Cegah Menteri Asal Ucap, 4 Menko Gelar Rapat Koordinasi

Luhut mengaku, 4 Menko itu sudah melakukan kesepakatan untuk terus melakukan pertemuan secara reguler.

oleh Oscar Ferri diperbarui 18 Agu 2015, 15:59 WIB
Diterbitkan 18 Agu 2015, 15:59 WIB
Luhut Pandjaitan
Luhut Pandjaitan (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - 4 Menteri Koordinator (Menko), yakni Menko Politik Hukum dan Keamanan (Poluhukam), Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Menko Kemaritiman, serta Menko Perekonomian Darmin Nasution, menggelar rapat koordinasi untuk menyatukan suara.

Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pertemuan ini dilakukan guna mencegah adanya menteri yang asal ucap dan tidak terkoordinasi satu sama lain.

"Kami sudah bertemu setengah jam antara Pak Darmin, Puan dan Rizal. Kita berharap Kabinet Kerja ini suaranya betul-betul satu. Di bawah nanti ada suara berbeda itu wajar, itu akan dibicarakan di intern sendiri," ujar Luhut di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Luhut mengaku, 4 Menko itu sudah melakukan kesepakatan untuk terus melakukan pertemuan secara reguler.

Pertemuan itu untuk mengkoordinasikan semua masalah-masalah perbidang yang ditangani agar tidak saling beririsan satu sama lain.

"Pertemuan berikutnya akan dilakukan di Pak Darmin (Kemenko Perekonomian), selanjutnya di Pak Rizal (Kemenko Kemaritiman), dan Bu Puan (Kemenko PMK). Pertemuan reguler akan dilakukan sekali 2 minggu atau sekali 3 minggu," ujar Luhut.

"Misalnya ada hot isu di tempatnya Bu Puan, kami diundang ke tempat Bu Puan, Pak Darmin atau Pak Rizal. Tergantung konteks yang ada," terang Luhut.

Diharapkan, dari pertemuan-pertemuan itu, para pembantu Presiden ini bisa saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik.

"Sehngga tidak ada lagi menteri yang bicara tidak terkoordinasi," ujar Luhut.

Menko PMK Puan Maharani menambahkan, diharapkan para menteri di Kabinet Kerja dapat terus kompak dan saling mensinergi.

"Ke depan harus kompak. Kita akan mensinergikan, mengkordinasikan, dan mengendalikan kementerian dan lembaga yang di bawah kami berempat. Agar iramanya senada dengan program-program di bawah kementerian terkait," tegas Puan. (Ron/Mut)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya