Jokowi Kunjungi Lampung Hari Ini Jumat 5 Mei, Cek Jalan Rusak yang Viral

Jokowi menekankan pentingnya pembangunan jalan rusak di daerah. Sebab, jalanan yang rusak mengganggu mobilitas orang dan barang sehingga membuat biaya logistik naik.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 05 Mei 2023, 08:24 WIB
Diterbitkan 05 Mei 2023, 08:24 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi akan mengunjungi Lampung untuk meninjau jalan rusak yang sempat viral. (Dok Humas Sekretariat Kabinet RI)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengunjungi Provinsi Lampung pada hari ini, Jumat (5/5/2023). Jokowi mengatakan kunjungannya tersebut untuk mengecek soal jalan rusak di Lampung yang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

"Saya ingin memastikan, mau lihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu benar atau enggak bener," kata Jokowi di Sarinah Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Menurut dia, pemerintah baru mengumpulkan data-data soal jalan-jalan rusak parah yang ada di kabupaten/kota maupun provinsi. Jokowi menyadari anggaran di provinsi dan kabupaten/kota hanya sedikit yang ditujukan untuk infrastruktur.

"Jadi kita baru mengumpulkan data-data jalan-jalan kabupaten dan kota, jalan-jalan provinsi yang rusak parah karena anggaran yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota tidak banyak mengarahkan pada pembangunan infrastruktur," jelasnya.

Jokowi menekankan pentingnya pembangunan jalan rusak di daerah. Sebab, jalanan yang rusak mengganggu mobilitas orang dan barang sehingga membuat biaya logistik naik.

"Sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain daerah lain. Ini yang kita harus tau semuanya manfaat infrastruktur ada disitu (Lampung)," tutur Jokowi.

Rusaknya jalanan di Lampung, mulai mencuat viral usai seorang Tiktokers bernama Bima menyuarakan keresahannya akan kampung halamannya yang dirasa tidak pernah maju akibat jalan-jalan rusak yang terbengkalai dan tidak mendapat atensi pemerintah setempat.

Unggahan Bima pun mendapat respon positif dan membuat pemerintah Lampung membuka diri. Meski begitu, hal ini sempat menuai polemik sebab gubernur setempat merasa tidak nyaman dengan kritik Bima yang dinilai kurang menggunakan bahasa yang sopan.


Video Jalanan Rusak di Lampung Diperbaiki ala Roro Jonggrang Jadi Cibiran Warganet

Sebagai langkah menyambut kunjungan Presiden Jokowi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi hingga Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad langsung meninjau jalanan rusak di Provinsi Lampung tersebut.

Karena akan dilalui oleh orang nomor 1 di Indonesia, perbaikan jalanan di Lampung pun langsung dikebut semalam ala cerita rakyat Roro Jonggrang.

Sejumlah video yang memperlihatkan perbaikan jalan ala Roro Jonggrang yang dibagikan oleh akun Twitter @PartaiSocmed pun ramai dikomentari oleh warganet.

 

Infografis Indeks Infrastruktur Indonesia
Infografis Indeks Infrastruktur Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya