Akhir Kisah Adiguna, Flo, dan Vika

Vika Dewayani, istri muda Adiguna mencabut laporan tentang perusakan rumahnya di Mapolda Metro Jaya.

oleh Liputan6 diperbarui 21 Nov 2013, 00:25 WIB
Diterbitkan 21 Nov 2013, 00:25 WIB
1-adiguna-datangi-polda-131120b.jpg
Drama Adiguna Sutowo, Vika Dewayani, dan Anastasia Florina Limasnax memasuki babak akhir. Vika Dewayani, istri muda Adiguna mencabut laporan tentang perusakan rumahnya di Mapolda Metro Jaya.

Walaupun laporan dicabut, polisi menyatakan Vika, Florina, dan beberapa pihak terkait tetap akan dipanggil dan diperiksa tentang kasus perusakan rumah istri kedua pengusaha Adiguna itu.

"Ya, ada utusan Vika datang kirim surat cabut laporan (LP) dan sedang dipelajari. Namun Vika juga akan dipanggil untuk diperiksa dan ditanya sebab apa dirinya mencabut laporan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Polda Metro Jaya, Rabu (20/11/2013).

Dalam kasus perusakan rumah Vika Dewayani di Jalan Pulo Mas Barat VII, Blok D2, No 3, Kayu Putih, Jakarta Timur, pada Sabtu dini hari 26 Oktober itu, Anastasia Florina Limasnax alias Flo yang merupakan istri musisi dari band Padi, dan sopir Adiguna bernama Daryono sudah dijadikan tersangka.

"Jadi, walaupun laporannya sudah dicabut kepolisian tetap akan memeriksa Vika, Flo, dan seluruh pihak terkait dalam kasus perusakan itu," tegas Rikwanto.

Pencabutan laporan tersebut sebelumnya disampaikan Syarifudin Noor, kuasa hukum Vika Dewayani. Dia mengatakan, kliennya kemungkinan akan mencabut pengaduan kasus tersebut asalkan Flo menunjukkan batang hidungnya dan menjalani pemeriksaan oleh penyidik.

"Kita hanya menunggu, kalau Flo sudah hadir menemui penyidik baru klien saya mencabut laporan," ujar Syarifudin di Jakarta, Senin 18 November.

Syarifudin juga berharap, setelah pencabutan laporan perusakan terhadap kediaman Vika oleh Flo itu, penyidikan dapat dihentikan. "Saat dicabut laporan, klien saya berharap penyidikan berhenti. Masa laporan dicabut, penyidikan masih berjalan," ujarnya.

Dari Mulut Adiguna, Flo Rusak Rumah Vika

Teka-teki pelaku penabrak rumah istri pengusaha Adiguna Sutowo, Vika Dewayani di Pulo Mas, Jakarta Timur, yang sempat simpang siur telah terungkap. Adiguna mengakui  Flo sebagai pelakunya.

Kompol Budi Hermanto selaku Kanit II Subdit Jatantas Polda Metro Jaya menyatakan hal tersebut usai memeriksa Adiguna Sutowo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta pada Selasa 19 November malam. Budi menjelaskan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP), Adiguna mengakui penabrak rumah Vika dengan menggunakan mobil Mercedes Benz adalah Flo.

Budi menjelaskan, dalam pemeriksaan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam itu, pihak penyidik menanyakan sebanyak 29 pertanyaan. Dan dari hasil pemeriksaan tersebut Adiguna mengakui bahwa saat tragedi penabrakan dan perusakan rumah istrinya, anak mantan bos Pertamina Ibnu Sutowo itu berada dalam 1 mobil bersama Flo.

"Pemeriksaan kurang lebih 2 jam, ada 29 pertanyaan. Memang pada saat kejadian Adiguna ada di mobil, tidur dan pusing. Di mobil bersama dengan Flo," ungkap Budi.

Dalam pemeriksaan tersebut Adiguna mengaku sudah kenal lama dengan Flo. Dan sebelum kejadian di rumah Vika, keduanya sempat jalan bersama.

"Pak Adiguna sudah kenal lama dengan Flo. Sebelumnya mereka memang jalan bareng. Dan akhirnya pada waktu itu Pak Adiguna bersama dengan Flo mau ketemu Vika tapi Vika tidak ada di tempat," tandas Budi.

Keduanya berada dalam satu mobil yang digunakan untuk merusak rumah Vika dan disopiri Daryono. Kepolisian menyatakan, bukan Adiguna yang memerintahkan Flo untuk merusak rumah istrinya.

"Adiguna duduk di belakang dan sambil tidur-tiduran saja. Dan dia (Adiguna) tidak menyuruh untuk perusakan," kata Rikwanto.

 Rikwanto menuturkan, Piyu tak mengetahui dekatnya hubungan antara Adiguna dan Flo. "Piyu tidak tahu kalau hubungan Adiguna dan Flo semakin akrab. Tapi kalau soal mereka berdua berteman, Piyu tahu," ucap Rikwanto.

Adiguna dan Flo Dekat 3 Tahun Terakhir

Adiguna mengaku menjalin pertemanan dengan tersangka Flo sejak 7 tahun terakhir. Dan 3 tahun belakangan ini hubungan pertemanan keduanya semakin dekat.

"Tujuannya ke rumah Vika itu memang ide mereka berdua. Adapun tujuan mereka berdua ke rumah Vika, ingin menjelaskan kepada Vika bahwa mereka (Adiguna-Flo) semakin dekat," kata Budi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Karena kedekatan itulah, dia dan Flo bermaksud menjelaskan hubungan mereka kepada Vika dengan menemuinya usai dari Bengkel Cafe, kawasan Sudirman.

Polisi menduga, karena kedekatannya itulah, Adiguna melindungi Flo. "Dia sengaja untuk menutupi Flo dan beranggapan tidak akan ada kasus. Yang jelas konteksnya Adiguna melindungi Flo, karena teman yang semakin akrab," ucap Rikwanto.

Dugaan ini diketahui saat Adiguna menggelar keterangan pers bersama Piyu beberapa waktu lalu. Dalam keterangan pers itu, Adiguna mengaku dirinya yang melakukan perusakan terhadap rumahnya Vika.

Wajah Pucat Adiguna Dijemput Paksa

Pengusaha Adiguna Sutowo akhirnya dijemput paksa penyidik Polda Metro Jaya pada Selasa 19 November malam setelah 3 kali mangkir dari pemeriksaan. Adiguna hanya bisa menunduk saat tiba di Polda Metro sekitar pukul 19.21 WIB.

Adiguna datang dengan mengenakan polo shirt berwarna biru muda diam dan tak mau menjelaskan alasan dirinya tidak mau memenuhi panggilan dan harus dijemput paksa penyidik.

Ditemani 3 rekannya, Adiguna Sutuwo akhirnya tiba di Mapolda Metro Jaya pada pukul 19.21 WIB. Matanya terlihat merah dan wajahnya pucat. Sambil menggenggam tisu, dia datang dengan mengenakan polo shirt berwarna biru muda.

Dimanakah Flo?

Flo, belum diketahui batang hidungnya. Polisi menetapkan buron terhadap istri Piyu Padi itu. Polisi berharap Flo keluar dari persembunyiannya. Flo juga diminta menyerahkan diri.

Polisi menyatakan, ada 2 kemungkinan mengenai keberadaan Flo, hingga keberadaannya misterius. "Kalau untuk yang dicari jika sampai sekarang belum ketemu. Itu ada 2 (kemungkinan). Kalau tidak sembunyi, ya disembunyikan," tutur Rikwanto beberapa waktu lalu.

Dia mengingatkan, bagi pihak-pihak yang menyembunyikan keberadaan Flo akan berurusan dengan hukum. Karena itu berarti telah melindungi tersangka yang dicari kepolisian. "Kalau memang ada yang menyembunyikan, ya kita akan kenakan pasal, pasti," tandasnya.

Adiguna juga mengaku tidak mengetahui keberadaan Flo, walau hubungan keduanya dekat. "Dia (Adiguna) juga tidak tahu posisi Flo, terakhir menurut Adiguna dia bertemu dengan Flo saat konpers dengan Piyu," ujar Rikwanto. (Mvi)

[Baca juga: Ada Apa dengan Mertua Dian Sastro?]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya