11 Tips Praktis Belajar Bahasa Inggris Kapanpun dan Dimanapun

Ingatlah bahwa siapapun dapat belajar Bahasa Inggris, selama mereka mau meluangkan waktu dan berusaha dengan konsisten, termasuk Anda.

oleh Liputan6.com diperbarui 25 Mei 2021, 12:15 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2021, 12:14 WIB
Situs Belajar Bahasa Inggris Online
Situs Belajar Bahasa Inggris Online (sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat, Anda harus bekerja keras dan cerdas. Jika Anda ingin memberikan diri Anda yang terbaik pada pembelajaran berkualitas tinggi maka Anda perlu mengetahui rahasia mengambil informasi dengan cepat dan bagaimana cara terbaik untuk menyimpannya.

Mengutip Study International, Selasa (25/5/2021), berikut adalah 11 tips praktis dan efektif untuk membantu memaksimalkan pengalaman belajar Anda.

1. Jangan ragu

Jangan ragu, bicaralah! Semakin banyak Anda duduk di sana dan memikirkannya, semakin sulit bagi Anda untuk berbicara. 

Pastikan bahwa setiap kali Anda menemukan kesempatan untuk berbicara dalam Bahasa Inggris, di kelas bahasa Inggris misalnya, catat berapa kali Anda mampu berkontribusi dan cobalah untuk menggandakannya di lain waktu. 

2. Jangan meminta maaf

Mengatakan "Maaf, tetapi saya tidak bisa berbahasa Inggris" karena Anda takut membuat kesalahan adalah hal yang tidak benar. Ingatlah bahwa Anda sedang belajar dan itu berarti Anda boleh membuat kesalahan atau hanya membentuk setengah kalimat pada awalnya. 

Alih-alih hanya mengatakan Anda tidak berbicara bahasa Inggris dan menutup peluang, cobalah frasa seperti "Maaf, bisakah Anda mengulanginya / berbicara lebih lambat / mengatakannya secara berbeda?" atau "Bisakah Anda menjelaskannya?" 

Ingatlah bahwa Anda justru dapat mengubah situasi menjadi kesempatan lain untuk berlatih.


3. Jangan takut membuat kesalahan

Ketakutan adalah penghalang untuk belajar dan hal yang tidak perlu dilestarikan. Jika Anda menahan diri karena takut orang-orang akan menertawakan Anda, atau Anda memiliki pemahaman tata bahasa yang sempurna tetapi Anda tidak dapat melakukan percakapan, maka Anda hanya akan memperlambat kemajuan Anda. 

Ingatlah bahwa semua orang yang pernah belajar bahasa pasti pernah membuat kesalahan, merasa konyol, dan berpikir bahwa mereka tidak sebaik orang lain di kelas. Kesalahan demi kesalahan hanyalah proses yang perlu Anda lalui untuk belajar. 

Jadi, jika Anda ingin menjadi penutur bahasa Inggris yang hebat, Anda harus membuat dan belajar menerima kesalahan.

4. Jangan menyerah

Seperti halnya keterampilan baru apapun yang Anda coba pelajari, akan ada periode dimana Anda merasa tidak akan pernah mendapatkannya. Tidak ada yang terlahir sebagai penutur bahasa Inggris alami jika itu bukan bahasa pertama mereka.

Tetapi, seperti keterampilan apa pun, semakin banyak Anda berlatih dan semakin lama Anda berlatih, maka akan semakin baik kemampuan Anda. Bayangkan diri Anda sebagai seorang atlet yang sedang berlatih, maka Anda perlu meluangkan waktu latihan jika Anda ingin melampaui batas.

5. Jangan terjemahkan 'kata demi kata'

Jika Anda menerjemahkan setiap kata yang Anda dengar ke dalam bahasa ibu Anda, maka Anda benar-benar memperlambat kemajuan Anda. 

Alih-alih melakukan hal itu, lebih baik asah kata-kata yang Anda pahami dan gunakan semua petunjuk kontekstual yang terjadi dalam percakapan, mulai dari gerak tubuh dan ekspresi wajah, hingga gambar atau tindakan apapun yang terjadi pada waktu yang sama.

6. Dengarkan semuanya

Jika Anda mendengarkan hanya dalam konteks struktur tata bahasa yang ketat atau kata-katanya sendiri, Anda akan merasa lebih sulit untuk maju. Jauh lebih baik untuk belajar memahami frasa, karena inilah yang akan membuat pemahaman Anda lebih lancar. 

Anda dapat melakukannya dengan mendengarkan film, TV, buku audio, dan radio berbahasa Inggris. Dengan begitu, Anda tetap dapat memahami bahasa Inggris yang sebenarnya daripada mempelajari buku.


7. Membuat catatan

Akan berguna untuk menyimpan buku catatan bersama Anda atau menggunakan aplikasi catatan di ponsel Anda sehingga Anda dapat menuliskan seluruh frasa yang Anda dengar. 

Entah itu karena Anda belum memahami sesuatu atau Anda pikir itu adalah frasa yang bagus dan Anda ingin menggunakannya lagi. Jika Anda mencatatnya maka kemungkinan besar Anda akan dapat mengingatnya saat Anda membutuhkannya  dan untuk dapat menggunakan seluruh frasa, bukan hanya satu kata.

8. Tetapkan target dan tujuan yang jelas

Untuk mempertahankan perspektif dan tetap termotivasi, Anda perlu mengingat mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan.

Apa target Anda? Yaitu bisa belajar bahasa Inggris, belajar bahasa baru, ingin bepergian ke negara berbahasa Inggris atau bahkan Anda akan bekerja di negara berbahasa Inggris.

Selain bertanya tentang apa yang menjadi tujuan Anda, Anda juga bisa bertanya pada diri sendiri tentang berapa lama Anda ingin belajar bahasa Inggris, metode belajar apa yang ingin Anda gunakan, dan bagaimana Anda akan tahu kapan Anda telah mencapai titik yang disukai.

9. Jika rusak, perbaiki!

Ketika Anda menemui jalan buntu dengan pembelajaran Anda, inilah saatnya untuk menemukan cara baru untuk melakukannya. Semakin banyak metode yang dapat Anda gabungkan ke dalam pengalaman belajar, semakin cepat Anda akan belajar. 

Cobalah semuanya! Baik itu sumber belajar online, podcast, radio digital, film dan TV, mendengarkan musik berbahasa Inggris, menemukan guru baru, atau bahkan melakukan panggilan Skype langsung dengan penutur bahasa Inggris.


10. Ingatlah bahwa kebutuhan belajar Anda bersifat individual

Anda mungkin memang membutuhkan buku teks. Tetapi, Anda tidak harus mematuhinya secara religius karena kebutuhan belajar Anda mungkin tidak sama dengan yang disediakan oleh struktur buku teks tersebut. 

Buku teks memiliki pendekatan satu ukuran untuk semua. Jadi, gunakan itu sebagai sumber daya tetapi tetap susun pembelajaran Anda berdasarkan apa yang perlu Anda ketahui.

11. Dan akhirnya… tetaplah positif!

Jika Anda terus-menerus mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bodoh dan tidak mampu, Anda tidak akan pernah kemana-mana termasuk ketika Anda menegaskan bahwa Anda tidak dapat berbicara bahasa Inggris maka Anda tidak akan bisa. 

Kenali hal-hal negatif, kenali masalahnya, lalu beri diri Anda istirahat. Anda dapat mengakui bahwa itu sulit, tetapi katakan pada diri sendiri untuk terus mencoba dan jadikan diri Anda tetap positif. 

Ingatlah bahwa siapapun dapat belajar Bahasa Inggris, selama mereka mau meluangkan waktu dan berusaha dengan konsisten, termasuk Anda.

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya