Rayakan HUT ke-79 RI, Pemprov Jakarta Gelar Konser Musik hingga Air Mancur Menari di Silang Monas

Masyarakat dapat menyaksikan acara secara gratis selama gelaran acara perayaan HUT RI ke-79. Akan ada berbagai acara hiburan yang akan disuguhkan, meliputi atraksi video mapping, air mancur menari, hingga konser musik di lapangan Monas.

oleh Winda Nelfira diperbarui 13 Agu 2024, 11:46 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 11:46 WIB
Libur dul Adha di Monas
Warga berwisata mengunjungi kawasan wisata Monumen Nasional (Monas) di Gambir. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia bakal digelar pada 17 Agustus 2024. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal turut memeriahkan hari jadi Indonesia itu dengan menghelat acara bertajuk 'Gemilang Silang Monas'.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, acara Gemilang Silang Monas akan digelar selama dua hari, yakni pada 17-18 Agustus 2024. 

"Rayakan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama Gemilang Silang Monas," kata Andhika dalam keterangannya, dikutip Selasa (13/8/2024).

Andhika menyebut, masyarakat dapat menyaksikan acara secara gratis. Akan ada berbagai acara hiburan yang akan disuguhkan, meliputi atraksi video mapping, air mancur menari, hingga konser musik.

"Catat tanggalnya ya, Gemilang Silang Monas 17-18 Agustus 2024 di Silang Barat Monumen Nasional," ujarnya. 

Adapun konser musik, akan dimeriahkan dangan penampilan sejumlah musisi Tanah Air, seperti Arda Hatna, Badai, Angkasa Band, Sandrina, Hesty Klepek-klepek, hingga Luvia Band. Selama dua hari itu, kawasan Monas, Jakarta Pusat akan dibuka dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Sedangkan area tugu Monas bisa diakses pada pukul 08.00 - 18.00 WIB.

"Yuk, ajak sahabat dan keluarga merayakan kemerdekaan hanya di Gemilang Silang Monas. Sampai jumpa di Monas," kata Andhika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kirab Sang Saka Merah Putih ke IKN

6 Potret Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke IKN, Pertama dalam Sejarah
Kirab Bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Monas ke IKN. (sumber: Instagram/jokowi / Muchlis Jr & Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Sekretariat Presiden (Setpres) menginformasikan duplikat Bendera Sang Saka Merah Putih berikut teks proklamasi akan dikirim dari Jakarta, menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, melalui prosesi kirab, Sabtu, 10 Agustus 2024. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Jakarta, mengatakan prosesi ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa pukul 08.00 WIB dari Monumen Nasional, Jakarta ke IKN melalui pelaksanaan kirab," katanya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan prosesi kirab akan diawali dengan penyerahan duplikat bendera Merah Putih dan teks proklamasi yang ada di Ruang Kemerdekaan Monumen Nasional dari Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Tim Purna Paskibraka.

 


Kirab Berlangsung Lebih Panjang

Ilustrasi Hari Kemerdekaan RI, HUT RI
Ilustrasi Hari Kemerdekaan RI, HUT RI. (Celebration vector created by freepik - www.freepik.com)

Tim Purna Paskibraka 2023 yang akan bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya, kata Yusuf, bendera dan teks proklamasi tersebut akan dibawa menggunakan kendaraan taktis (rantis) “Maung” dengan iring-iringan dari Paskibraka DKI Jakarta, pasukan berkuda, hingga marching band.

"Jika tahun-tahun sebelumnya, bendera Merah Putih dan teks proklamasi dibawa dari Monas langsung ke Istana Merdeka, maka tahun ini prosesi kirabnya menjadi lebih panjang," katanya.

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya