Jokowi Minta PLN Cari Cara Ganti Suplai Batu Bara dengan Energi Terbarukan

Jokowi mengatakan saat ini negara-negara maju sudah membuat regulasi dengan beleidnya untuk segera meninggalkan energi fosil dan beralih ke listrik.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 20 Nov 2021, 13:21 WIB
Diterbitkan 20 Nov 2021, 13:15 WIB
Presiden Jokowi memberikan arahan ke Direksi dan Komisaris Pertamina, serta PLN
Presiden Jokowi memberikan arahan ke Direksi dan Komisaris Pertamina, serta PLN (dok: Muchlis Jr - Biro Pers)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi, tegas dan serius untuk menggeser suplai energi fosil. Kepada PLN, Jokowi pun mempersilakan mereka untuk mencari cara menyuplai energi sebesar 5 ribu megawatt selain dengan batu bara (coal).

"Jadi itu tugas bapak ibu, bagaimana transisi energi bisa dilakukan. Misal tahun ini harus gol 2022 misalnya 5 ribu megawat geser dari coal ke hydropower, geothermal, atau solar panel. Ini harus diselesaikan kalau tidak, sampai kapan pun tidak akan beres," tegas Jokowi dalam rapat pengarahan yang disiarkan di kanal YouTube Sekeretariat Presiden, Sabtu (20/11/2021).

Jokowi menyadari, semua harus dilakukan bertahap. Kendati hal itu dilakukan dengan sesuai target yang rinci dengan capaian jelas di tiap tahunnya.

"Jadi mana yang tahun depan atau mana yang tahun depannya lagi, silakan, tapi tahapan harus sudah harus ada, agar gimana ini terselesaikan," harap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Seger Tinggalkan Energi Fosil

Selain itu, Jokowi melanjutkan, negara-negara maju saat ini sudah membuat regulasi dengan beleidnya untuk segera meninggalkan energi fosil dan beralih ke listrik.

"Kita juga harus siap, tidak bisa ditunda karena ini kerja cepet-cepetan. Karena siapa yang bisa mengambil peran secepatnya, itu yang akan mendapatkan keuntungan," Jokowi menandasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya