JIS Jadi Alternatif Venue Piala Dunia U-17, DPRD DKI Harap Akses Jalan Segera Diperbaiki

Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M. Taufik Zoelkifli (MTZ) menilai, Jakarta International Stadium (JIS) sudah sangat layak menyelenggarakan Piala Dunia U-17 di akhir tahun nanti.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Jun 2023, 13:10 WIB
Diterbitkan 30 Jun 2023, 13:10 WIB
Transjakarta Rute Stadion JIS-Senen Mulai Beroperasi
Bus Transjakarta menunggu penumpang di Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Selasa (1/3/2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai melakukan uji coba layanan non bus rapid transit (non BRT) rute 14 yang melayani trayek Stadion JIS - Senen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta M. Taufik Zoelkifli (MTZ) menilai, Jakarta International Stadium (JIS) sudah sangat layak menyelenggarakan Piala Dunia U-17 di akhir tahun nanti. Meski demikian, ia memiliki beberapa catatan fasilitas yang harus diperbaiki di sana.

“Sudah sangat baik. Cuman memang tidak ada yang sempurna. Jadi kaya ada kekurangan,” kata MTZ ketika dihubungi, Jumat (30/6/2023).

Sebagai contoh, MTZ berharap akses jalan ke JIS diperbaiki agar transportasi umum nyaman digunakan bagi orang yang ingin datang ke sana.

“Kalau tempat parkir, memang saran dari FIFA itu kan memang tidak memperbanyak atau meminimalisir tempat parkir supaya orang datang ke situ tidak memakai kendaraan pribadi tapi transportasi umum sehingga mengurangi polusi dan kemacetan,” ujar MTZ.

“Kemudian tentang akses. memang belum dibuka pintu-pintu lain. Katanya baru satu pintu karena belum dibuka yang lainnya dan tentang akses-akses ke situ memang harus diperhatikan lingkungannya seperti apa,” sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Jakarta Internasional Stadium (JIS) Jakarta untuk direnovasi sesuai standar. Hal itu, menyusul adanya usulan terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 digelar di JIS.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan, pihaknya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat untuk mengecek bagaimana kondisi JIS apakah layak digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Memang beberapa catatan buat JIS itu terkait pintu ya, akses pintu, parkir, dan apa saya lupa. Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini," kata Dito, saat ditemui di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu 28 Juni 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


JIS Bakal Segera Direnovasi

Foto: Jakarta International Stadium (JIS) dalam Bingkai Masa, Resmi Dijajal Sang Tuan Rumah Persija Dihadapan Ribuan The Jakmania
Tribun penonton di Jakarta Internasional Stadium (JIS) sebelum laga International Youth Championship 2021 antara Barcelona U-18 melawan Atletico Madrid U-18 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Jumat (15/04/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dito Ariotedjo juga menuturkan, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berjanji akan segera melakukan perbaikan atau renovasi di JIS.

"Nah ini secepatnya sedang Pemprov DKI Pak gubernur Heru sudah merespons katanya akan segera memperbaiki," ujar Dito ditemui di kantor DPP Golkar, Jakarta, Kamis 29 Juni 2023.

Dito akan mencari solusi bersama dengan Heru terkait renovasi JIS. Seperti masalah akses dan parkir. Politikus Golkar ini juga menyoroti akses transportasi publik yang menjadi masalah.

"Dan karena kereta dan stasiun belum jadi, nanti kita harus cari solusinya juga jika JIS digunakan buat event," jelasnya.

Pekan depan, Dito dan Heru akan meninjau JIS untuk melihat potensi dan apa saja yang diperlukan untuk renovasi.

"Iya ini, saya rencana minggu depan bersama pak Heru mungkin kita akan melihat JIS biar memastikan alokasi dan melihat potensi ke depan. Yang pasti stadion-stadion di Indonesia ini yang memiliki potensi harus kita optimalisasi," jelasnya.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya