Cara Mudah Bersihkan Busi Motor di Rumah

Menjadi komponen penting untuk mesin kendaraan bermotor, sudah seharusnya pemilik kendaraan merawat busi agar kinerja motor tetap maksimal dan prima.

oleh Dian Tami Kosasih diperbarui 06 Feb 2020, 18:02 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2020, 18:02 WIB
Busi Motor
Agar tidak tembus air, busi bisa diikat dengan isolasi khusus (Foto: mpm-motor.co.id)

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi komponen penting untuk mesin kendaraan bermotor, sudah seharusnya pemilik merawat busi agar kinerja motor tetap maksimal.

Mampu memercikkan api saat proses pembakaran dalam mesin, motor bisa berjalan apabila busi berfungsi dengan baik. Karena itu, pemilik wajib melakukan perawatan berkala.

Untuk merawat komponen ini, pemilik kendaraan tak perlu pergi ke bengkel karena busi bisa dibersihkan dengan alat sederhana di rumah. Seperti dilansir Federal Oil, pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihan busi setelah menempuh jarak 4.000 kilometer.

Saat membersihkan kotoran-kotoran hitam yang berada di kepala busi, pemilik kendaraan biasanya mengambil cara pintas dengan menceburkannya ke dalam bensin.

Hal itu ternyata salah, saat dibersihkan, komponen ini sebaiknya tidak direndam menggunakan bensin karena bisa mengikis elektroda pada busi, sehingga kinerjanya tak lagi maksimal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Jangan Rendam Busi

Untuk membersihkan busi, pemilik kendaraan cukup menggunakan kuas atau sikat kawat yang lembut. Penggunaan bensin hanya sebatas disiramkan tanpa harus direndam.

Jika sudah dibersihkan, keringkan busi dengan menggunakan lap atau disemprot menggunakan angin dari kompresor sebelum dipasng pada mesin kendaraan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya