Sering Tidak Percaya Diri? Coba Lakukan 5 Trik Jitu Ini

Lantas bagaimana cara memunculkan rasa percaya diri itu?

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Feb 2022, 18:25 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2022, 18:24 WIB
Menjadi Pribadi yang Percaya Diri
Ilustrasi Kaum Millenial Credit: pexels.com/Dennies

Liputan6.com, Jakarta Rasa percaya diri dalam diri seseorang tidak timbul sejak lahir. Terbentuknya sifat ini tentu melalui sebuah proses terlebih dahulu. Jadi, bila masih ada orang yang belum bisa untuk percaya diri sebetulnya ada cara-cara bagaimana membuat perasaan tersebut muncul.

Ada beberapa cara untuk membangun kepercayaan diri dalam jangka panjang. Salah satunya mengetahui nilai-nilai diri sendiri dan menerapkan pemikiran positif.

Lantas bagaimana cara memunculkan rasa percaya diri itu?

Melansir laman CNBC, Senin (07/02/2022), berikut ini langkah-langkah memunculkan rasa percaya diri dalam diri masing-masing. 

1. Membalikkan asumsi negatif

Tanpa sadar, mungkin Anda sering berasumsi negatif tentang apa yang dimiliki. Merasa bahwa diri Anda tidak mampu atau malu berbicara di depan orang lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa membalikkan asumsi negatif tersebut menjadi lebih positif. Salah satu caranya dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda adalah pembicara yang hebat dan mampu mengeluarkan pendapat.

Terus ulangi hal itu di pikiran atau ucapkan dengan lantang. Cara ini salah satu metode yang sering dicoba ketika seseorang merasa kurang atau tidak percaya diri untuk tampil di publik.

2. Jangan katakan ‘Saya tidak yakin’

Selanjutnya untuk menjadi percaya diri, jangan ragu-ragu untuk bertindak. Selain itu, juga jangan sampai mengatakan ‘saya tidak yakin’ apalagi ketika belum mencobanya. Oleh karena itu, lebih baik hindari kalimat dan frasa yang melemahkan supaya membuat Anda terlihat lebih profesional dan cakap dalam berbicara.

Di samping itu, saat berbicara dengan orang lain pun sebaiknya Anda penggunaan kalimat “Saya tidak yakin”. Sebagai gantinya, lebih baik gunakan kalimat “Saya percaya”. Itulah yang akan membuat Anda terlihat bertanggung jawab.

3. Ingat momen saat merasa percaya diri

Sebelum Anda melakukan sesuatu yang membuat gugup, cobalah latihan visualisasi. Mungkin bisa dengan mengingat pengalaman sebelumnya yang pernah terjadi dalam hidup ketika Anda merasa sangat fokus, berenergi, dan memiliki pencapaian yang optimal.

Tinjau ulang peristiwa itu dalam pikiran Anda supaya lebih percaya diri. Bawalah energi positif dan kepercayaan diri itu kembali ketika Anda akan melakukan sesuatu yang membuat gugup.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tips Lain

4. Hindari dari media sosial

Bagi sebagian orang, media sosial menjadi tempat untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Padahal segala postingan yang ada belum tentu benar kenyataannya terjadi seperti itu. Sebab, kehidupan tidak ada yang sempurna.

Sementara itu, keyakinan datang dari kepercayaan, kemampuan, dan pengalaman diri sendiri. Bila media sosial terkadang tidak membuat Anda memiliki kepercayaan diri, hindarilah hal itu.

Jangan buka media sosial saat Anda merasa tidak yakin dengan diri sendiri atau saat ketika harus melakukan sesuatu yang menantang. Lebih baik, ambil jurnal dan tulis tentang hal-hal yang telah Anda lakukan yang membanggakan. 

5. Gunakan sesuatu yang membuat lebih percaya diri

Terakhir, Anda bisa menggunakan sesuatu yang membuat Anda lebih percaya diri. Entah pakaian, aksesori, sepatu, tas, dan sebagainya. Secara tidak langsung hal-hal seperti itu juga berpengaruh terhadap kepercayaan diri sesorang.

Selain itu, bahkan sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa pakaian yang seseorang gunakan dapat mempengaruhi proses kognitif, dapat meningkatkan kinerja, dan meningkatkan kesan orang lain terhadap Anda.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya