Kena Ganjil Genap, 2 Ribuan Kendaraan Diputar Balik di 5 Gerbang Tol Bandung

Kendaraan paling banyak diputarbalikkan di GT Muhammad Toha. Di lokasi itu, ada 759 kendaraan yang diputar balik oleh petugas.

oleh Muhammad Ali diperbarui 14 Feb 2022, 06:03 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2022, 06:03 WIB
Sistem Ganjil Genap
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bersama Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung mulai mengujicobakan pengaturan kendaraan dengan sistem ganjil genap pada hari ini, Jumat (13/8/2021). (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mencatat sebanyak 2.041 kendaraan yang diputarbalikkan di lima gerbang tol (GT) di Bandung saat penerapan sistem ganjil genap dalam rangka pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung Asep Kuswara mengatakan lima GT itu, yakni GT Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Muhammad Toha, dan Buahbatu. Data tersebut, kata dia, tercatat dari dua hari pemberlakuan ganjil genap yakni Jumat (11/2) dan Sabtu (12/2).

"Sejauh ini ada sebanyak 10.778 kendaraan yang diperiksa, dari jumlah tersebut sebanyak 2.041 kendaraan diputarbalikkan," kata Asep di Bandung, Minggu 13 Februari 2022.

Menurutnya, kendaraan yang diputarbalikkan yang tidak sesuai dengan ketentuan penerapan ganjil genap di Kota Bandung, khususnya kendaraan dari luar Bandung Raya.

Ia mengatakan misalnya, kendaraan tersebut memiliki pelat nomor selain pelat D akan dilakukan pemeriksaan. Setelah itu, kendaraan tersebut akan diputarbalikkan jika angka terakhir pelat nomor tidak sesuai dengan tanggal tersebut.

"Misalnya, tanggal 12 yang merupakan tanggal genap, maka kendaraan selain tanggal genap akan diputarbalikkan," katanya yang dikutip dari Antara.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Minimalisir Mobilitas Masyarakat

Dari data sementara yang dihimpun, kendaraan paling banyak diputarbalikkan di GT Muhammad Toha. Di lokasi tersebut, ada sebanyak 759 kendaraan yang diputar balik oleh petugas.

Pemberlakuan ganjil genap dilakukan guna meminimalisir mobilitas masyarakat dari luar kota guna mencegah laju lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron.

Sejauh ini di Kota Bandung tercatat sebanyak 4.569 kasus aktif COVID-19. Dalam sepekan terakhir, tercatat ada penambahan kasus harian mulai 200 hingga 800 lebih kasus baru COVID-19.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya