Peringati HUT ke-78 RI, KPK: Indonesia Maju Hanya Terwujud Jika Indonesia Bebas Korupsi

Ghufron menyebut pemberantasan korupsi masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan diperangi bersama-sama.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 17 Agu 2023, 10:56 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2023, 10:56 WIB
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang mengenakan pakaian adat Madura menjadi inspektur upacara dalam upacara hari kemerdekaan RI.
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang mengenakan pakaian adat Madura menjadi inspektur upacara dalam upacara hari kemerdekaan RI.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar rangkaian upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) di halaman gedung Merah Putih KPK, Kamis (17/8/2023). Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang mengenakan pakaian adat Madura menjadi inspektur upacara dalam upacara hari kemerdekaan RI.

Dalam pidatonya, Ghufron menyebut pemberantasan korupsi masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan dan diperangi bersama-sama. Menurut Ghufron, Indonesia tak akan pernah bisa menjadi negara yang maju jika korupsi masih mendarah daging.

“Indonesia maju hanya akan terwujud jika Indonesia bebas korupsi, di sinilah peran KPK mengawal dan memastikan gerak pembangunan dan pemerintahan mewujudkan Indonesia maju,” ucap Ghufron.

Ghufron mengatakan peringatan kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia ini menjadi hari yang penuh makna. Menurut Ghufron ini merupakan momen merayakan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan.

"Kemerdekaan yang telah para pahlawan raih adalah jembatan emas menuju keadilan dan kemakmuran, untuk itu mari kita teruskan perjuangan para pahlawan," pesannya.

Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di KPK sendiri dimulai sejak pukul 07.00 WIB dengan dihadiri seluruh insan komisi. Para peserta hadir dengan mengenakan berbagai pakaian adat daerah yang merepresentasikan kebhinekaan adat dan budaya Indonesia.

"Kita jadikan Merah Putih sebagai semangat kita untuk memberantas korupsi demi Indonesia yang adil makmur. Adil dalam kemakmuran, makmur dalam keadilan," tutup Ghufron.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KPK Gelar Perlombaan Peringati HUT ke-78 RI

Dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 RI ini, sejak Rabu 9 Agustus 2023 hingga Selasa 15 Agustus 2023, KPK menggelar berbagai perlombaan dengan mengajak seluruh insan KPK dari setiap unit kerjanya untuk adu keterampilan dan kecepatan.

Adapun lomba yang diperebutkan para kontingen yakni lomba balap karung, estafet tepung, makan kerupuk, memecahkan balon, puisi, cerdas cermat, pakaian acak, serta menyanyikan lagu daerah.

Untuk memeriahkan acara, juara dari masing-masing perlombaan pun diumumkan usai seluruh insan KPK melangsungkan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya