Megawati Semangati Jokowi Hadapi Covid-19: Bapak yang Tegar, Ini Bukan Hanya Kita

Megawati memberikan semangat kepada Jokowi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan dalam pertemuan para ketum parpol koalisi di Istana Kepresidenan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 28 Agu 2021, 15:21 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2021, 15:16 WIB
Bersama Megawati, Jokowi Beri Arahan Pembumian Pancasila
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri (kiri) saat Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku pernah menyemangati Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Megawati menyampaikan bahwa pandemi ini tidak hanya dialami Indonesia, namun juga negara-negara lain.

Hal ini disampaikan dalam pertemuan para ketua umum partai politik koalisi di Istana Negara Jakarta, Rabu 25 Agustus 2021. Adapun video pertemuan tersebut diunggah di saluran Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (28/8/2021).

"Kalau Bapak belum lupa, kita pernah berbincang mengenai pandemi dan vaksinasi. Waktu bertemu saya bilang, 'Bapak yang tegar saya bilang, ini bukan hanya kita saja, seluruh dunia'," kata Megawati.

Menurut dia, saat ini belum dapat dipastikan apakah kecepatan vaksinasi Covid-19 bagian dari pengobatan dan berapa lama dapat meruntuhkan virus corona. Terlebih, saat ini ada Covid-19 varian delta yang sudah masuk ke Indonesia.

Namun, kata Megawati, hal terpenting saat ini adalah kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Selain itu, dia menilai masyarakat harus diberi pemahaman bahwa vaksin hanya berfungsi meningkatkan imunitas.

"Vaksin ini bukan obat, tapi membuat imunitas kita menjadi tinggi. Mengapa sudah ada yang divaksin bertanya kok kena lagi, karena ya sudah lupa kehati-hatian dan sangat populer sekarang adalah prokes. Itu sangat benar, Bapak," ujarnya.

"Kita sudah benar. Makanya saya bilang dukung Bapak, jalur kita sudah betul," sambung Megawati.

 


Singgung Peran Pancasila

Bersama Megawati, Jokowi Beri Arahan Pembumian Pancasila
Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri saat Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Megawati berharap Presiden Joko Widodo bisa segera mengisi pos yang ditinggal Ma'ruf Amin dan Mahfud Md di BPIP. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden ke-5 RI itu menuturkan, bahwa Pancasila membuat bangsa Indonesia bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19. Dia pun meyakini kondisi ekonomi Indonesia akan membaik apabila masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan.

"Untung sudah ada surat vaksinasi itu juga sebuah bagian yang saya bilang sangat efektif. Di sisi ekonomi Kalau menurut saya, ini segera rakyat mengetahui bahwa vaksinasi ini bisa sangat berperan tapi tetap dengan prokes," tutur Megawati.

Pertemuan Ketum Parpol Koalisi itu dihadiri oleh Ketum dan Sekjen dari PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, PPP, dan PAN. Pertemuan tersebut membahas terkait penanganan pandemi sehingga diperlukan kerja sama dan gotong royong.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya