1 Pelajar di SMP Negeri 2 Depok Positif Covid-19, PTM Terbatas Dihentikan Sementara

Usai didapati satu siswa terkonfirmasi positif Covid-19, satgas Depok melakukan mitigasi dan tracing di sekolah tersebut.

oleh Dicky Agung Prihanto diperbarui 03 Nov 2021, 15:32 WIB
Diterbitkan 03 Nov 2021, 15:28 WIB
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono meninjau pelaksanaan PTM terbatas.
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono meninjau pelaksanaan PTM terbatas. (Liputan6.com/Dicky Agung Prihanto)

Liputan6.com, Jakarta - Satu siswa SMP Negeri 2 Depok terpapar Covid-19. Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sekolah tersebut pun dihentikan sementara.

"Iya ada satu siswa terkonfirmasi positif di SMP Negeri 2 Depok," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana, Rabu (3/11/2021).

Dadang menjelaskan, sesuai ketentuan Perwal Kota Depok terkait PTM terbatas, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok menghentikan sementara pelaksanaan PTM terbatas di SMP tersebut. Penghentian sementara untuk dilakukan mitigasi dan sterilisasi sekolah atau kelas untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"PTMT dihentikan sementara selama satu pekan atau tujuh hari," ungkap Dadang.

Dia mengungkapkan, satgas melakukan tracing di sekolah tersebut. Puluhan siswa dan tenaga pendidik yang kontak erat dengan siswa, dilakukan swab massal untuk mencegah dan mendeteksi penularan Covid-19.

"Kita lakukan swab massal terhadap 50 orang yang kontak erat baik siswa maupun tenaga pendidik," terang Dadang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diduga dari klaster keluarga

Dadang menduga, terkonfirmasi positif siswa SMP Negeri 2 Depok berasal dari klaster keluarga. Namun Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok tetap akan melaksanakan tracing, testing, dan treatment untuk menghentikan penularan Covid-19.

"Selama ini kasus di sekolah berawal dari klaster keluarga, diduga siswa yang terkonfirmasi berawal dari klaster keluarga," pungkas Dadang.

Sebelumnya, siswa terkonfirmasi Covid-19 pada pelaksanaan PTMT di Kota Depok ditemukan pertama kali di SMP Negeri 10 Depok. Di sekolah tersebut ditemukan satu siswa yang terkonfirmasi positif Covid-19 yang berasal dari klaster keluarga.

Saat ini SMP Negeri 10 Depok sudah melaksanakan kembali PTMT dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan Perwal Kota Depok.


Isi Tas Siaga Covid-19 Saat Siswa Ikut PTM Terbatas

Infografis Isi Tas Siaga Covid-19 Saat Siswa Ikut PTM Terbatas. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Isi Tas Siaga Covid-19 Saat Siswa Ikut PTM Terbatas. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya