu, pembasmian korupsi ke depan diharapkan harus mengutamakan perbaikan sistem.

"Tindakan represif di masa depan tidak akan bisa membumihanguskan korupsi, kita harus lebih memperbaiki sistem...Sebaik apa pun orang atau setebal apa pun iman kalau ada sistem yang mendukung ([tindakan korupsi](2148183/ "")) mereka bisa tergelincir," tandas Abraham Samad. (Ado/Ans)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya