Gaji Hakim Gazalba Saleh hingga November 2022 Capai Rp6 M, Penghasilan per Bulan Rp77 Juta

Gazalba juga memperoleh tunjangan bergantung jumlah perkara yang ditangani sesuai PP No 82 Tahun 2021 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim Agung dan Hakim Konstitusi.

oleh Tim News diperbarui 05 Agu 2024, 16:17 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 16:17 WIB
Sidang perkara gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh.
Sidang perkara gratifikasi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Hakim Agung nonaktif Gazalba Saleh. (Merdeka.com/Rahmat Baihaqi)

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa total gaji yang diterima oleh Hakim Agung Nonaktif Gazalba Saleh dari awal jabatannya pada Desember 2017 hingga November 2022 telah mencapai lebih dari Rp6 miliar.

Hal itu diungkapkan Jaksa dalam sidang lanjutan perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Gazalba di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Senin (5/8/2024).

Jaksa awalnya membacakan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pegawai Mahkamah Agung (MA) Citra Maulana yang juga dihadirkan dalam sidang Gazalba sebagai saksi. Jaksa pun membeberkan gaji bulanan yang didapatkan Gazalba senilai Rp77 juta.

"Tadi sudah dijelaskan gaji Pak Gazalba ya, penghasilan Pak Gazalba, ini di BAP nomor 9 ini kami ambil alih ya Pak, ini dari mulai Desember 2017 sebesar Rp 77.129.300," ungkap Jaksa sambil mengkonfirmasi ke saksi.

"Betul," saut Maulana.

"Sampai dengan kapan pak terakhir?" tanya Jaksa.

"Terakhir November 2022," ungkap Citra.

Kemudian, Gazalba juga memperoleh tunjangan bergantung jumlah perkara yang ditangani sesuai PP No 82 Tahun 2021 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim Agung dan Hakim Konstitusi. Peraturan tersebut menurut Maulana berlaku pada tahun 2021.

Gaji Gazalba pun terus meroket, pada bulan Januari hingga Februari 2022 saja gaji pokok yang diterima Gazalba sudah Rp79 juta perbulannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sistem Gaji

Gazalba Saleh Kembali Ditahan KPK
Untuk perkara yang pernah disidangkan dan diputus Gazalba Saleh, terdapat pengondisian terkait amar isi putusan yang mengakomodir keinginan dan menguntungkan pihak-pihak berperkara yang mengajukan upaya hukum di MA. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Maulana menjelaskan untuk sistem gaji yang diberikan ke pegawai di MA selalu diberikan melalui transfer. Sekalipun ada pegawai yang minta gajinya diminta agar diterima secara tunai, hal tersebut tidak bisa dilakukan.

"Apakah kemudian ada juga Pegawai yang minta dibayarkan dengan mata uang asing?" tanya Jaksa.

"Enggak, selalu rupiah," jelas saksi.

"Total dari Pak Gazalba menjadi hakim Agung sampai dengan November 2022 tadi Rp 4.600.000.000 plus Rp 1.600.000.000 ya ini sudah di sistem, totalnya Rp 6.271.000.000," beber Jaksa.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

Infografis Hakim Terjerat Kasus Suap Pengurusan Perkara di Mahkamah Agung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Hakim Terjerat Kasus Suap Pengurusan Perkara di Mahkamah Agung. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya