Pitaloka Foundation Dukung Pemerintahan Nagari Panampuang Berbasis Data Presisi Agar Bisa Hidup Berkecukupan

Pitaloka Foundation mendukung penyelenggaraan pemerintahan Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat berbasis data presisi.

oleh Devira PrastiwiLiputan6.com diperbarui 14 Jul 2023, 21:43 WIB
Diterbitkan 13 Jul 2023, 20:30 WIB
Pitaloka Foundation Dukung Pemerintahan Nagari Panampuang Berbasis Data Presisi Agar Bisa Hidup Berkecukupan
Pitaloka Foundation Dukung Pemerintahan Nagari Panampuang Berbasis Data Presisi Agar Bisa Hidup Berkecukupan. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Pitaloka Foundation mendukung penyelenggaraan pemerintahan Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat berbasis data presisi.

Direktur Pitaloka Foundation Damhuri Muhammad mengatakan, data yang akurat dan presisi diperlukan supaya program-program pembangunan tepat sasaran.

Sebab, Damhuri ingin masyarakat di Nagari Panampuang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam dapat hidup dengan berkecukupan.

"Program pemerintah akan langsung menyasar pada unsur-unsur pokok kesejahteraan rakyat," ujar Damhuri melalui keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

Hal itu diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang Data Nagari Presisi dengan Fakultas Ekologi dan Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB).

Penandatanganan kerja sama dilakukan bersama Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Fakultas Hukum Universitas Andalas (Unand).

Damhuri menyaksikan langsung perjanjian kerja sama kedua organisasi kampus tersebut. Hal itu merupakan komitmen menjembatani Nagari Panampuang, dalam melakukan riset kebijakan pembangunan bersama IPB, dan Pusako Universitas Andalas.

"Kami sangat mengapresiasi riset kolaborasi ini. Ini merupakan bagian upaya implementasi hasil disertasi Rieke Diah Pitaloka di FISIP, Universitas Indonesia," jelas Damhuri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ingin Nagari Panampuang Jadi Percontohan

Mengintip alur pelayanan e-Samsat
Warga mengisi data kendaraan via Samsat Digital (e-Samsat) di Kantor Bersama Pelayanan Satu Atap Polda Metro Jaya, Senin (26/3). Layanan ini dimaksudkan untuk mempermudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sementara itu, Penemu Data Desa Presisi Sofyan Sjaf mengatakan, pihaknya ingin Nagari Panampuang menjadi percontohan pemerintahan nagari berbasis data presisi.

"Semoga diikuti oleh nagari-nagari lain di Sumatra Barat," ucap Sofyan.

Kemudian, Wali Nagari Panampuang Etri Warmon mengungkapkan, Data Nagari Presisi merupakan mimpi dirinya sejak lama. Tepatnya ketika Etri berkiprah di bagian perencanaan pembangunan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, pada 2010.

"Waktu itu kami menyusun dokumen perencanaan pembangunan dengan data yang masih diproduksi secara manual dan jauh dari presisi. Kini, IPB telah mewujudkan mimpi saya merintis data nagari yang presisi," jelas Etri.

Direktur Pusako Universitas Andalas Charles Simabura menambahkan, pihaknya berkomitmen mendampingi Nagari Panampuang untuk mengonstruksikan norma hukum. Khususnya norma hukum terkait pendataan Data Nagari Presisi.

"Agar dapat menjadi dasar bagi penyelenggaraan pemerintahan Nagari. Data Nagari Presisi ini memerlukan dokumen hukum dalam bentuk Peraturan Nagari (Perna)," jelas Charles.

Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian
Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian (liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya