Tanggul di Pluit Jebol? Lurah: Hanya Imbas Air Rob

Hujan deras yang mengguyur kawasan itu sepanjang malam tadi membuat ketinggian air di Kali Muara Karang mencapai 225 cm.

oleh Moch Harun Syah diperbarui 03 Des 2013, 13:05 WIB
Diterbitkan 03 Des 2013, 13:05 WIB
pltu-muara-karang-130122c.jpg
Tanggul Kali Muara Karang di Pluit, Jakarta Utara, dikabarkan jebol. Namun hal itu dibantah oleh Lurah Pluit Yahya Tutang.

"Nggak jebol, itu hanya limpasan air rob. Tadi pagi sampai 225 cm dan sekarang sudah di angka 200 cm. Dan itu air hanya lari ke got," kata Yahya kepada Liputan6.com di Jakarta Utara, Selasa (3/12/2013).

Sementara limpasan air juga tidak membuat panik warga karena letaknya yang jauh dari pemukiman. Yahya menuturkan, hujan deras yang mengguyur kawasan itu sepanjang malam tadi membuat ketinggian air di Kali Muara Karang mencapai 225 cm.

Namun saat ini Kepala Pekerjaan Umum (PU) Sudin Tata Air tengah membuat tanggul agar air tak membanjir lagi. "Di sana ada proyek Dinas PU buat sheet pile (dinding penahan). Jadi kebetulan proyek itu belum selesai jadi air limpas. Saat ini sudah ada karung pasir," ujar Yahya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas PU Tata Air, Wagiman Silalahi membenarkan adanya pembangunan sheet pile. Dan air yang keluar dari kali hanya limpasan. "Iya lagi kita bangun sheet pile. Air jam 07.00 WIB pagi tadi naik jadi limpas ke got yang ada di sebelah kali. Dan itu hanya sebentar," terang Wagiman. (Ndy/Ism)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya