Top 3: Kesaksian Psikolog dan Asisten Rumah Tangga Jessica Wongso

Berita-berita persidangan Jessica mendominasi berita populer pagi ini.

oleh Audrey Santoso diperbarui 16 Agu 2016, 07:13 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2016, 07:13 WIB
20160815- Ekspresi Jessica Saat Mendengar keterangan Saksi Ahli Psikologi-Jakarta- Johan Tallo
Ekspresi Jessica Kumala Wongso saat mendengarkan keterangan dari saksi ahli psikologi klinis Antonia Ratih Handayani di sidang lanjutan pembunuhan Mirna Salihin di PN Jakarta Pusat, Senin (15/8). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Sidang kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, selalu menyita banyak perhatian sejak awal.

Begitu juga pada persidangan ke-12 yang berlangsung pada Senin kemarin, yang beragendakan menghadirkan saksi asisten rumah tangga Jessica dan ahli.

Berita tersebut paling banyak menyita perhatian pembaca Liputan6.com hingga pagi ini, atau menjadi berita terpopuler. Bahkan, berita-berita persidangan kemarin mendominasi berita populer pagi ini.

Berikut uraian selengkapnya berita populer yang terangkum dalam Top 3 News;

1. Sidang Pembunuhan Mirna, Asisten Rumah Tangga Jessica Jadi Saksi

Tersangka pembunuhan Wayan Mirna Salihin, Jessica Wongso mendengarkan jawaban JPU pada sidang di PN Jakarta Pusat, Selasa (21/6). Sidang ini adalah lanjutan dari sidang Rabu (15/6) yang mendengarkan eksepsi kuasa hukum Jessica (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sidang ke-12 kasus pembunuhan Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Kumala Wongso digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) hari ini. Pada sidang Senin (15/8/2016) ini, jaksa akan menghadirkan asisten rumah tangga Jessica.

Berdasarkan informasi yang diterima Tim Penasihat Hukum Jessica dari Panitera PN Jakpus, jaksa juga akan menghadirkan psikolog, Antonia Ratih Anjayani.

"Kami baru dapat infonya pagi ini dari panitera. Saksi yang hadir itu ada psikolog Antonia Ratih Anjayani dan pembantunya Jessica yang diamankan polisi, Sri Nurhayati," kata pengacara Jessica Hidayat Boestam di PN Jakpus, Senin (15/8/2016).

Selengkapnya...

2. 'Tembok Pembatas' Jessica yang Sulit Ditembus Psikolog

Jessica Kumala Wongso menyimak keterangan dari saksi ahli psikologi klinis Antonia Ratih Handayani di sidang lanjutan pembunuhan Mirna Salihin di PN Jakarta Pusat, Senin (15/8). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ahli Psikologi Klinis Antonia Ratih Andjayani mengungkap analisa perilaku Jessica Kumala Wongso, terdakwa pembunuhan berencana Wayan Mirna Salihin. Namun, ada beberapa sisi psikologis yang diakui tidak mampu ditembus ahli.

Ratih adalah psikolog klinis yang memeriksa perilaku Jessica selama enam jam. Dari pemeriksaan tersebut dia mendapati seorang Jessica yang mengagumkan dan cerdas.

"Yang bersangkutan adalah pribadi sangat cerdas. Tampak dari jawaban yang disampaikan sangat tegas, sitematis, dan jika diuji tidak salah," kata Ratih di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (15/8/2016).

Selengkapnya...

3. Psikolog: Jessica Berubah Ketus Saat Ditanya Asmara Masa Lalu

Terdakwa pembunuhan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso saat menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Pusat, Senin (15/8). Sidang tersebut dengan agenda pendengaran Saksi ahli psikologi klinis Antonia Ratih Handayani. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pakar Psikologi dari Univesitas Indonesia (UI) Antonia Ratih Andjayani mengaku pernah mendapat perilaku ketus dari terdakwa pembunuh Wayan Mirna Salihin, Jessica Kumala Wongso. Hal itu terjadi saat ia menyinggung masa lalu dan hubungan asmara Jessica.

Semula, kata Ratih, Jessica aktif dan responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar dirinya. Namun sikap Jessica berubah ketika ia bertanya mengenai persoalan asmaranya.

"Ekspresi Jessica berubah 180 derajat, yang tadinya ramah, kooperatif, langsung berubah dingin dan ketus, dan bahasa tubuh yang kakinya ke arah saya masih terbuka kemudian tertutup. Ini gestur yang mengisyaratkan menolak," ujar Ratih saat bersaksi untuk sidang perkara Jessica Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (15/8/2016).

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya