Ular Gigit Penumpang, Egypt Air Mendarat Darurat

Seekor Kobra Mesir mengigit seorang penumpang. Teriakan korban memicu kepanikan.

oleh Liputan6 diperbarui 05 Des 2012, 09:30 WIB
Diterbitkan 05 Des 2012, 09:30 WIB
ular-pesawat-121205b.jpg
Penerbangan Egypt Air dari Kairo menuju Kuwait Senin lalu mendadak heboh, setelah seekor ular berbisa menggigit seorang pria Yordania yang menyelundupkan hewan itu ke dalam pesawat.

Teriakan korban sempat membuat panik dan membuat pilot yang ada di dalam kokpit bertindak. Seperti dimuat CNN, Rabu (5/12/2012), insiden tersebut memaksa pilot melakukan pendaratan darurat di sebuah kota resort di Mesir, Al Ghardaqa  di Laut Merah. Demikian dilaporkan Jordan Times.

Seorang pejabat Egypt Air mengungkapkan, investigasi menguak, seorang penumpang 48 tahun, yang memiliki sebuah toko reptil di Kuwait, menyembunyikan kobra Mesir di tas jinjingnya. Ia berusaha beras mengendalikan ular ganas itu setelah menggigit tangannya, dan mulai merayap di bawah kursi.

Koran Mesir, al-Masry al-Youm melaporkan, pria yang bikin geger itu menjalani perawatan kesehatan, namun ia mengklaim lukanya tak serius.

Pesawat tersebut lalu melanjutkan penerbangan ke Kuwait setelah aparat setempat menyita ular itu.

Dua minggu lalu, seekor kalajengking menyebar kepanikan dalam pesawat saat menyengat salah satu penumpang Airbus 340 rute San Jose, Costa Rica ke Madrid, Spanyol.

Hewan liar yang masuk ke pesawat bisa berujung maut. Seperti yang terjadi di Kongo.

Seperti dimuat News.com.au, 22 Oktober 2010, sebuah kecelakaan pesawat yang menewaskan 19 kru dan penumpang terjadi akibat buaya selundupan yang lepas dari tas olahraga besar yang dibawa salah satu penumpang. Kala itu pesawat dalam  penerbangan dari Kota Kinshasa ke bandara di Bandundu.

Pembunuh Cleopatra

Kobra Mesir, jenis yang sama yang bikin geger di pesawat, kerap ditemukan di kawasan Afrika Utara. Menurut ahli satwa liar, bisa ular tersebut sangat mematikan. Bisa membunuh gajah dewasa dalam waktu tiga jam. Sementara untuk membunuh seorang manusia, ia hanya butuh 15 menit.

Racun pada ular tersebut akan merusak jaringan saraf, membuat korbannya lumpuh dan akhirnya tewas akibat gagal nafas.

Legenda menyebut, di era Mesir Kuno, Ratu Cleopatra menggunakan bisa Kobra Mesir untuk bunuh diri. (EIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya