Mobil Termurah di Dunia Bakal Disuntik Mati

Tata Motors akan menghentikan produksi Tata Nano, mobil termurah di dunia.

oleh Rio Apinino diperbarui 05 Apr 2017, 18:38 WIB
Diterbitkan 05 Apr 2017, 18:38 WIB
Tata Nano
Tata Nano, mobil murah Rp 20 jutaan.

Liputan6.com, Mumbai - Tata Motors akan menghapus setidaknya empat mobil dalam portofolio mereka dalam tiga hingga empat tahun ke depan. Salah satu yang akan "disuntik mati" adalah Tata Nano, mobil termurah di dunia.

Tata Motors Marketing Head (passenger vehicle business), Vivek Srivastava, mengatakan bahwa suntik mati ini karena mereka ingin menyederhanakan platform mobil, dari yang sekarang ada enam jadi hanya dua saja.

"Sampai 2019-2020, kami akan meluncurkan setidaknya empat model baru tanpa menambah jumlah portofolio. Itu artinya kami akan menghilangkan beberapa mobil yang eksis," ujar Vivek, dikutip dari India Times, Rabu (5/4/2017).

Selain itu, Nano juga akan disuntik mati karena faktanya mobil ini tidak menguntungkan dari segi bisnis. Dikalkulasikan, ongkos produksi Nano sudah mencapai US$ 1.497, sementara mobilnya cuma dijual di kisaran US$ 1.500.

Alasan lain, mobil ini akan tidak kompatibel dengan standar keselamatan baru India serta standar emisi bernama BS VI yang akan diaplikasikan pada 2018.

Mobil ini pada Juni 2016 lalu sempat menghebohkan jagad maya Indonesia. Pasalnya, salah seorang netizen mengunggah foto ini dan menyebut bahwa Nano akan dijual di Indonesia dengan harga di bawah Rp 30 juta.

Dikonfirmasi kemudian, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengatakan bahwa informasi tersebut hoax. Mobil ini tidak pernah diniatkan dijual di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya