Akom Takjub dengan Pembangunan Bandara di Banyuwangi

Ketua DPR RI, Ade Komarudin (Akom) meninjau bandara Blimbingsari Banyuwangi ditemani Bupati Banyuwangi dan Kepala Bekraf.

oleh Liputan6 diperbarui 10 Okt 2016, 19:00 WIB
Diterbitkan 10 Okt 2016, 19:00 WIB
Akom Takjub dengan Pembangunan Bandara di Banyuwangi
Ketua DPR RI, Ade Komarudin (Akom) meninjau bandara Blimbingsari Banyuwangi ditemani Bupati Banyuwangi dan Kepala Bekraf.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI, Ade Komarudin mengunjungi Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (9/10) kemarin. Kedatangan pria yang biasa dipanggil Akom ke Banyuwangi untuk meninjau pembangunan bandara Blimbingsari.

Akom mengaku takjub dengan konsep pembangunan bandara yang bernama Blimbingsari. Dia pun lantas berjanji akan membantu pembangunan bandara.

"Saya begitu masuk ke sini, kesimpulan saya bahwa, saya baru melihat konsep yang sangat hijau seperti ini. Sangat green di bandara. Belum ada di Indonesia konsep bandara yang akan jadi seperti ini," kata Akom dalam keterangan tertulisnya.

Saat mengunjungi bandara Blimbingsari, Akom ditemani Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf. 

Mendapat penjelasan dari Bupati Banyuwangi bahwa pembangunan bandara tidak menggunakan dana APBN melainkan memakai uang dari APBD, Akom pun merasa terkejut. Meski tidak menggunakan APBN, Akom menilai seharusnya pemerintah pusat turut membantu.

"‎Saya kaget ternyata ini pakai APBD. Ada beberapa kriteria yang membuat tidak memungkinkan untuk pakai APBN. Tapi tentu pemerintah pusat dalam hal ini APBN seharusnya membantu," tuturnya.

Akom pun meminta agar pemerintah pusat turut membantu pembangunan bandara di Banyuwangi itu. Dirinya menyoroti pelebaran dan penebalan runway yang harus menjadi pekerjaan rumah dari pemerintah pusat.

"‎Saya sudah dapat penjelasan dari Pak Bupati. Terutama nanti runway, penebalan runway, kemudian juga pelebaran. Itu saya kira yang menjadi PR pemerintah pusat," tandasnya.

(*)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya