DPR Puji Cara Pandang Kementan Soal Kategori Infrastruktur Pertanian

Penyediaan infrastruktur selama 4,5 tahun terakhir ini dari Kementan bukan hanya sebatasa irigasi dan cadangan air, namun juga lainnya.

oleh Muhammad Ali diperbarui 08 Jul 2019, 16:09 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2019, 16:09 WIB
Kementan Turunkan Ratusan Pompa Hadapi Kekeringan Indramayu
Sejumlah daerah di Kabupaten Indramayu masih berpotensi mengalami kekeringan ekstrim pada dasarian II Juli 2019 mendatang. Instansi terkait pun telah menyalurkan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami krisis air bersih.

Liputan6.com, Jakarta - Kontribusi penyediaan infrastruktur pertanian selama masa 4,5 tahun terakhir ini diakui amat terasa dan mendapat tanggapan positif dari petani. Penyediaan infrastruktur selama 4,5 tahun terakhir ini dari Kementerian Pertanian (Kementan) bukan hanya sebatasa irigasi dan cadangan air, namun juga lainnya.

Penilaian tersebut dikemukakan anggota Komisi IV DPR Fadholi, Minggu 7 Juli 2019.

Fadholi mengatakan, Kementan juga menyasar penyediaan infrastruktur pertanian menyangkut bantuan benih, alat mesin, asuransi petani dan hal lain yang mendukung peningkatan produksi.

"Banyak petani yang berterima kasih terhadap penyediaan infrastruktur dari Kementan itu. Banyak petani yang merasakan manfaat bantuan untuk usahanya," ucap Fadholi.

Fadholi menuturkan, bantuan infrastruktur yang tak sekadar irigasi menunjukkan cara pandang Kementan selama 4,5 tahun terakhir ditujukan untuk jangka panjang.

"Cukup cerdas ya Kementan sebab mengerti bahwa dukungan infrastruktur untuk produksi pertanian bukan cuma air saja. Tapi perlu juga perhatian khusus lainnya. Nah disediakan juga yang lain itu," ujar Fadholi.

Fadholi beranggapan, dengan ditunjang banyaknya jenis infrastruktur lain dari Kementan seperti saat ini bakal mendorong langkah cepat ketahanan maupun kedaulatan pangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Canangkan Fokus Kerja

Waspadai Perubahan Iklim, Kementan Terapkan TOT untuk Petugas dan Petani
Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) mewaspadai Perubahan Iklim. Maka dari itu perlu kemampuan adaptasi dan pengelolaan dari pelaku utama (petani) yang semakin meningkat.

Untuk informasi, sejak tahun 2015 Kementan telah mencanangkan fokus kerja pada perbaikan infrastruktur pertanian.

Bukan hanya menyediaan kebutuhan air untuk areal persawahan saja, tetapi juga melalui program padat karya kepada petani, khususnya di daerah masih tergolong miskin.

Kementan membagi jenis infrastruktur pertanian menjadi antara lain, pengembangan dan pengelolaan air, sistem pembiayaan usaha, sistem mekanisasi, fasilitasi penyediaan pupuk bersubsidi, dan pendaftaran maupum pengawasan.

Tahun 2020, Kementan kembali berkomitmen semakin meningkatkan andil infrastruktur pertanian. Selain juga kualitas sumber daya manusia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya