Marco Kusumawijaya Mundur dari TGUPP, Ini Tanggapan Gubernur Anies

Anies menyatakan bidang di TGUPP akan dihentikan bila kinerja telah diselesaikan.

oleh Ika Defianti diperbarui 11 Des 2019, 19:26 WIB
Diterbitkan 11 Des 2019, 19:26 WIB
Anies Baswedan Resmikan Air Siap Minum
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan sambutan saat peresmian Air Siap Minum di Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta, Selasa (30/4/2019). Fasilitas air siap minum itu diharapkan memberi rasa kenyamanan bagi setiap masyarakat yang memerlukan kebutuhan air minum. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Marco Kusumawijaya mengundurkan diri dari Ketua Bidang Pengelolaan Pesisir dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Marco tercatat mengundurkan diri mulai awal Desember 2019.

Menurut Gubernur DKI Anies Baswedan, tugas Marco sudah selesai pada 1 Desember 2019.

"Memang khusus pada tim pesisir itu mereka sudah menuntaskan pekerjaannya yaitu menyusun rencana untuk pengembangan kawasan pesisir," kata Anies di gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/12/2019).

Dia menjelaskan rancangan pengembangan kawasan pesisir sejak itu telah selesai sejak Oktober 2019 dan seharusnya dapat dipresentasikan pada November 2019. Akan tetapi, dikarenakan Pemprov DKI fokus dalam rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020, presentasi pun belum dilaksanakan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan bidang di TGUPP akan dihentikan bila kinerja telah diselesaikan.

"Jangan diartikan dihapus ya, karena memang tugasnya sudah selesai," ucapnya.

Selain itu, Anies mengatakan hasil kinerja TGUPP merupakan bahan masukan untuk Pemprov DKI Jakarta. Seperti halnya hasil kinerja dari Bidang Pengolahan Pesisir.

"Rancangan itulah yang nanti menjadi bahan di dalam penyusunan revisi RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) dan Zona Kawasan Pesisir. Produknya sudah jadi, maka (tugasnya) selesai,” jelas Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Marco Mundur

Sebelumnya, Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan ( TGUPP) DKI Jakarta Bidang Pengelolaan Pesisir, Marco Kusumawijaya mengundurkan diri dari jabatannya.

Marco tercatat mengundurkan diri mulai awal Desember 2019. Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Suharti.

"Sudah mengundurkan diri sejak 1 Desember," ujar Suharti saat dihubungi, Selasa (10/12/2019).

Dia menyatakan Marco beralasan ingin fokus untuk menulis buku. Sementara itu, sebelum gabung sebagai anggota TGUPP Marco merupakan tim pakar pasangan Anies-Sandi dalam Pilkada DKI 2017.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya