Sandiaga Uno Sebut Kabupaten Lebak Jadi Daerah Ekonomi Kreatif Pertama Di Banten

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menetapkan kabupaten Lebak sebagai kabupaten ekonomi kreatif pertama di Banten. Disebut akan menyusul daerah lainnya di provinsi tersebut.

oleh Yandhi Deslatama diperbarui 20 Agu 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 20 Agu 2023, 08:30 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Sabtu (19/08/2023). (Yandhi/Liputan6.com)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Sabtu (19/08/2023). (Yandhi/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menetapkan kabupaten Lebak sebagai kabupaten ekonomi kreatif pertama di Banten. Disebut akan menyusul daerah lainnya di provinsi tersebut.

"Yang sudah itu ada Kabupaten Lebak sudah menjadi kabupaten ekonomi kreatif. Mungkin menyusul Kabupaten Serang," kata Menparekraf Sandiaga Uno di Plaza Aspirasi Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Sabtu (19/8/2023).

Politikus PPP ini pun berharap pemerintah daerah bisa mempercepat proses uji petik agar daerah bisa dinilai dan memungkinkan mendapatkan gelar kabupaten kreatif.

Adapun, uji petik merupakan salah satu instrument pemantauan dengan melakukan kunjungan langsung, rutin, terjadwal dan terukur, secara sampling ke kabupaten/kota dan desa/kelurahan.

"Beberapa hari kedepan, tidak pakai lama, tidak pakai birokrasi, ini bisa kita proses, sehingga tahun depan akan mulai proses uji petiknya, sehingga nanti akan ada penempatan setelah lolos semuanya, Kabupaten Serang menjadi kabupaten kreatif," jelas Sandiaga Uno.

Dia pun mengungkapkan, pemerintah pusat menargetkan ada 4,4 juta lapangan pekerjaan tercipta dari sektor ekonomi kreatif pada 2024 mendatang. Salah satunya, dari Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Tanjung Lesung di Kabupaten Lebak, Banten.

Sandiaga Uno pun menuturkan, akan ada dua investor yang berencana masuk untuk pembangunan di Banten Selatan itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jalan Tol

Sandiaga Uno juga mengaku, jika jalan tol Serang-Panimbang sudah terhubung, bisa memangkas perjalanan dari Jakarta ke Tanjung Lesung yang sebelumnya sekitar enam jam, menjadi dua jam saja.

Tanjung Lesung akan berfokus pada wisata yang melibatkan manusia dan lingkungan, sehingga bisa terus diminati masyarakat umum.

"Tadi saya dalam perjalanan kesini ada dua investor besar, karena ternyata mereka belum terinfokan ada jalan tol. Ini akan merubah permainan secara global dan sebagai salah satu KEK pertama kita akan dorong secara habis habisan, agar eco tourism ini bisa masuk kedalam ekosistem baru, yaitu eco tourism. Kita harapkan nanti ada investasi lainnya," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya