Ini Sosok yang Ideal untuk Pimpin KPK Versi Antasari Azhar

Menurut Antasari, struktur pimpinan KPK harus diisi orang-orang yang mengerti hukum atau berlatar belakang penegak hukum.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 27 Jun 2019, 13:36 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2019, 13:36 WIB
Pelayanan Rakyat Bebas Korupsi
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar saat berdiskusi di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu (9/1). Diskusi itu membahas Pelayanan Rakyat Bebas Korupsi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih berlangsung. Sebagai orang yang pernah menjabat sebagai Ketua KPK, Antasari Azhar memberikan saran.

Menurut dia, struktur pimpinan KPK harus diisi orang-orang yang mengerti hukum atau berlatar belakang penegak hukum. Sehingga, lebih bijak saat menangani suatu kasus.

Sebab, setiap gelar perkara jaksa dan polisi pasti memiliki pandangan masing-masing.

"Seperti saya ketua KPK, (seorang) jaksa, saya akan melihat, yang saya lihat itu setiap petunjuk yang dikasih itu adalah antisipasi untuk mengani ke sidang. Buktinya bagaimana? Alat bukti cukup belum? Faktanya mana? Melanggar unsur ini atau enggak? Ya kalau dia bukan jaksa bukan polisi, bagaimana? Saya bicara yang realitanya ini," ujar Antasari saat diskusi bersama aktivis media sosial Denny Siregar di Jalan HOS Cokroaminoto, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Memang, Antasari mengatakan, penentuan suatu perkara diputuskan berdasarkan paparan bukan pimpinan. Tapi masalah, pimpinan mempunyai wewenang menghadirkan saksi-saksi sesuai pelanggarannya.

"Saksinya dari mana nanti," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:


Sudah 22 Orang Daftar Capim KPK

Sebelumnya Wakil Ketua Pansel Capim KPK 2019-2023 Indriyanto Seno Adji mengatakan, sudah ada 22 orang yang mendaftarkan sebagai Capim KPK 2019-2023 hingga Jumat 21 Juni sore.

"Pelamarnya variatif, ada dari unsur advokat, polri, PNS, pensiunan jaksa, dosen, dan lain-lain," kata Indriyanto.

Pendaftaran Capim KPK diselenggarakan mulai 17 Juni sampai dengan 4 Juli 2019.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya