Panglima TNI Rotasi 256 Pati, Pangdam Jaya Mayjen M Hasan Diangkat Jadi Pangkostrad

Panglima TNI merotasi sejumlah jabatan strategis, mulai dari Kasum, Irjen, Pangkostrad, Pangdam Jaya, hingga Kapuspen.

oleh Tim News diperbarui 27 Jul 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2024, 18:02 WIB
Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan, dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya.
Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mohamad Hasan, dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya. (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto melakukan penyegaran di tubuh Tentara Nasional Indonesia, dengan merotasi dan memutasi jajarannya di tingkat Perwira tinggi (Pati). Total ada 256 Pati TNI di lingkungan Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) yang dirotasi.

Rotasi dan mutasi tersebut sebagaimana tercantum dalam keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 dan hasil sidang Wanjakti Tahun Anggaran (TA) 2024 pada 18 Juli 2024.

Beberapa jabatan strategis di TNI dan satuan kerja yang dirombak salah satunya adalah Kepala Staf Umum (Kasum) TNI. Pejabat sebelumnya yakni Letjen Bambang Ismawa dimutasi menjadi Pati Mabes AD dalam rangka jelang masa pensiun.

Nantinya jabatan Kasum TNI akan digantikan oleh Letjen Richard T.H Tampubolon yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III.

Sedangkan jabatan Pangkogabwilhan III akan diisi oleh Mayjen Bambang Trisnohadi. Dengan promosi ini, maka Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menjabat Pangdam IX Udayana naik pangkat menjadi Letnan Jenderal atau jenderal bintang tiga.

Selanjutnya, jabatan Pangdam IX Udayana akan digantikan oleh Mayjen Muhammad Zamroni.

Lebih lanjut, Irjen TNI Laksamana Madya Dadi Hartanto akan digantikan oleh Letjen Muhammah Saleh Mustafa yang sebelumnya menjadi Panglima Komando Cadangan Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad).

Selanjutnya, jabatan yang ditinggalkan M Saleh akan diisi oleh Mayjen Muhammad Hasan yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya. Sebagai gantinya, Mayjen Rafael Grana Baay akan mengemban jabatannya Pangdam Jaya yang ditinggalkan M Hasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kapuspen TNI dan Kadispenad Diganti

KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Sertijab
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin sertijab tiga jabatan tinggi di TNI AD. Brigjen TNI Kristomei Sianturi didapuk menjadi Kadispenad. (Foto: TNI AD)

Kemudian yang tidak kalah penting yakni Mayjen Nugraha Gumilar yang menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI akan dipindah tugaskan sebagai dosen tetap Universitas Pertahanan.

Jabatan Kapuspen akan digantikan oleh Brigjen TNI Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kasdam XVII Cendrawasih.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) juga turut dirotasi oleh Panglima TNI. Jabatan yang sebelumnya diemban oleh Brigjen Kristomei Sianturi ini akan digantikan oleh Kolonel Wahyu Yudhayana.

Sementara itu, Kristomei akan ditugaskan menjadi Danmertar Akademi Militer.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com

Infografis Revisi UU TNI dan Usulan Hapus Larangan Prajurit Berbisnis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Revisi UU TNI dan Usulan Hapus Larangan Prajurit Berbisnis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya